Menko Luhut Sebut Penting Bangun Hubungan Ekonomi dengan China

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi pertumbuhan ekonomi China.

    Lancang Kuning, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, salah satu perekonomian negara yang kondisinya memiliki pengaruh secara global adalah perekonomian China.

    Luhut memastikan, perekonomian Negeri Tirai Bambu itu memiliki kontribusi sekitar 18 persen terhadap ekonomi global, sehingga kekuatan ekonomi China menjadi perhatian serius bagi negara-negara lain yang berkaitan dengannya.

    Baca Juga: Luhut Sindir Banyak Pengamat Kritik Pemerintah, Tapi Tak Pakai Data

    "Jadi ekonomi Tiongkok ini hampir 18 persen pengaruhnya ke ekonomi global. Jadi suka tidak suka, senang tidak senang, ekonomi Tiongkok ini tidak bisa diabaikan," kata Luhut dalam telekonferensi, Jumat 5 Juni 2020,  Melansir Viva. 

    Karenanya, Luhut berharap agar masyarakat bisa membuka pikiran mereka, terkait bagaimana pentingnya membangun hubungan ekonomi antara Indonesia dengan China.

    Baca Juga: Kocak bin Lucu, Ternyata Upin Ipin Bukan Muhammadiyah Tapi NU

    Apalagi, prinsip 'Bebas Aktif' yang termaktub dalam UUD 1945 pun memungkinkan bagi Indonesia untuk membangun hubungan baik dengan negara-negara di dunia, termasuk dalam hal ekonomi.

    Sebab, apabila Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan negara-negara yang memiliki kekuatan ekonomi signifikan seperti misalnya China, maka hal itu adalah sebuah langkah positif.

    Tujuannya, lanjut Luhut, tidak lain adalah demi menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat, baik dalam hal politik maupun ekonomi dilihat dari kacamata secara global.

    "Jadi sebenarnya kita itu enggak boleh berpikir sempit. Karena bahkan di dalam UUD 1945 pun kita (berprinsip) bebas aktif, dimana kita harus bisa berhubungan dengan semua negara di dunia," ujarnya. (LK) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menko Luhut Sebut Penting Bangun Hubungan Ekonomi dengan China
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar