Fungsi Bagian-bagian Traktor Roda 2

Daftar Isi

    LancangKuning - Traktor adalah alat pertanian didefinisikan sebagai suatu kendaraan yang mempunyai daya penggerak sendiri, minimum mempunyai sebuah poros roda yang dirancang untuk menarik serta menggerakan alat/mesin pertanian.

    Top of Form

    1. Tenaga penggerak motor. Motor diesel adalah Jenis tenaga penggerak yang sering dipakai pada traktor roda 2, tetapi ada juga yang menggunakan motor bensin atau minyak tanah (kerosin). Traktor mengasilkan daya kurang dari 12 Hp, dengan menggunakan satu silinder.
    2. Kerangka berfungsi sebagai tempat kedudukan motor penggerak, transmisi dan bagian traktor lainnya. Ada beberapa buah baut pengencang Bagian bawah traktor dikaitkan dengan kerangka.
    3. Transmisi berfungsi memindahkan tenaga/putaran dari motor penggerak ke alat lain yang bergerak. Pully, belt, kopling, gigi persneleng, rantai dan sebagainya adalah beberapa bagian jenis tranmisi.

    Tuas kendali/kontrol

    Tuas kendali digunakan untuk mengendalikan jalannya traktor dan lain sebagainya. Traktor tangan ada banyak tuas kendali untuk mempermudah jalannya operasional. Banyaknya tuas kendali dapat mengakibatkan traktor menjadi lebih berat, dan harganya lebih mahal. Sekarang banyak diproduksi traktor yang hanya dilengkapi dengan beberapa tuas kendali dan lebih fleksibel. Agar traktor menjadi lebih ringan, dan harganya menjadi lebih murah dan mudah digunakan. Meskipun kemampuan traktor menjadi terbatas.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Siak

    Tuas kendali terbagi dalam beberapa hal yang sering ada pada traktor tangan adalah

    1. Tuas persneling utama
      Memindah susunan gigi adalah fungsi dari Tuas persneling utama komponen ini sangat penting, sehingga perbandingan kecepatan putar poros motor penggerak dan poros roda dapat diatur. Traktor tangan yang lengkap biasanya mempunyai 6 kecepatan maju dan 2 kecepatan mundur.
    2. Tuas persneling cepat lambat
      Tuas ini tidak selalu ada. Jika tuas persneling utama hanya memiliki 3 tuas kecepatan maju dan 1 kecepatan mundur, biasanya traktor tangan dilengkapi dengan tuas persneling cepat lambat. Fungsinya adalah memisahkan antara pekerjaan mengolah tanah dengan pekerjaan transportasi. Tuas cepat lambat dapat memungkinkan salah dalam memilih posisi persneling bisa dikurangi. Kecepatan empat untuk berjalan di jalan biasa Kecepatan lima dan enam untuk menarik traler/gerobak
    3. Tuas kopling utama
      Tuas kopling utama berfungsi untuk mengoperasikan kopling utama. Kapan tenaga motor akan tersambung ke gigi persneling apabila tuas dilepas pada posisi pasang/ON. Kapan tenaga motor tidak disalurkan ke gigi persneling apabila ditarik ke posisi netral/bebas/OFF. Jika ditarik sekali lagi maka tuas kopling utama akan tersambung dengan rem yang berada pada rumah kopling utama begitulah cara kerja dan fungsinya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Tuas persneling mesin rotary
      pengatur kecepatan putar poros PTO adalah fungsi dari Tuas persneling mesin rotary. Biasanya ada dua macam kecepatan dan satu netral. Jika hasil pengolahan yang kita diharapkan halus dan gembur. Tempatkan posisi tuas persneling mesin rotary pada posisi cepat dan kita dapat hasil yang maksimal. Kecepatan putar pisau rotary juga dapat diatur dari posisi pemasangan rantai penghubung.
    2. Tuas persneling kemudi
      Pada setiap traktor tangan ada dua buah tuas kopling yang dikemudikan/dikendalikan, masing-masing ada di sebelah kanan dan kiri. Biasanya tuas ini digunakan untuk mengoperasikan kopling kemudi (kanan dan kiri) begitulah cara kerjanya. Jika tuas kopling kemudi kanan ditekan, maka putaran gigi persneling tidak tersambung dengan poros roda kanan maka otomatis traktor akan berbelok ke arah kiri karena roda kanan otomatis berhenti begitu juga dengan kopling kiri cara kerjanya sama dengan kopling kanan.
    3. Stang kemudi dan kemudi pembantu
      Stang kemudi merupakan bagian yang terpenting pada traktor yang digunakan untuk berpegangnya operator. Stang kemudi juga mempermudah penggunaan untuk membantu membelokan raktor. Walaupun sudah ada tuas kopling kemudi kita juga harus menggunakan tenaga operatornya agar berbeloknya traktor dapat lebih tajam, perlu dibantu dengan stang kemudi. Stang kemudi juga digunakan untuk membantu pengangkat implemen pada saat pengoperasian. Digunakan juga pembantu digunakan untuk tempat bertumpu bahu operator. Untuk menambah beban bagian belakang traktor agar pengoperasian lebih efisien, dan sehingga hasil pengolahan tanah bisa lebih dalam.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Bangkinang, Kampar

    1. Tuas gas
      Dihubungkan dengan tuas gas pada motor penggerak. Digunakan untuk mengubah kecepatan putaran poros motor penggerak yang sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan oleh operator. fungsinya adalah untuk mematikan motor traktor, apabila posisinya tuas ditempatkan pada posisi “STOP”.
    2. Tombol lampu dan bel
      Traktor bisa jadi digunakan pada waktu malam hari, sehingga diperlukan penerangan. Diperlukan tombol bel apabila traktor dijalankan di jalan raya. Jika dengan ada tombol lampu dan bel ini, motor traktor harus dilengkapi dengan kumparan sebagai sumber arus listrik begitulah cara kerjanya.
    3. Tuas penyangga depan
      Tuas ini dihubungkan dengan penyangga depan. Tuas ini akan menggerakkan penyangga depan. Jika tuas didorong ke arah depan penyangga akan mendorong penyangga depan turun untuk menyangga traktor. Traktor tangan hanya mempunyai dua roda. Apabila traktor dalam keadaan berhenti atau ditinggal operator, maka untuk menegakkan traktor diperlukan penyangga agar traktor tidak tumbang begitu saja.(Yoki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Bagian-bagian Traktor Roda 2
    Sangat Suka

    20%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    30%

    Tidak Peduli

    30%

    Marah

    20%

    Komentar