Pemangku Adat 4 Koto di Hilir Apresiasi Program ASA Berdayakan Adat Wujudkan Kuansing Bermarwah

Daftar Isi

    Foto: Istimewa 

    Lancang Kuning, KUANSING -- Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH bersama Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau H Sukarmis menyaksikan langsung pengukuhan Lembaga Adat Nagori (LAN) Kuansing Luhak 4 Koto di Hilir oleh Ketua LAN Kuansing Datuak Panglimo Dalam Drs H Suhardiman Amby Ak MM bersama Sekretaris Ir Emil Harda MM MBA, Rabu (26/8).

    Baca Juga: DPRD Siak Tak Sepakat PT IKPP Ditutup, Minta Protokol Kesehatan Diperketat

    Seribuan masyarakat memadati area Pasar Usang Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir menyaksikan pengukuhan Kepengurusan Lembaga Adat Nagori Kuantan Singingi Luhak 4 Koto di Hilir yang terdiri dari Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti.

    Foto: Istimewa 

    Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra mengapresiasi semangat para pemangku adat di Kuansing. Khususnya yang ada di Luhak 4 Koto di Hilir. Apalagi ke depan, Andi Putra yang akan maju berpasangan dengan Suhardiman Amby pada Piilkada Kuansing 2020 ini memiliki program yang akan mengembalikan fungsi adat pada pemerintahan. Termasuk kesejahteraan para pemangku adat hingga desa.

    "Itu program kita untuk para pemangku adat. Termasuk untuk cucu kemenakan dan masyarakat kita dalam meningkatkan perekonomian, seperti meningkatkan harga karet dan sawit, dan menciptakan lapangan kerja di pemerintahan dan swasta,. Dan juga program untuk para guru-guru surau, imam masjid. Dan banyak lagi," beber Andi Putra.

    Baca Juga: Rusia Rilis Video Ledakan Bom Hidrogen Terdahsyat di Dunia

    Oleh sebab itu, Ia berharap agar semua elemen masyarakat kompak, bersatu, dan mendukung program ini. Termasuk juga membangun rumah-rumah tahfiz di setiap kecamatan. Dan semua program ini, dipastikan Andi, sudah masuk dalam visi misinya jika diberi amanah memimpin Kuansing.

    Dalam sambutannya, Datuak Suhardiman Amby meyakinkan, bahwa LAN Kuansing ini dibentuk adalah untuk menyatukan para pemangku adat di Kuansing. Sehingga ke depan, ada lembaga yang menjadi media untuk menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi dan kesejahteraan ninik mamak dan cucu kemenakan di Kuansing.

    Baca Juga: Ke Negeri Istana, Danrem 031/WB Sebut Namanya Berasal dari Panglima Perang Kerajaan Siak Sri Indrapura

    "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmaanirrahim. Pengurus Lembaga Adat Nagori Kuantan Singingi Luhak 4 Koto di Hilir resmi saya kukuhkan," ucap Datuak Panglimo Dalam, Pemangku Adat Kuansing asal Inuman itu.

    Sementara, Jamarin Datuak dari Suku Melayu dalam petuahnya bersyukur mayoritas para pemangku adat di Luhak 4 Koto di Hilir hadir dalam pengukuhan LAN Kuansing ini. Sekaligus bersilaturrahmi dengan Andi Putra-Suhardiman Amby dan mantan Bupati Kuansing H Sukarmis dan masyarakat lainnya.

    Baca Juga: Upaya Indonesia Peroleh 3 Jenis Vaksin Corona dari China

    "Senang rasanya hati kita semua bisa bersilaturrahmi. Dan mudah-mudahan tujuan dan program yang mulia ini terlaksana. Karena memang selama ini para ninik mamak ini hanya menyelesaikan segala masalah. Sekarang, ada keinginan untuk bersama di pemerintahan yang disebut tungku tigo sajorangan atau tali bapilin tigo," ujarnya

    Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH menyampaikan sambutannya pada acara silaturrahmi sekaligus pengukuhan pengurus Pemangku Adat 4 Koto di Hilir di Pasar Usang Baserah, Kuantan Hilir, Rabu 26/8/2020 (JB)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemangku Adat 4 Koto di Hilir Apresiasi Program ASA Berdayakan Adat Wujudkan Kuansing Bermarwah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar