Teruji di Babi, Elon Musk Yakin Otak Manusia Bisa Ditanam Cip

Daftar Isi

    Lancang Kuning - CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk yakin cip brain-computer interface buatan Neuralink yang bisa ditanamkan ke otak manusia akan segera terwujud. Dia mengatakan hal itu setelah cip tersebut mampu bertahan selama dua bulan setelah ditanam di kepala babi.

    Dalam demonstrasi yang digelar secara streaming, Musk meluncurkan tiga babi yang tidak terlalu kecil. Babi pertama tidak memiliki implan cip Neuralink. Babi kedua memiliki cip Neuralink yang telah ditanamkan di masa lalu; dan babi ketiga bernama Gertrude yang saat ini memiliki prototipe perangkat tersebut.

    Melansir CNN, Musk menjelaskan pihaknya telah menanam implan cip Neuralink di kepala Gertrude sejak dua bulan sebelumnya. Implan itu terhubung ke neuron di moncongnya. Moncong Gertrude akan mengirimkan lonjakan saraf yang terdeteksi oleh lebih dari 1.000 elektroda di implan jika menyebtuh sesuatu.

    Musk membeberkan alasan memilih babi dalam mengembangkan produk yang ditujukan untuk manusia. Dia berkata babi sebenarnya sangat mirip dengan manusia.

    "Jika kita akan memikirkan berbagai hal untuk manusia, maka babi adalah pilihan yang baik. Jika perangkat tahan lama pada babi, bertahan di sana selama dua bulan dan menjadi kuat, maka itu pertanda baik perangkat itu kuat untuk manusia," ujar Musk.

    Baca Juga : NASA Temukan Galaksi Berbentuk Seperti Pesawat Star Wars


    Musk menyampaikan pihakny akan menanam cip Neuralink di otak manusia dengan menggunakan robot bedah. Musk berharap implan itu suatu hari dapat membantu penderita lumpuh mengendalikan ponsel cerdas dan bahkan mungkin memberi pengguna semacam telepati.

    Seperti brain-machine interfaces, cip Neuralink akan mengumpulkan sinyal listrik yang dikirim oleh otak dan menafsirkannya sebagai tindakan.

    elansir The Conversation, Neuralink telah menciptakan perangkat implan yang dapat mengirimkan rekaman otak ke komputer secara real time saat pemilik otak bergerak dan berinteraksi dengan dunia.

    Baca Juga : LIPI Sebut Penemuan Mutasi Virus Corona di Surabaya April


    Itu adalah langkah maju yang cukup besar dan merupakan elemen yang telah hilang dari penelitian tentang brain-computer interfaces.

    Cip otak Neuralink, perusahaan milik Musk dinilai lebih sederhana daripada implan lain yang memerlukan operasi besar dan terbatas pada bagian otak tertentu.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Teruji di Babi, Elon Musk Yakin Otak Manusia Bisa Ditanam Cip
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar