China dan India Setuju Segera Redam Ketegangan di Himalaya

Daftar Isi

    Lancang Kuning - China dan India sepakat untuk secepatnya meredakan ketegangan setelah pasukan di perbatasan terlibat serangkaian bentrokan di Himalaya, daerah yang disengketakan kedua negara.

    Menteri luar negeri China dan India melakukan pertemuan dan mengeluarkan pernyataan bersama yang menyebutkan bahwa kedua pihak setuju untuk meredakan ketegangan.

    "Pasukan pertahanan perbatasan kedua negara harus melanjutkan dialog, melepaskan diri secepat mungkin, menjaga jarak yang diperlukan, dan meredakan situasi di lapangan," tulis pernyataan tersebut.

     

    Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dan Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar dalam pertemuan pada Kamis (10/9) sepakat untuk menghindari tindakan yang dapat memperburuk situasi.

    Wang dan Jaishankar melakukan pertemuan selama hampir dua jam untuk mencapai konsensus 'lima poin' dalam meredakan ketegangan di perbatasan.

    Sebuah sumber kepada India Today mengatakan bahwa Jaishankar menyoroti 'perhatian kuat pada pasukan China serta peralatan militer di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC)'.

    Dia menyebutkan kehadiran tentara China yang begitu besar tidak sesuai dengan Perjanjian 1993 dan 1996, serta telah menciptakan titik konflik di sepanjang LAC.

    Kepada Wang, Jaishankar menyampaikan bahwa China belum memberikan penjelasan kredibel atas penempatan tersebut. Perilaku provokatif tentara garis depan China di berbagai gesekan di sepanjang LAC, menunjukkan pengabaian terhadap perjanjian dan protokol bilateral.
     
    Sementara itu, menurut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri China, Wang menekankan tindakan provokasi seperti penembakan dan tindakan berbahaya lainnya harus segera dihentikan karena melanggar komitmen yang dibuat oleh kedua belah pihak.

     

    "Penting untuk menarik mundur semua personel dan peralatan yang masuk tanpa izin. Pasukan perbatasan harus segera melepaskan diri sehingga situasi dapat mereda," kata Wang.

    Meskipun kedua belah pihak sudah memutuskan untuk meredakan ketegangan, tapi sikap itu tidak sesuai dengan realitas di lapangan.

    Selama bersitegang, China dan India telah mengeluarkan pernyataan serupa mengenai upaya meredakan ketegangan. Tapi permasalahan perbatasan tidak pernah diselesaikan dengan benar.
     
    Pekan ini, kedua negara menuduh satu sama lain telah melakukan tembakan dan melintasi perbatasan. Puluhan ribu tentara pun dikerahkan ke perbatasan yang terletak di ketinggian lebih dari 4 ribu meter itu.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel China dan India Setuju Segera Redam Ketegangan di Himalaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar