Tanda Bahwa Medsos Sudah Berdampak Buruk Bagi Kehidupanmu

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Saat ini kita berada pada zaman yang penuh dengan perkembangan teknologi semakin canggih. Tidak hanya itu saja seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, media sosialpun beragam macam hadir yang konon katanya membantu orang dapat terhubung dengan mudah. Memang banyak sekali yang merasakan manfaat dengan hadirnya teknologi dan media sosial ini, dimana ia telah memberikan ragam kemudahan salah satunya menghubungkan orang yang berjauhan.

    Dibalik banyaknya dampak positif tersebut, ternyata banyak juga efek negatif mengenai perkembangan teknologi dan media sosial ini. Bahkan ada orang yang menghabiskan hampir seluruh hidupnya hanya berselancar di dunia maya hingga lupa dengan kehidupan nyatanya.

    Kehadiran media sosial yang awalnya hanya untuk komunikasi kini mengalami perkembangan dan pergeseran fungsi. Dimana medsos kini banyak digunakan oleh orang untuk pamer akan kehidupannya melalui sebuah postingan, bahkan mereka berlomba-lomba dalam hal ini. Ternyata hal ini tanpa disadari sangat berdampa buruk untuk kehidupan kita. Nah sebelum terlanjur kamu terjebak, sebaiknya kenali tanda-tanda bahwa medsos telah memiliki efek negatif dalam hidupmu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dilansir dari Life IDNTimes, berikut tanda-tanda bahwa medsos sudah memberikan dampak buruk untuk kehidupan kamu :

    1. Mulai membandingkan kehidupanmu dengan orang lain

    Ketika kamu sudah menghabiskan banyak waktu di media sosial, tanpa sadar kamu merasa iri dengan postingan orang lain. Dimana mereka memamerkan mengenai kehidupan mereka, makanan, liburan dan hal lainnya yang menyenangkan. Terkadang kamu mungkin memikirkan hal negatof tentang hidup kamu bahwa tidak seberuntung mereka, dan mulai membanding-bandingkan.

    Sebelum kamu terjebak terlalu jauh, kamu harus tahu bahwa tidak semua apa yang dipostingan adalah sesuai dengan kehidupan nyata mereka. Terkadang mereka memposting hal tersebut untuk menutupi ragam masalah yang ia miliki. Untuk berhentilah membandingkan kehidupan kamu dengan mereka.

    1. Kesulitan interaksi secara personal

    Ketika terlalu nyaman dengan kehidupan pada media sosial membuat hubungan kita dengan seseorang di dunia nyata mulai terpisah. Bisa saja anda akan merasa sangat kesepian padahal berada dalam keramaian. Selain itu bisa saja sulit berinteraksi atau berbicara dengan orang lain di dunia nyata bahkan kesulitan komunikasi antar personal. Maka penting sekali kamu waspada ketika merasakan hal ini, gunakanlah media sosial sewajarnya saja jangan sampai kamu lali di dalamnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Hanya merasa diterima ketika postingan disukai

    Ketika postingan kita banyak di like oleh orang tentu saja itu sangat menyenangkan. Karena hidup selalu diwarnai dengan dunia maya dimana ketika orang menglike postingan kamu, kamu pun merasa diterima. Begitu sebaliknya, ketika tidak ada yang like kamu merasa sangat buruk dan tidak dihargai. Sehingga tanpa sadar kamu mengecilkan diri kamu sendiri dengan perasaan tersebut, dimana kesenangan kamu hanya diperoleh berdasarkan jumlah like.

    1. Setelah memposting muncul rasa bersalah

    Mungkin anda sering memposting setiap moment yang anda alami setiap harinya, termasuk kejadian buruk yang menimpa. Namun, setelah mempostingnya kamu merasa bersalah telah memposting hal tersebut. Hal ini mesti kamu waspadai, jangan sampai kamu menggunakan medsos untuk meluapkan semua emosi kamu. Sebaiknya cobalah mencari cara tanpa harus melampiaskannya di medsos, karena bisa saja masalah kamu akan semakin besar ketika di post pada medsos. Sehingga keinginan masalah selesai yang ada kamu semakin stress dengan situasi tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Senang melihat orang lain menderita

    Apabila kamu melihat sebuah postingan terkait teman atau kenalan kamu mengalami musibah, dan terbesit perasaan senang maka berhati-hatilah dalam hal ini. Ini merupakan sebuah petanda bahwa medsos berdampak buruk untuk kamu, karena itu berhentilah sejenak berselancar di media sosial.

    1. Harus mendokumentasikan momen setiap saat di Medsos

    Hal ini mungkin sering kali terjadi saat ini, dimana orang harus memposting setiap momen yang dilakukannya setiap hari. Entah itu terkait menu yang dimakannya, atau ia sedang traveling dan lainnya sebagainya. Nah, jika kamu melakukan hal ini itu tandanya kamu sudah kecanduan dalam bermedia sosial. Selain itu, tidak seharusnya semua momen mesti duplish karena akan berdampak buruk nantinya.

    Nah, itulah beberapa tanda bahwa kehadiran media sosial sudah berdampak buruk untuk kehidupan kamu. Apabila kamu mengalami tanda di atas maka waspadalah, jangan menghabiskan waktu terlalu banyak di media sosial.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanda Bahwa Medsos Sudah Berdampak Buruk Bagi Kehidupanmu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar