Pentingnya Melatih Kemampuan Berorganisasi Kamu Semasa Kuliah

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Menjadi mahasiswa bagi sebagian orang tentu saja tidak hanya dihabiskan hanya sekedar untuk belajar dan mendapatkan gelar. Tentu banyak sekali pengalaman hidup bisa kamu dapatkan, bahkan dituntut untuk mendapatkannya sebanyak mungkin agar selesai dari sana kamu bisa menghadapi dunia real.

    Diantara ragam aktivitas bisa kamu lakukan semasa kuliah yang bisa dikatakan harus kamu coba adalah mengikuti organisasi. Dengan aktif berorganisasi tentu ada banyak manfaat serta memberikan pengaruh yang cukup untuk kehidupan kamu kelak. Dalam organisasi tentu kamu akan menghadapi ragam jenis sifat dan karakter sehingga itu bisa menjadi pembelajaran untuk kamu.

    Ketika kamu memutuskan untuk ikut serta dalam organisasi tentu waktu kamu akan terbagi antara kuliah serta fokus dalam kegiatan organisasi yang kamu jalani. Bahkan bisa dikatakan waktu kamu akan lebih banyak tersita untuk organisasi ini hingga kamu kesulitan mencari waktu luang.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Melihat begitu sulitnya manajemen waktu ketika aktif organisasi jangan sampai membuat kamu tidak ingin aktif di dalamnya. Kamu harus tahu bahwa ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa kamu harus aktif dalam organisasi ini. Dilansir dari LifeIDNTimes berikut beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan kamu kenapa harus mengikuti organisasi :

    1. Setidaknya kamu bisa mengatur orang banyak dalam dunia kerja

    Ketika kamu mempunyai kemampuan berorganisasi yang baik semasa kuliah, tentu saja hal itu akan memudahkan kamu dalam mengatur banyak orang. Hal ini sangat dibutuhkan sekali nanti di dunia kerja. Dimana kamu akan diberikan tanggung jawab dimana kamu haris mengatur banyak orang dalam tim kerja kamu. Tentu saja melakukan hal tersebut tidaklah mudah apabila kamu tidak mempunyai pengalaman sama sekali.

    Kamu akan menghadapi banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda dan tentu menjadi kesulitan tersendiri dan kamu harus mengaturnya. Untuk itulah tidak ada salahnya bahkan sebaiknya mulai sekarang aktiflah dalam organisasi semasa kuliah. Kamu bisa menganggap dengan berorganisasi merupakan sebuah investigasi jangka panjang untuk kehidupan masa depan kamu.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Memudahkan kamu dalam promosi jabatan

    Ketika memasuki dunia kerja nanti kamu akan mendengar istilah promosi jabatan atau kenaikan jabatan. Hal ini terjadi ketika atasan atau pimpinan menaruh kepercayaan kepada kamu karena melihat kualitas dalam diri kamu sehingga kamu akan dipromosikan untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar tanggung jawabnya.

    Promosi jabatan ini sangat akan berdampak besar untuk jenjang karir kamu, dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan kemampuan kamu dalam sebuah organisasi. Karena di dalamnya kamu mendapatkan tugas dalam memimpin beberapa bawahan dimana mereka akan menunjang aktivitas pekerjaan kamu. Sehingga kemampuan organisasi ini memanglah sangat memiliki pengaruh besar untuk hidup kelak.

    1. Menyibukan diri untuk hal bermanfaat

    Menjalani kuliah yang menjadi kesibukan dan keluhan mahasiswa adalah tugas yang banyak dan hal lainnya yang berkaitan dengan perkuliahan. Apabila dibandingkan dalam menghadapi dunia kerja nantinya, tentu kesibukan masa kuliah tersebut belum seberapa. Dalam dunia kerja ada banyak hal yang akan menyibukan kamu nantinya dan kadang membuat kamu merasa lelah dan jenuh ingin resign.

    Mewaspadai hal tersebut, kamu bisa melatih kemampuan kamu dalam berorganisasi untuk membiasakan diri sibuk ketimbang hanya kuliah pulang dan nongkrong tidak jelas. Mungkin kamu akan kelelahan mengembang 2 tanggung jawab sekaligus yaitu kuliah dan berorganisasi secara bersamaan. Namun, hal ini sangat bermanfaat sekali untuk kamu nantinya dalam menghadapi dunia kerja.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mendapatkan banyak relasi

    Memiliki banyak relasi adalah salah satu poin penting untuk mewujudkan jenjang karies sesuai impian. Dunia kerja memiliki ruang lingkup yang cukup luas sehingga kamu tidak bisa hanya mencukupkan diri pada satu titik saja. Kamu harus memiliki relasi agar bisa sukses berkarir dalam dunia kerja, dan salah satu cara mendapatkan banyak relasi tersebut adalah dengan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik.

    Di masa kuliah kalau kamu aktfi dalam berorganisasi tentu saja kamu akan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Dimana kamu mendapatkan begitu banyak teman dari latar belakang beragam dan berpengaruh untuk keberlangsungan hidup kelak. Kamu harus selalu ingat bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk sosial sehingga kita tidak akan bisa bertahan tanpa adanya bantuan orang lain.

    1. Mendapatkan pekerjaan terbaik

    Tidak dipungkiri dan hampir semua orang mengatakan bahwa pengalaman merupakan guru terbaik.  Kamu akan mendapatkan banyak sekali pembelajaran dengan banyaknya pengalaman hidup yang dijalani. Bahkan ketika kamu bersungguh-sungguh kamu juga bisa mendapatkan banyak pelajaran baru darinya sehingga akan menjadi faktor dalam merealisasikan mimpi-mimpi dalam hidup kamu. Diantara pengalaman tersebut adalah memiliki kemampuan berorganisasi.

    Dalam berorganisasi ada beberapa aspek yang akan kamu dapatkan seperti banyak relasi, memiliki kemampuan alam manajemen banyak orang dan ragam skill positif lainnya. Dengan kemampuan tersebut tentu saja akan memperbesar peluang kamu dalam mendapatkan pekerjaan terbaik nantinya.

    Nah, itulah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan kenapa mengikuti organisasi semasa kuliah sangat penting dan bisa melatih ragam kemampuan terutama kemampuan manajemen human. Selaku ada kesempatan, gunakanlah masa mudamu sebaik mungkin dengan melakukan banyak hal positif yang nantinya akan memuluskan urusan kamu selepas kuliah.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pentingnya Melatih Kemampuan Berorganisasi Kamu Semasa Kuliah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar