Tingginya Permintaan CPO ke China, Harga TBS Kelapa Sawit Riau Naik 

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Sawit. (Gatra.co) 


    Lancang Kuning, PEKANBARU - Permintaan minyak kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) periode ini cukup tinggi datang dari Negara China. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya produk CPO Indonesia dan Malaysia akibat musim kemarau yang melanda disebagian wilayah.

    Ini berdasarkan faktor eksternal yang dihimpun oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau untuk data yang disampaikan pada saat rapat penetapan harga kelapa sawit periode 22-28 Juli 2020, Selasa (21/7) di Pekanbaru. 

    Kata Defris Hatmaja, selaku Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Provinsi Riau mengatakan, permintaan tinggi itu tak hanya dialami oleh Indonesia. Negara lain seperti Malaysia juga mengalami hal yang sama untuk memenuhi permintaan pasok minyak ke China. Sisi itu, faktor lain yang juga mempengaruhi adalah pelemahan nilai mata uang ringgit dihadapan dollar AS.

    " Dengan tingginya permintaan. Harga kelapa sawit Riau secara otomatis terdongkrak naik untuk satu minggu kedepan," ucapnya. 

    Sisi lain, menurut Defris, menjelaskan dari faktor internal sendiri berdasarkan perusahaan yang menjadi sumber data tercatat kenaikan harga jual CPO mencapai Rp 284,81/kg. Sedangkan harga jual kernel mencapai Rp187,55/Kg.

    Untuk harga jual CPO, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp 243,00/Kg, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 310,55/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 300,88/Kg dari harga minggu lalu. 

    Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan sebesar Rp 89,09/Kg, dan Asian Agri Group mengalami kenaikan sebesar Rp 286,00/Kg dari harga minggu lalu.

    Berdasarkan beberapa faktor itu, Dinas Perkebunan Provinsi Riau menetapkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit naik menjadi Rp 1.676,75/Kg. Kenaikan harga itu terjadi pada seluruh kelompok umur kelapa sawit. Namun, kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 55,91/Kg atau mencapai 3,45 % dari harga minggu lalu. (Dan/LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tingginya Permintaan CPO ke China, Harga TBS Kelapa Sawit Riau Naik 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar