Gangguan Sistem Ekskresi

Daftar Isi

    LancangKuning - Penyakit pada sistem ekskresi bakalan membuat proses pengeluaran racun dalam tubuh jadi terganggu. Penyakit sistem ekskresi adalah kondisi kelainan atau penyakit yang menyerang organ yang berfungsi untuk membuang limbah tumbuh.

    Ekskresi adalah proses membuang limbah dan kelebihan air dari tubuh. Ini adalah salah satu cara utama tubuh mempertahankan keseimbangan yang dinamis dalam tubuh. Ada beberapa bagian yang terlibat dalam proses berikut, diantaranya kelenjar keringat, paru-paru dan juga sistem ginjal.

    Dan, sistem ini juga bisa mengalami kelainan atau penyakit sistem ekskresi. Penyakit ini membuat proses pembuangan limbah jadi terganggu atau tidak seimbang.

    Penyakit pada Sistem Ekskresi dan Cara Pencegahannya

    Pencegahan penyakit sistem ekskresi bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah, termasuk juga dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Antara lain:

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Siak

    Minum cukup air, terutama air putih. Jumlah air yang dikonsumsi untuk mencegah penyakit sistem eksresi disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan. Kurangi minum-minuman manis dan bersoda, karena justru bisa menimbulkan penyakit baru.

    Untuk mereka yang menderita sakit jantung atau gagal ginjal, jumlah air minum yang dikonsumsi harus sesuai dengan petunjuk dokter ya.

    • Kurangi minum alkohol, kopi atau minuman bersoda.
    • Banyak konsumsi serat. Serat membantu usus dalam proses ekskresi limbah padat.
    • Banyak olahraga. Berolahraga ringan selama 30 menit dalam 5 hari seminggu disebut bisa menghindarkan dari berbagai penyakit.
    • Rutin mengganti pakaian dalam untuk menghindari infeksi bakteri. Selain itu, gunakan pakaian dalam yang tidak ketat dan menyerap minyak.
    • Jangan menahan pipis atau BAB. Dan usahakan untuk melakukannya dengan tuntas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Macam-Macam Penyakit pada Sistem Ekskresi

    1. Uremia

    Penyakit sistem ekskresi uremia terjadi saat ginjal sudah mengalami kerusakan. Akibatnya, racun atau limbah pada tubuh yang biasanya dikeluarkan ginjal malah berakhir di aliran darah.

    Penyakit sistem ekskresi uremian ini adalah kondisi yang serius, dan kalau tidak segera diobati maka bisa mengancam jiwa. Uremia juga merupakan tanda tahap terakhir penyakit ginjal kronis.

    1. Gagal Ginjal

    Gagal ginjal, salah satu penyakit sistem ekspresi ini terjadi saat ginjal kehilangan kemampuan untuk cukup menyaring limbah dari darah. Ketika kondisinya sudah parah banget, upaya penyembuhannya dilakukan melalui cuci darah rutin dan transplantasi ginjal.

    1. Batu Ginjal

    Batu ginjal muncul sebagai pemadatan mineral dan garam yang mengendap di dalam ginjal. Penyakit saluran ekspresi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang parah banget saat ginjal berjalan melewati saluran kemih, meski biasanya tidakmenyebabkan kerusakan permanen.

    1. Radang Ginjal

    Orang ginjal tersusun dari sel-sel yang membentuk unit fungsional terkecil, yang disebut dengan neufron. Saat neufron ini mengalami gangguan kesehatan, maka inilah yang disebut dengan radang ginjal.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Bangkinang, Kampar

    1. Diabetes Insipidus

    Di dalam tubuh manusia ada yang disebut hormin ADH yang berperan dalam proses reabsorbsi cairan pada ginjal. Bila jumlahnya berkurang, maka volume urin yang dikeluarkan tubuh bisa meningkat hingga 30 kali lipat.

    1. Uretris

    Selain pada ginjal, penyakit sistem eksresi bisa terjadi pada ureter. Ureter adalah suatu organ berbentuk tabung untuk mengeluarkan urin dari ginjal ke kandung kemih. Saat ureter ini mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi, penderita akan mengalami rasa sakit saat buang air kecil dan keberadaan darah pada urin.

    1. Pneumonia

    Yup, pneumonia masuk sebagai salah satu penyakit sistem eksresi karena fungsi paru-paru sebagai tempat pertukaran karbondioksida dan oksigen. Pnuemonia disebabkan adanya infeksi oleh bakteri, virus, atau jamur di alveolus. Akibatnya, oksigen jadi susah masuk karena alvelolus, tempat pertukaran tersebut penuh dengan cairan.

    1. Asma

    Asma muncul karena ada penyempitan saluran pernapasan di paru-paru. Penderitanya mengalami sesak dan sulit bernapas.

    Penyakit sistem eksresi yang menyerang ginjal dan paru-paru membuat tubuh kesulitan mengeluarkan racun dan keseimbangan proses metabolisme. Yang terpenting, jaga kesehatan dengan banyak konsumsi makanan yang bergizi dan cairan yang baik untuk tubuh.(Purnama)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gangguan Sistem Ekskresi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar