Nilai Tukar Rupiah ke Dollar Semakin Perkasa, Ini Cara Jitu Bank BI

Daftar Isi


     

    Foto: Dollar dan Rupiah. (Portonews) 

    Lancang Kuning, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, menguat pada perdagangan hari ini, 27 Juli 2020. Perdagangan di awal pekan ini, rupiah ditransaksikan di kisaran atas Rp14.500 per dolar AS.

    Di pasar spot, hingga pukul 10.14, rupiah telah diperdagangkan di level Rp14.553 per dolar AS. Menguat 0,38 persen dari level penutupan perdagangan Jumat, 24 Juli 2020 di level Rp14.610 per dolar AS.


    Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolllar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.605 per dolar AS. Menguat dari nilai tengah kemarin di level Rp14.614.

    Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim menganggap, menguatnya nilai tukar tersebut disebabkan intervensi yang terus dilakukan Bank Indonesia. Sebab, masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

    "BI menerapkan triple intervention di pasar spot, DNDF dan pembelian SBN di pasar sekunder. Dalam perdagangan Senin pagi rupiah dibuka menguat tetapi dalam memasuki sesi siang rupiah kembali melemah di level 14.650," katanya, dilansir dari Viva.co.id


    Dari sisi perkembangan wabah COVID-19, dikatakannya semakin mencekam karena angkanya yang kian tinggi dan semakin menekan perekonomian domestik maupun global.

    Di sisi lain, hubungan AS dan China juga kian memanas baik dari sisi hubungan perdagangan maupun politiknya. Hal tersebut semakin menekan sentimen positif pelaku pasar untuk berinvestasi di aset-aset berisiko.

    "Pasar merespons negatif tentang memburuknya hubungan antara AS dan China akibat terbongkarnya spionase China di AS. Ketegangan antara AS-China kembali muncul setelah AS meminta Beijing untuk menutup kantor konsulat diplomatiknya di Houston," ucap dia. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Nilai Tukar Rupiah ke Dollar Semakin Perkasa, Ini Cara Jitu Bank BI
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar