Mundur, Wabah Covid-19 Diperkirakan Berakhir Oktober 2020

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM-Prediksi Juni, Indonesia akan kembali bernafas lega bebas dari virus Covid-19 sepertinya masih jauh dari angan-angan. Perkirakan terbaru laboratorium Data Driven Lab Innovation dari Singapore University of Technology and Design (SUTD) wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia diperkirakan berakhir Oktober 2020 mendatang.

    Berdasarkan data prediksi yang diperbaharui pada 5 Mei 2020, laboratorium SUTD memperkirakan wabah Covid-19 di Indonesia akan berakhir pada 7 Oktober 2020. Sementara secara global epidemi ini diprediksi berakhir sepenuhnya pada Desember 2020.

    Beberapa negara lain dikutip dari Okezone,mseperti Amerika Serikat (AS), Swedia, dan Meksiko juga diprediksi melihat akhir wabah Covid-19 pada Oktober. Sedangkan di negara seperti Italia, Inggris, Polandia, dan Singapura akhir wabah diperkirakan terjadi antara pertengahan hingga akhir September. Di Jepang dan Prancis, wabah diprediksi usai pada Agustus 2020.

    Penelitian laboratorium Data Driven Lab Innovation menggunakan model susceptible-infected-recovered (SIR) dan data dari beberapa negara yang diolah oleh kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) untuk memperkirakan kapan wabah Covid-19 akan berakhir. Bergantung pada data terbaru yang diperoleh, dan perubahan skenario di dunia, prediksi tersebut dapat terus berubah.

    SUTD memperingatkan bahwa bahwa model dan data yang mereka gunakan tidak akurat untuk realitas yang kompleks, berkembang, dan heterogen dari berbagai negara.

    Sebuah prediksi pada dasarnya tidak pasti, dan harus dipandang secara hati-hati. Optimisme berlebihan berdasarkan perkiraan tanggal akhir adalah sikap berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol, serta dapat menyebabkan penyebaran kembali virus dan infeksi, dan harus dihindari.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mundur, Wabah Covid-19 Diperkirakan Berakhir Oktober 2020
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar