Bea Cukai Riau Peduli Masyarakat Pulau Kijang Tembilahan

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Bea Cukai Riau bersama Bea Cukai Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir bersinergi dengan PT Pulau Sambu Group, Bulog Cabang serta Bank BRI Tembilahan dalam Aksi Peduli masyarakat pulau kijang. Hal ini dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

    Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis, (18/6/20) di Pulau Kijang, Kabupaten Indragiri Hilir. Dalam rangkaiannya, Tim dari Bea Cukai Riau menginisiasi pertemuan antara petani kelapa, pengusaha Kelapa, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Reteh, unsur Muspika di Kecamatan Reteh dengan perwakilan PT Sambu Group yang diwakili oleh PT Sambu Kuala Enok (PT SKE) guna melakukan edukasi tentang budi daya kelapa.

    Baca Juga: Besok Istana Siak Dibuka untuk Umum, Protokol Kesehatan Dipatuhi

    Melalui Agung, selaku Kepala Penindakan Bea Cukai Riau mengatakan pada Jumat, (19/6/20) selain edukasi budi daya kepala. Petani swadaya disana juga kita bimbing dalam pemasaran dan pola kemitraan dengan tujuan agar produksi kelapa di pulau kijang dapat terserap sesuai dengan kualitas kelapa yang diharapkan oleh PT Sambu Group.

    " Dengan adanya edukasi ini. Harga kelapa petani bisa tinggi sesuai dengan keinginan masyarakat dan perusahaan kelapa di Pulau Kijang," ujarnya.

    Baca Juga: Staf Dewan Pukul Karyawan Hotel, Anggota DPRD Minta Cabut Laporan Polisi 

    Dalam pertemuan tersebut, Tim Bea Cukai Riau juga menghadirkan Kepala BRI Tembilahan dan Pimpinan Bulog Cabang Tembilahan untuk mendorong adanya skema pembiayaan petani melalui kredit usaha rakyat BRI dengan bunga yang murah/rendah tanpa anggunan berdasarkan pola kemitraan.

    Sedangkan untuk Bulog, kata Agung, agar bisa mendorong serta menyerap minyak kelapa dari pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah itu dan program stabilisasi harga bahan pokok melalui pola kemitraan Rumah Pangan Kita (RPK).

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Selain Bulog, pihak Bea Cukai Riau juga menghadirkan Toko Sembako murah di Pulau Kijang dengan mendirikan " Rumah Pangan Kita - Kerja Sama Bea Cukai Riau dengan Bulog cabang Tembilahan" dengan rencana lokasi memanfaatkan aset Barang Milik Negara (BMN) Bea Cukai di Pulau Kijang. Pencanangan RPK ini disaksikan oleh Muspika Kecamatan Reteh, Tokoh Masyarakat Pulau Kijang.

    Selanjutnya, giat itu diisi dengan bentuk kepedulian pihak Bea Cukai Riau seperti memperhatikan kesehatan masyarakat dengan melakukan " Aksi Bea Cukai Riau Peduli Pulau Kijang Sehat " dengan menghibahkan Alat Perlindungan Diri (APD) kepada masyarakat.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    " APD yang kita bantu sebanyak 5 Pcs, 50 Pcs Rapid Test Covid-19, Vitamin C 10 Box,
     diwakili Camat dan Kepala Puskemas berupa Pakaian APD Kesehatan sebanyak 5 pcs, Rapid Test Covid-19 sebanyak 50 pcs, Vitamin C 10 Box, Thermo Gun sebayak 3 pcs, Masker Khusus Tenaga Kesehatan (N-95) sebanyak 25 dan 300 pcs Masker Scuba," katanya.

    Selain itu Bea Cukai Riau juga menghibahkan paket sembako berupa beras 5 kg, gula 2 kg dan Minyak Goreng 2 Liter sebanyak 75 paket yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di kecamatan Reteh dan warga yang menghuni aset BMN Bea Cukai di Pulau Kijang serta APH Pulau Kijang (Koramil, Polsek dan Pos Polair).

    Tak itu saja, bantuan juga dikucurkan Goodie Bag bagi peserta pertemuan di Balai kecamatan Reteh berupa Minyak Dara (Virgin Coconout Oil), Multivitamin, Masker Scuba, Notebook. Serta melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Pulau Kijang.

    "Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan masyarakat pulau kijang dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan maksimal. Dan nantinya dapat memajukan masyarakat Pulau Kijang di masa yang akan datang," tutupnya. (Rilis/Dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bea Cukai Riau Peduli Masyarakat Pulau Kijang Tembilahan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar