Vaksin Corona Produksi China Siap Dipasarkan Akhir Tahun 2020

Daftar Isi

     

     

    Foto: Ilustrasi China mengklaim telah menemukan kandidat vaksin untuk virus corona. (TVOne)

    Lancang Kuning – Vaksin untuk Covid-19 buatan China dimungkinkan siap dipasarkan pada akhir tahun, sebuah badan pemerintah mengumumkan bahwa negara-negara berlomba untuk menjadi yang pertama dalam pertahanan melawan virus yang telah menginfeksi hampir 6 juta orang dan menghancurkan ekonomi dunia.

    Sebagaimana dilansir dari Forbes, vaksin yang dikembangkan oleh dua perusahaan yang berafiliasi dengan negara yang bekerja bersama-sama berpotensi untuk siap pada akhir tahun 2020 atau pada awal 2021, menurut sebuah pos media sosial yang dibuat pada hari Jumat dari Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi milik negara (SASAC).

    Baca Juga: Posko COVID-19 di Palopo Sulsel Rusak Diterjang Angin Kencang

    Kedua perusahaan, yakni Institut Produk Biologi Wuhan dan Institut Produk Biologi Beijing, telah memulai pengujian Fase II untuk vaksin dan memberikan dosis kepada lebih dari 2.000 orang selama uji coba.

    Baca Juga: Hebat. Sumbar Pecahkan Rekor Tes Corona Terbanyak di Nasional

    Menurut SASAC, jalur produksi Institut Produk Biologis Beijing akan dapat memproduksi antara 100 juta dan 120 juta dosis vaksin per tahun dalam kapasitas penuh.

    Ada lima imunisasi yang dikembangkan Tiongkok sedang diuji pada manusia, lebih dari negara lain di dunia.

    China, tempat virus Covid-19 diyakini berasal, memiliki organisasi kesehatan, regulator, kelompok penelitian, dan bahkan perusahaan swasta yang lebih kecil, bekerja sama dan bekerja penuh waktu dalam upaya untuk menghasilkan vaksin Covid-19 efektif pertama di dunia.

     

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

     

    Sementara Presiden Cina Xi Jinping telah berjanji untuk membagikan vaksin yang berhasil dengan negara lain, pembuatan vaksin di China telah dirusak oleh masalah kualitas produksi dan skandal keselamatan di masa lalu.

    Harapan China akan vaksin pada akhir tahun 2020 adalah agresif dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya bahwa suatu vaksin bisa satu tahun lagi. Tetapi minggu ini, Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan bahwa vaksin untuk Covid-19 dapat siap pada bulan November seperti uji coba vaksin jalur cepat FDA.

    Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan telah menandatangani kontrak untuk memesan jarum suntik senilai $100 juta untuk kampanye vaksinasi massal. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, ada lebih dari 100 vaksin Covid-19 potensial dalam uji praklinis dan 10 menjalani uji coba manusia minggu ini.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Perlombaan untuk vaksin memanas ketika ketegangan antara AS dan China meningkat setelah hampir dua tahun perang dagang. Presiden AS Donald Trump menyerang Cina minggu ini, mengklaim mereka menghasut "virus Wuhan" dan kemudian menutupinya.

    Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa ia akan mengakhiri hubungan AS dengan WHO, yang ia tuduh berada di bawah kendali Tiongkok dan terlibat dalam upaya rahasia itu. Dia juga mengumumkan akan menerapkan sanksi baru dan pembatasan visa bagi para pejabat di China yang memiliki peran dalam undang-undang keamanan nasional baru Beijing yang, menurut para kritikus, akan mengurangi otonomi Hong Kong dari daratan. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Vaksin Corona Produksi China Siap Dipasarkan Akhir Tahun 2020
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar