Aparat Meksiko Tangkap Bos Kartel Narkoba Santa Rosa de Lima

Daftar Isi

    Lancang Kuning -  Aparat keamanan Meksiko berhasil menangkap pemimpin kartel narkoba Santa Rosa de Lima, José Antonio Yépez Ortiz alias "El Marro", pada Minggu (2/8). Menurut pernyataan bersama pemerintah negara bagian Guanajuato dan Sekretariat Keamanan Publik Meksiko, pemerintah federal dan negara bagian menangkap Ortiz di Guanajuato.

    Seperti dilansir CNN, Senin (3/8), setidaknya lima orang lainnya ditahan dalam operasi gabungan itu. Sementara seorang wanita yang diculik telah diselamatkan.

    Menteri Keamanan Meksiko, Alfonso Durazo, membenarkan penahanan Ortiz melalui Twitter. Dia menambahkan bahwa Ortiz ditahan melalui surat perintah penangkapan karena melakukan "kejahatan terorganisir dan pencurian bahan bakar". Dalam sebuah video yang diposting di akun Twitter, Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador, memuji penangkapan itu.

    Baca Juga: Turut Beduka, Ketua DPRD Jepara Positif Covid-19 Meninggal Dunia 


    "Kementerian Pertahanan Nasional dengan dukungan pemerintah setempat, berhasil melakukan penahanan yang sangat penting ini," kata Obrador. "Kita harus terus memperhatikan penyebab yang memicu kekerasan. Kami mengatakan tidak kepada korupsi dan impunitas," tambahnya.

    Ortiz telah dicari selama berbulan-bulan, di mana otoritas Meksiko menargetkan keluarga dan lingkaran dekatnya di tengah meningkatnya kekerasan di Guanajuato, wilayah yang dikuasai kartel itu. Sebagian besar pendapatan Kartel Santa Rosa de Lima berasal dari pemerasan dan pencurian bahan bakar.

    Sementara itu, rata-rata terjadi sekitar sepuluh kasus pembunuhan dalam sehari di Guanajuato. Menurut data pemerintah, pada paruh pertama tahun ini, negara mencatat setidaknya 1.691 kasus pembunuhan, menjadikannya negara bagian paling mematikan di Meksiko.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Aparat Meksiko Tangkap Bos Kartel Narkoba Santa Rosa de Lima
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar