Peringatan NASA Bagi Warga Bumi: Asteroid Raksasa Mendekat, Berbahaya

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Badan Antariksa Amerika (NASA) memperingatkan warga dunia, akan ada asteroid raksasa berdiameter 160 meter melewati Bumi pada 24 Juli akan datang. Mengutip Indian Express, asteroid raksasa yang dinamai 2020 ND itu dinyatakan berpotensi berbahaya.

    Asteroid tersebut diperhitungkan akan berada pada titik terdekat Bumi dalam jarak 5.086.328 kilometer. Perjalanannya sendiri memiliki kecepatan 48.000 kilometer per jam. Dengan demikian, menurut NASA, Asteroid 2020 ND diklasifikasikan sebagai Objek Dekat Bumi (Near-Earth Object/NEO) dan Potensi Berbahaya Asteroid (Potentially Hazardous Asteroid/PHA).

    Benda langit yang membawa potensi berbahaya didasarkan pada seberapa dekat asteroid dan Bumi, dengan jarak persimpangan orbit minimum 0,05 au. Peristiwa Bumi dilewati Asteroid 2020 ND bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, tercatat sudah empat kali mendekati Bumi Juli 1945 silam.

    Baca juga: Bakal Dibeli Pengeran Arab, AC Milan Mau Dijadikan Klub Maha Sultan


    NASA juga menghitung bahwa Asteroid 2020 ND akan kembali melintasi Bumi pada tahun 2035, 2074, dan 2145.Meski tergolong asteroid yang berpotensi berbahaya, Asteroid ND 2020 bukanlah target ilmiah utama NASA. NASA sudah pernah melakukan misi penyelamatan warga bumi dari benda luar angkasa raksasa, yang berpotensi menimbulkan bencana.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peringatan NASA Bagi Warga Bumi: Asteroid Raksasa Mendekat, Berbahaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar