Rusia Rilis Video Ledakan Bom Hidrogen Terdahsyat di Dunia

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Rusia merilis video ledakan bom hidrogen terbesar yang pernah terjadi di dunia. Video itu berbentuk dokumenter berdurasi 30 menit dan telah dirilis akhir pekan kemarin oleh Badan Energi Nuklir Rusia.

    Bom dalam video itu dijuluki Tsar Bomba atau bom Tsar, dan disebut telah meledak pada 30 Oktober 1961.

    Kekuatan ledakannya 50 megaton atau setara dengan 50 juta ton bahan peledak konvensional. Kekuatan itu pun adalah yang terbesar yang pernah ada. Sebagai pembanding, bom atom yang diluncurkan oleh Militer Amerika Serikat pada Perang Dunia II ke Hiroshima, Jepang hanya 15 megaton.

    Dengan kata lain Tsar Bom 3.333 kali lebih merusak daripada bom Hiroshima. Dari beberapa sudut dan jarak, video tersebut menunjukkan perkembangan awan jamur raksasa dari senjata itu.

    Hal itu menunjukkan kekuatan bom yang berputar dengan kekuatan apokaliptik--dapat menimbulkan bencana besar.

    The Barents Observer, sebuah publikasi di Norwegia, sebelumnya melaporkan rilis lengkap video tersebut. Video itu menampilkan teks tertutup dalam bahasa Inggris, serta gelombang musik kemenangan.

    Dalam sebuah wawancara, Sejarawan Nuklir dari Stevans Institute of Technology di Hokoben bernama Alex Wellerstein menyebut rilis tersebut tambahan yang bagus untuk informasi publik.

    Dia mengatakan bahwa deskripsi bom dalam video dokumenter itu jauh lebih lengkap daripada yang biasanya diterima publik, tetapi dengan hati-hati menghindari detail teknis rahasia.

    "Meskipun tampak menunjukkan jeroan," ujarnya seperti dikutip dari New York Times, Rabu (26/8).

    Selain itu penulis buku berjudul Racing for the Bomb Dr. Norris mengutip dokumen rahasia Amerika yang sebelumnya. Di sana dia mengungkapkan reaksi yang sebagian besar meremehkan pejabat militer Amerika terhadap ledakan kolosal tersebut.

    Sebagai catatan selama beberapa dekade, tantangan besar bagi pembuat persenjataan nuklir negara termasuk Rusia bukanlah merancang bom hidrogen besar tetapi yang kecil.

    Bom kecil dinilai lebih berguna untuk serangan yang ditargetkan. Miniaturisasi memungkinkan bom hidrogen dibuat cukup kecil sehingga banyak hulu ledak dapat muat di atas satu rudal

    Rahasia miniaturisasi sendiri terbukti sangat sulit untuk dikuasai sehingga akhirnya menjadi bahan skandal mata-mata.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rusia Rilis Video Ledakan Bom Hidrogen Terdahsyat di Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar