Manfaat Ketika tidak Suka Menunda Pekerjaan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan sebenarnya bukan hal baru lagi kita dengar, hampir semua kita mungkin pernah melakukannya. Karena rasa malas, atau merasa pekerjaan tersebut mudah sehingga membuat kita enggan tergesa-gesa mengerjakan pekerjaan tersebut. Bahkan menunda pekerjaan bagi sebagian orang menjadi kesenangan tersendiri.

    Dalam menjalani hidup kita mungkin pernah dihadapi dengan yang namanya dikejar deadline, bisa saja berupa pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kuliah atau pekerjaan lainnya. Meskipun mengejar deadline ini sangat penting, namun banyak diantara kita menyepelekannya hingga pas mendekati deadline barulah ia kebingungan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

    Ketika kita dihadapi tugas dengan waktu yang sudah ditetapkan, sebenarnya ada baiknya kita kerjakan secepat mungkin sehingga tugas tersebut bisa selesai tepat waktu atau bahkan sebelum waktunya. Padahal ketika kita mengerjakan sesuatu dengan di awal waktu tanpa harus menunda mendekati deadline itu akan sangat bermanfaat sekali, diantaranya otak bisa lebih santai. Ketika hari H-pun anda tidak dipusingkan lagi dengan tumpukan kerjaan tersebut. Pasalnya nama hidup normal tentu akan ada terus pekerjaan yang datang silih berganti.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mungkin bagi sebagian kita dengan menunda pekerjaan itu menyenangkan, tapi kapanpun waktunya mau tidak mau kamu tetap harus mengerjakannya. Sehingga lebih baik kamu bersusah-susah dahulu agar nantinya bisa menikmati hasilnya. Dilansir dari LifeIDNTimes, banyak sekali manfaat yang akan kamu rasakan jika tidak suka menunda pekerjaan. Diantaranya adalah :

    1. Hasil kerja lebih maksimal

    Mengerjakan sesuatu dengan santai dan tidak terburu-buru tentu saja hasilnya akan lebih maksimal, karena kamu akan sangat teliti ketika mengerjakannya. Berbeda halnya ketika dilakukan secara terburu-buru karena dikejar deadline, selain tergesa-gesa bisa saja kamu diserang panik dan kelabakan bahkan tertekan sehingga hasilnya kurang maksimal. Meskipun ada sebagian orang yang merasa bahwa ketika detik-detik menjelang deadline, ide dan kreativitas lebih didapat namun tetap saja mengerjakan di awal lebih baik dan maksimal hasilnya.

    1. Pikiran jadi lebih tenang

    Tentu saja ketiak sebuah pekerjaan kita lalaikan alias ditunda-tunda untuk dikerjakan akan menjadi beban dan membuat kamu tidak tenang. Ketika melakukan aktivitas lain, kamu merasa masih memiliki beban belum dikerjakan. Karena itulah, sebaiknya kamu memanfaatkan waktu kamu semaksimal mungkin untuk mengerjakan pekerjaan tersebut ketimbang memikirkan hal lain yang menghambat terselesainya pekerjaan kamu.

    Baca Juga : Tanda Bahwa Medsos Sudah Berdampak Buruk Bagi Kehidupanmu

    Mengerjakan pekerjaan sesuai di awal waktu jauh sebelum deadline tentu saja akan membuat kamu lebih lega dan tenang. Ketika dihadapkan dengan waktu deadline itu kamu bisa lebih enjoy dan santai.

    1. Bisa mengerjakan banyak hal

    Semakin cepat kamu menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugas kamu, tentu saja semakin cepat pula kamu terbebas dari beban tugas itu. Sehingganya kamu bisa memanfaatkan sisa waktu kamu untuk melakukan banyak hal dengan santai tanpa ada beban

    1. Santai ketika diberi tugas baru

    Ketika kamu memiliki kebiasaan suka menunda pekerjaan, bisa saja itu berdampak menumpuknya tugas yang di-embankan kepada kamu. Melihat banyaknya tumpukan tugas tersebut kamu bisa kehilangan fokus, apalagi jika tugas itu memiliki topik yang tidak berkaitan. Dampak buruknya kamu akan menghabiskan waktu istirahat kamu untuk mengejar semua deadline tersebut.

    Berbeda halnya jika kamu mengerjakan sesuai waktu tanpa harus menunda, sehingga kamu akan lebih enteng ketika ada tugas baru yang menghampiri. Kamu bisa lebih fokus lagi mengerjakan tugas baru tersebut tanpa adanya rasa stress dikejar deadline.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mencegah menjadi pribadi pemalas

    Sedikit membosankan terkadang ketika menjadi orang yang selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas, seolah tidak ada tantangannya. Namun, mesti kamu ingat bahwa ketika kamu menunda tugas sekali maka tidak menutup kemungkinan itu menjadi kebiasaan untuk tugas lainnya. Tentu saja ini akan sangat buruk sekali, akan banyak tumpukan kerja dan ini juga berpotensi membuat kamu menjadi orang pemalas. Beda halnya jika kamu melakukannya lebih cepat, tanpa disadari kamu telah membiasakan diri untuk menjadi orang yang rajin.

    1. Menjadi pribadi yang dipercaya orang lain

    Tentu saja kamu akan menjadi pribadi dipercaya oleh orang yang memberikan tugas kepada kamu. Ia akan percaya dengan kemampuan kamu bahkan orang lain bisa saja segan dengan ada. Bekerja dengan maksimal sesuai deadline bahkan sebelumnya akan mendatang banyak keuntungan, diantaranya bisa saja bos atau pimpinan menaikan jabatan atau karir kamu meningkat karenanya.

    1. Menjadi pribadi kompetitif

    Seperti di awal kita bahas bahwa di dunia ini banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan menunda pekerjaan. Nah, ketika kamu keluar dari zona ini dengan tidak menunda-nunda pekerjaan tentu saja kamu mampu menjadi pribadi kompetitif. Kamu akan memiliki nilai yang berbeda dari banyak orang.

    Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamu menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Lakukan segala sesuatu sesuai jadwal tugas tersebut diberikan agar kamu bisa lebih maksimal dalam melakukan setiap pekerjaan tersebut. Bagaimanapun keadaannya, tentu pekerjaan tersebut tetap harus dilakukan meskipun kamu menundanya. Untuk itu lebih baik dikerjakan di awal dari pada ditunda-tunda.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Ketika tidak Suka Menunda Pekerjaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar