Apa Itu Memori Internal dan Eksternal Pada HP

Daftar Isi

    LancangKuning - Seperti yang kita ketahui memori internal dan eksternal merupakan tempat untuk menyimpan data-data berupa file ataupun aplikasi yang terdapat pada laptop, komputer, ataupun Hand Phone. Nah kali ini kami akan membahas pengertian atau penjelasan dari memori internal dan eksternal pada Hand Phone (HP). Mari langsung saja kita bahas apa itu memori internal dan eksternal pada HP.

    Memori internal, adalah memori yang selalu tertempel atau tidak bisa dicabut dari perangkat, yang kebanyakan sudah berupa chip dan sudah terpasang di PCB. Dalam arti kata lain, memori ini sudah terpasang atau melekat secara permanen.

    Memori eksternal, adalah memori portabel yang bias di cabut ataupun dilepas pasang sesuka hati. Contoh dari memori eksternal ini ada beberapa seperti SSD, harddisk, dan kartu memori.

    Memori internal sendiri terbagi lagi menjadi dua yaitu:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Core Internal

    Core internal adalah memori khusus yang digunakan untuk menyimpan data-data dari email, kontak, aplikasi, dan sejenisnya. Mudahnya, core internal ini adalah memori khusus yang didesain khusus untuk menyimpan data-data dari operating system.

    Core internal juga secara default juga tidak dapat diakses oleh pengguna, kecuali kalau pengguna sudah melakukan root.

    Internal Utama

    Merupakan memori yang biasa kalian lihat saat sedang mengakses file manager. Internal utama, adalah memori khusus yang digunakan sebagai penyimpanan file-file dari pemakaian si pengguna. Seperti file video, foto atau gambar, game ataupun aplikasi-aplikasi lain, dan sejenisnya.

    Nah, kalau kalian bingung mengapa memori internal HP terpotong atau ada file padahal kosong, itu karena sebagian sudah diambil atau sudah digunakan space-nya untuk core internal.

    Jenis dari Memori Eksternal dan Internal

    Jenis dari memori ini memiliki sifat non-volatile. Maksudnya, data tidak akan pernah hilang ketika perangkat dimatikan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Walaupun begitu, perlu kita ingat juga bahwa masih ada kemungkinan data tersebut akan hilang sewaktu-waktu, ketika daya yang tersambung pada memori terputus secara tiba-tiba.

    Perbedaan dari kedua memori tersebut ialah:

    Mungkin kalian pernah mendengar istilah ROM. Entah itu dari internet, dari pelajaran computer, ataupun dari teman kalian.

    Akan tetapi, apasih sebenarnya ROM yang kita dengar selama ini

    Pada HP Android, biasanya mengarah kepada dua hal berikut:

    • Definisi ROM pertama: ROM, biasa dijadikan sebagai penyebutan lain untuk core internal (memori sistem). ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory yang memang sudah terkonek atau terhubung langsung dengan HP.
    • Definisi ROM kedua: ROM juga biasa dijadikan sebagai penyebutan lain dari Operating System (OS) Android. Karena ada juga istilah-istilah dari android seperti custom ROM yang merujuk kepada ROM yang telah dimodifikasi atau diupgrade lagi untuk ditingkatkan berbagai fitur-fitur dan performanya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Nah, sekarang kita lanjut mengenai perbedaannya dengan RAM:

    • RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Tidak seperti ROM yang memiliki cara kerja menyimpan data secara permanen, RAM ini punya cara kerja yang berbeda dengan ROM.
    • RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data memori sementara sebelum data-data tersebut diproses ataupun diolah oleh processor dari perangkat.
    • Banyak yang belum mengetahui, baik RAM dan ROM, sebenarnya masuk ke dalam kategori dari memori internal.

    Kesimpulan utama dari penjelasannya ialah

    • Memori internal, atau kadang disebut ROM, adalah memori yang sudah langsung tersambung ke HP atau perangkat sejenisnya. Memori internal ini terbagi menjadi dua, yaitu core internal dan internal utama.
    • Core internal memiliki fungsi untuk menyimpan data dari setting dan operating system, sedangkan internal utama memiliki fungsi untuk menyimpan data-data pribadi.
    • Memori internal atau ROM, punya cara kerja yang berbeda dengan RAM. Perbedaannya dapat dilihat di cara kerjanya. RAM merupakan memori yang memiliki cara kerja yang hanya menyimpan data sementara, sedangkan ROM adalah sebaliknya.
    • Anda bisa melihat kapasitas memori internal maupun RAM di dalam Settings > Storage.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada teman-teman sekalian bila ada kesalahan kata ataupun kekurangan mohon dimaafkan terimakasih.(Mayor)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Itu Memori Internal dan Eksternal Pada HP
    Sangat Suka

    85%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    14%

    Komentar