Amerika Dicuekin, Turki Tetap Ngotot Akan Perangi Yunani

Daftar Isi

    Foto: Armada tempur Angkatan Laut Turki di Laut Mediterania. (Defence Matters) 

     

    Lancang Kuning – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada hari Minggu kemarin, 16 Agustus 2020 bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. Pertemuan itu terjadi ditengah ketegangan yang terjadi antara Yunani dan Turki menguat di Laut Mediterania timur akhir-akhir ini. 

    Dikutip VIVA Militer dari akun twitter resminya, Mike Pompeo mengatakan, pertemuan dengan Menlu Turki itu dilakukan untuk membahas kebuntuan antara Athena dan Ankara di dekat lokasi eksplorasi sumber daya minyak dan gas yang terletak di perairan Mediterania timur. 

    "Membahas tentang kebutuhan mendesak untuk mengurangi ketegangan di Mediterania Timur," kata Mike Pompeo, Senin, 17 Agustus 2020.


    Namun sayangnya, Pompeo tidak menjelaskan lebih jauh lagi tentang hasil pertemuan tersebut. 

    Sepertinya, upaya AS untuk menjadi penengah antara konflik Turki dan Yunani pun akan gagal. Ankara tetap bersikeras akan melanjutkan aktivitas eksplorasi minyak  dan gas yang didukung dengan armada tempur militernya di wilayah yang diklaim oleh Yunani sebagai Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Yunani itu.

    Hal itu ditegaskan oleh Menlu Turki Mevlut Cavusoglu. Cavusoglu mengatakan, dirinya telah menjelaskan kepada Pompeo titik persoalan yang sesungguhnya terjadi di Laut Mediterania timur. Dia juga telah mengisyaratkan tidak akan menghentikan aktivitasnya di Laut Mediterania timur saat ini meski mendapat penolakan keras dari Yunani dan Uni Eropa. 

    Menurut Cavusoglu, apa yang dilakukan oleh pemerintah Turki saat ini di Laut Mediterania timur sudah sesuai dengan ketentuan hukum internasional. Bahkan, Cavusoglu menuding Yunani sebagai provokator yang telah menyebabkan ketegangan terjadi di perairan Mediterania.

    "Kami akan terus membela hak Turki dan Siprus Turki terhadap langkah provokatif pihak Yunani dan Siprus Yunani," kata Cavusoglu usai bertemu dengan Pompeo.


    Sehari sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga sudah menegaskan, pihaknya tidak akan menghentikan aktivitas eksplorasi minyak dan gas dan aktivitas militernya di Laut Mediterania timur sebagaimana yang diminta oleh Yunani dan sebagian negara-negara Uni Eropa lainnya. 

    "Kami tidak akan pernah tunduk pada bandit di landas kontinen kami. Kami tidak akan mundur melawan bahasa sanksi dan ancaman," kata Erdogan dikutip VIVA Militer dari Reuters.

    Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saat ini kapal penelitian Turki 'Oruc Reis' yang dikawal sejumlah kapal perang Turki masih melakukan aktivitas di antara Siprus dan pulau Kreta Yunani. Mereka akan melakukan survei hingga 23 Agustus 2020 sebelum melakukan eksplorasi minyak dan gas yang akan dilakukan tahun ini juga. 

    Sejak pekan lalu, Kapal-kapal Turki itu telah dibayang-bayangi oleh Angkatan Laut Yunani. Bahkan, pada hari Rabu lalu kapal perang dari dua negara bertikai itu sempat berbenturan di perairan Mediterania timur.

    Ketegangan antara Yunani dan Turki ini menjadi kekhawatiran besar bagi negara-negara Uni Eropa. Mereka menilai, jika aktivitas militer dari dua negara itu tidak dapat dihentikan, dikhawatirkan dapat menimbulkan perang besar yang akan berdampak pada negara-negara Uni Eropa lainnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Amerika Dicuekin, Turki Tetap Ngotot Akan Perangi Yunani
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar