Oleh – oleh khas Tanjung Pinang Riau

Daftar Isi

    LancangKuning - Tanjung pinang adalah sebuah kota yang terletak di Kepulauan Riau, yang terkenal dengan lokasi wilayah pesisisrnya sehingga masyarakat sudah terbiasa untuk memanfaatkan kehidupan  sehari – hari mereka dengan mengolah bahan – bahan dasar mereka seperti ikan menjadi kuliner unggulan.

    Jika kalian kesempatan untuk berkunjung ke Tanjung Pinang, ada hal yang wajib yang tak boleh dilewatkan yaitu membeli oleh – oleh khas Tanjung Pinang. Apalagi, oleh –oleh khas Tanjung Pinang sangat beragam dan mungkin kalian tidak bisa menemui di saat kalian berada di tempat tinggal asal kalian atau berada di kota lain.

    Apakah kalian penasaran apa saja rekomendasi terbaik oleh – oleh khas Tanjung Pinang? Berikut oleh – oleh khas Tanjung Pinang yang harus kalian bawa pulang.

    1. Batik Gonggong Tanjung Pinang

    Masyarakat Tanjung Pinang mempunyai kehidupan di pesisir pantai, tidak hanya memanfaatkan dan mengolah bahan – bahan dasar laut menjadi olahan makanan. Tetapi juga memanfaatkan keadaan sekitar pesisir pantai, sebagai motif batik yang berasal dari hewan laut sipot gonggong.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Batik ini memiliki desain yang kreatif dan untuk dengan menjadikan siput gonggong sebagai motif dari batik khas Tanjung Pinang . Oleh sebab itu menjadi alas an yang kuat mengapa oleh – oleh khas Tanjung Pinang ini banyak diminati oleh para turis atau pelancong sebagai buah tangan dari Tanjung Pinang.

    1. Bingka Pandan

    Walaupun bingka pandan terkenal sebagai makanan khas suku melayu, bingka pandan juga menjadi makan favorit di Tanjung Pinang. Yang dimana teksturnya yang padat dan lembut, berlemak santan serta aroma yang menyenga, yang mana membuat kue ini dicari banyak orang untuk di jadikan oleh – oleh khas Tanjung Pinang.

    1. Bilis Gulung

    Bilis Gulung merupakan sebuah camilan, Bilih Gulung ini juga terkenal dengan nama lain yaitu angko bilis dan juga bilis berselimut. Hal yang menarik dari bilis gulung yaitu pembuatannya masih dapat dikatakan tradisional karena tanpa menggunakan mesin dan masih menggunakan tangan – tanga para usaha rumahan.

    Bilis Gulung ini berasal dari ikan bilis, ini juga seringkali dijadikan oleh – oleh dari Tanjung Pinang bagi pelancong. Teksturnya yang garing dan rasanya yang gurih serta kualitasnya mampu bertahan lama sampai hitungan bulan, menjadikan bilis gulung ini salah satu buah tangan khas Tanjung Pinang.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Luti Gendang

    Walaupun Luti Gendang dikenal dengan khas camilan Batam, di Tanjung Pinang juga menjadi salah satu camilan incaran sama pelancong. Luti Gendang secara sederhana yaitu roti goreng yang di isi dengan daging tuna.

    Nama Luti berasal dari kata “ Roti ” perubahan ini disebabkan karena orang – orang keturunan Tionghoa pada masa lampau tidak fasih mengucapkan “ Roti ” sehingga disebut “ Luti. ” Karena memiliki rasa yang gurih dan pedas manis, sehingga Luti Gendang juga menjadi salah satu oleh – oleh favorit khas Tanjung Pinang.

    1. Tepung Gomak

    Tepung Gomak merupakan salah satu camilan yang berasal dari salah satu pulau kecil yang ada di Tanjung Pinang. Tepung Gomak biasanya dihidangkan pada saat perayaan besar dan biasanya menjadi teman minum the oleh warga sekitar.

    Tepung Gomak ini berbahan dasar tepung kacang hijau dengan isian kelapa parut yang dimasak bersama gula merah. Yang mana rasanya mirip dengan dadar gulung, sedangkan bentuknya mirip dengan mocha.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Kue Batang Buruk

    Kue batang buruk memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga kue ini dikemas dengan dipotong hingga ukuran kecil sehingga muda untuk di santap. Dengan adanya rasa manis susu, gula dan kacang hijau membuat Kue Batang Buruk tak lagi dihidangkan hanya saat perayaan besar, namun juga dijadikan oleh – oleh khas Tanjung Pinang.

    1. Kerupuk Gonggong

    Kerupuk Gonggong ini berbahan dasar siput gonggong khas Tanjung Pinang. Kerupuk Gonggong ini memiliki tekstur yang renyah yang mana menjadi nilai tambahan selain keunikannya karena terbuat dari hewan siput. Sehingga menjadikan oleh – oleh khas Tanjung Pinang.

    1. Otak – otak khas Tanjung Pinang

    Meskipun otak – otak tersedia di kota lain, tetapi otak – otak khas Tanjung Pinang berbeda dengan otak – otak lain. Walaupun sama – sama dibungkus daun pisang, tetapi isi otak – tak khas Tanjung Pinang memiliki isi berwarna kuning dengan harum rempah yang sangat pekat.

    Teksturnya lebih lembut dan akan lumer di mulut saat dimakan, sehingga tak perlu menggigitnya terlalu keras.

    Nah itu dia oleh – oleh khas Tanjung Pinang. Jadi, jika kalian berkesempatan berkunjung ke Tanjung Pinang, buah tangan apa yang kalian bawa pulang ke kota asal kalian? Sekian dari pembahasan artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.(Diandri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Oleh – oleh khas Tanjung Pinang Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar