Menghabiskan Waktu Di Siak Sri Indrapura, Kota Istana Nan Indah Dan Gemerlap

Daftar Isi

    Wisata di SIAK - Semua warga Riau mungkin akan setuju jika Siak dikatakan sebagai salah satu kota tujuan wisata di Riau. Bagaimana tidak, kota ini menyimpan banyak keindahan dan peninggalan bersejarah. Suasana megahnya kerajaan melayu yang pernah jaya di tanah ini terasa begitu kental, tak salah jika kota ini dijuluki sebagai Kota Istana di siak.

    Butuh waktu sekitar 2-3 jam perjalanan darat dari Kota Pekanbaru untuk sampai ke kota ini. Sesampainya di kota Siak, kamu akan disambut dengan Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah yang sangat megah. Di bawah jembatan terdapat Masjid Sultan Syarif Hasyim yang pusat kegiatan agama di Kota Siak, jika berkunjung ke Siak, sempatkan untuk berkunjung dan sholat di masjid nan megah ini.

    Selanjutnya kamu wajib berkunjung ke Istana Aseraya Al Hasymiah atau sering disebut Istana Siak. Istana Siak adalah primadona tempat wisata di kota Siak. Istana ini berdiri tegap dan megah walau telah berumur ratusan tahun. Kamu dianggap belum mengunjungi Siak jika belum berkunjung ke tempat ini. Di Istana ini, kamu dapat melihat berbagai peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura. Di halaman istana kamu dapat melihat kapal peninggalan belanda yang dahulu digunakan Belanda untuk menyusuri sungai Siak. Berdasarkan cerita yang berkembang, Kapal Cruiser dengan dua mesin ini sekonyong-konyong muncul ke permukaan sungai siak, sehingga kemudian dilestarikan menjadi aset sejarah Kesultanan Siak.

    Kemudian kamu dapat melanjutkan perjalanan kamu ke Masjid Raya Sahabuddin. Mesjid yang didominasi warna kuning khas melayu ini didesign khas dan unik. Mesjid ini dibangun tepat di pinggir Sungai Siak, jadi kamu juga melihat pemandangan di sekitar Sungai Siak. Di sebelah masjid ini terdapat makam pahlawan nasional riau yaitu ‘SULTAN SYARIF KHASIM II’ dan beberapa anggota keluarga.

    Ketika sore datang, kamu dapat menghabiskan waktu di Turap, yaitu bantaran sungai yang dibangun Pemda sepanjang pinggiran sungai Siak di seputaran Kota Siak. Di sini, kamu dapat menikmati kuliner khas Siak yang dijual berbagai kafe di sekitar Turap sambil menikmati sunset di atas Sungai Siak. Ketika malam, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah yang gemerlapan saat malam hari, sangat indah dan menakjubkan.

    Yang tidak boleh kamu lupakan saat malam hari adalah melewati Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah sekali lagi dan menikmati kerlap-kerlip pemandangan di bawahnya. Sangat indah dan mempesona. saat itu kamu akan bergumam “Tidak menyesal berkunjung ke Siak”.

    Sumber : Dari berbagai sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menghabiskan Waktu Di Siak Sri Indrapura, Kota Istana Nan Indah Dan Gemerlap
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar