Fakta Menarik, Barcelona Menyesal Telah Menjual 5 Pemain Ini

Daftar Isi



    Foto: Bomber Paris Saint Germain (PSG), Neymar. (The Sun) 

     

    Lancang Kuning – Barcelona adalah salah satu klub yang sukses di LaLiga. Dengan usia yang lebih dari 120 tahun, Barcelona memiliki perjalanan panjang di kancah sepakbola tidak hanya di Spanyol tapi juga dunia. 

    Blaugrana total sudah mengumpulkan 91 piala, 26 kali trofi LaLiga, 30 Piala Spanyol, 13 Piala Super Spanyol. Kemudian lima trofi Liga Champions dan juga beberapa Piala Super Eropa dan Piala Dunia antar klub. 

    Dengan sejarah yang panjang, banyak pemain dengan status bintang pun bermain di Camp Nou. Sebut saja mulai dari Johan Cruyff sampai Lionel Messi. 


    Para pemain bintang yang pernah memakai jersey Barcelona pun tak selamanya bermain di Camp Nou. Mereka ada yang meninggalkan Barcelona untuk mencari tantangan baru. 

    Berikut lima pemain yang disesali Barcelona karena dijual dikutip dari Sportkeeda:

    1. Ronaldo Nazario: Ronaldo didatangkan oleh Barcelona dari PSV Eindhoven dengan nilai transfer mencapai £13,2 juta (sekitar Rp250 miliar) pada 1996, di mana saat itu ia merupakan pemain termahal di dunia. 


    Di musim pertamanya ia 34 gol di LaLiga. Ronaldo juga memberikan trofi Piala Winner.

    Tahun 1997, Barcelona melepas Ronaldo ke Inter Milan dengan rekor transfer £28 juta (sekitar Rp539 miliar). Beberapa bulan kemudian Ronaldo meraih gelar Ballon d'Or. Ia menjadi pemain termuda sampai saat ini yang meraih Ballon d'Or. Tahun 2002 Ronaldo kembali ke LaLiga bersama Real Madrid.

    2. Luis Figo: Barcelona membeli Figo dari Sporting Lisbon pada 1995. Lima musim bersama Barcelona, Figo mencetak 30 gol dari 172 pertandingan. 

    Real Madrid yang merupakan musuh abadi Barcelona membeli Figo dengan nilai transfer £37,2 juta (sekitar Rp713 miliar) pada tahun 2000, dan pemain asal Portugal ini dinobatkan sebagai pemain termahal. 

    Figo kemudian memberikan dua trofi LaLiga dan satu Piala Champions. Sedangkan saat membela Barcelona ia juga meraih dua Piala LaLiga dan satu trofi Piala Winners. 

    3. Samule Eto'o: Pemain aal Kamerun ini mendarat di Camp Nou pada 2004. Salah satu prestasi terbaik Eto'o di Barcelona adalah membawa tim tersebut meraih treble pada musim 2008/2009. 

    Musim 2009, Eto'o dilepas oleh Barcelona sebagai dan ditukar dengan Zlatan Ibrahimovic. Di musim pertamanya bersama Inter, Eto'o juga meraih treble winners. 

     

    4. Thiago Alcantara: Ia adalah pemain binaan dari akademi Barcelona, La Masia. Musim 2008, ia promosi ke tim senior dan hanya bermain dua kali. 

    Alcantara meninggalkan Barcelona pada 2013 lalu ke Bayern Munich. Alasan Alacantara pergi adalah karena ia jarang mendapatkan kesempatan bermain. Bersama Bayern, Alcantara menjelma menjadi salah satu playmaker terbaik.

    Musim 2019/2020 pemain berusia 29 tahun ini meraih gelar treble winners bersama Bayern. Bahkan di perempatfinal, Bayern membantai Barcelona dengan skor 8-2. 

    5. Neymar: Pemain internasional Brasil ini tiba di Camp Nou pada 2013 lalu dari Santos. Ia kemudian menjelma menjadi pemain yang berbahaya di lini depan. 

    Julukan Trio MNS (Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar) melekat di Barcelona saat itu. Neymar adalah salah satu pemain yang bisa bermain di banyak posisi. 

    Tahun 2014/2015 Neymar memberikan treble winners bagi Barcelona. Selama empat tahun di Barcelona, Neymar mencetak 108 gol dari 186 penampilan. 

    Musim 2017, Barcelona secara mengejutkan melepas Neymar ke Paris Saint-Germain dengan nilai transfer €222 juta (sekitar Rp3,9 triliun) dan menjadikannya pemain termahal di dunia. Sejak Neymar pergi, Barcelona kemudian sulit menemukan penggantinya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Menarik, Barcelona Menyesal Telah Menjual 5 Pemain Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar