Bentrok di Jambi Pecah, Belasan Motor Dibakar Massa dan Satu Kena Tembak 

Daftar Isi

    Foto: Bentrok antar desa di Jambi. (Viva)

    Lancang Kuning, JAMBI – Bentrok massa terjadi antara dua dusun yaitu Dusun Candi Kecamatan Tanah Sepenggal dengan Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo, Jambi. Akibatnya satu orang kena tembak dan dirawat intensif di Rumah Sakit Bungo.

    Informasi dihimpun VIVAnews, kejadian bentrok pemuda di dua dusun terjadi pada Kamis dinihari, 14 mei 2020 sekitar pukul 02.00 WIB. akibatnya belasan kendaraan motor dibakar sampai hangus.

    Kapolres Bungo, AKBP Trisaksono Puspo Aji, membenarkan ada bentrok pemuda diantara dusun tersebut pada Kamis dinihari sehingga mengakibatkan belasan motor dibakar massa.

    "Benar ada, tempat kejadiannya itu tepat di Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas dan Kecamatan Tanah Sepenggal Bungo. Dan atas kejadian tersebut belasan motor dibakar," ujarnya, melansir dari Viva. 

    Trisaksono mengatakan, sebelum kejadian, pada Rabu 13 Mei 2020 sekira pukul 23.40 WIB juga terjadi selisih paham yang berlokasi di perbatasan Dusun Tenam-Candi, Pemuda Dusun Lubuk Landai dengan Dusun Candi di mana massa Dusun Lubuk Landai berupaya menyerang ke Dusun Candi dan setibanya di Dusun Candi, massa Lubuk Landai sudah di tunggu oleh massa Dusun Candi.

    "Dalam aksi tersebut terjadi pembakaran roda dua milik warga Dusun lubuk Landai berjumlah delapan Unit roda dua dan satu orang korban luka tembak senapan angin di punggung kanan atas yakni bernama Rio dari dusun Lubuk Landai dan langsung dilarikan ke Puskesmas Pasar Lubuk Landai," jelasnya, Kamis 14 mei 2020.

    Trisaksono menceritakan, saat kejadian, massa dari Lubuk Landai mendatangi Dusun Candi dengan jumlah massa kurang lebih 600 orang dengan cara jalan kaki dari Dusun Pasar Rantau Embacang yang jarak tempuh kurang lebih 200 meter dan sekitar Pukul 02.00 WIB, Massa Dusun Candi semakin Anarkis dan melakukan pelemparan terhadap massa Dusun Lubuk Landai.

    "Akibat pelemparan batu tersebut kendaraan Dinas Polres Bungo dan Camat Tanah Sepenggal mengalami kerusakan, sehingga massa Dusun Lubuk Landai Mundur dan Standby di Dusun Pasar Rantau Embacang," terangnya.

    Sementara itu, sekitar Pukul 02.15 WIB, Warga Dusun Candi melakukan pembakaran terhadap kendaraan warga Dusun Lubuk Landai yang tertinggal sekitar 12 unit roda dua di depan Rumah Sekretaris dusun dan kemudian Massa Dusun Candi semakin anarkis dikarenakan adanya rumah warga Dusun Tenam bernama Heri (30 Tahun) dibakar massa Dusun Lubuk Landai sehingga Warga Dusun Candi semakin marah dan emosi.

    "Saat kejadian, sekitar pukul 02.20 WIB. Massa Dusun Candi mundur dan menunggu di perbatasan Dusun Tenam-Candi sedangkan massa Dusun Lubuk Landai menunggu di Dusun Pasar Rantau Embacang dan sekitar pukul 02.50 WIB pihak Polres langsung menuju tempat kejadian," katanya.

    Trisaksono mengatakan saat tiba di tempat kejadian, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas dan Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo langsung memberikan pemahaman dan mediasi kepada masyarakat Dusun Candi Tanah Sepenggal dan Masyarakat Dusun Lubuk Landai dan akhirnya kedua kedua dusun aman.

    "Saat kita mendamaikan dua dusun, semua aparatur pemerintah ada yaitu, Polri, TNI dan Satpol PP. Dan kita harapkan tidak terulang kembali," ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bentrok di Jambi Pecah, Belasan Motor Dibakar Massa dan Satu Kena Tembak 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar