Ratusan Pengungsi Rohingya Nikmati Iftar dari Dermawan Indonesia

Daftar Isi

    Foto: Ramadan ini, ACT kembali menyapa pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh. Ratusan paket iftar disajikan menemani waktu berbuka puasa mereka.

    Lancang Kuning, ROHINGYA -- Lantunan doa dan zikir yang dipimpin oleh salah satu pengungsi Rohingya terdengar begitu lantang. Azan magrib telah berkumandang di sekitar wilayah Kamp Balukhali dan Kamp Kutupalong, Cox’s Bazar, Bangladesh. Tetap menerapkan jarak fisik, ratusan pengungsi Rohingya segera menyantap makanan dari masyarakat Indonesia yang tersedia di depan mereka. Anak-anak hingga orang dewasa mengikuti kegiatan iftar bersama yang diselenggarakan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT).

    Baca Juga: Terharu, Bocah 9 Tahun Sumbang Uang di Celengan untuk Bantu Pemerintah

    Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Responses (GHR) – ACT mengatakan, iftar bersama pengungsi Rohingya telah berlangsung selama 5 hari dan berlanjut hingga akhir Mei mendatang.

    “Para penerima manfaat dari anak-anak hingga orang dewasa. Dalam sehari, sebanyak 220 orang dari Kamp Kutupalong dan 110 orang dari Kamp Balukhali yang menerima bantuan iftar ini,” Tambah Firdaus. Sejak konflik besar di Myanmar pada 2017, warga Rohingya mengungsi dan menjalani Ramadan di Kamp pengungsian Cox’s Bazar, yang saat ini menjadi rumah bagi jutaan pengungsi Rohingya. Ini merupakan Ramadan ketiga bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh.

    Baca Juga: Dokumen Rahasia Besar China Soal Virus Corona Terbongkar

    Para pengungsi Rohingya di Bangladesh masih bertahan dalam keterbatasan, ditambah saat ini mewabahnya Covid-19. Dikutip dari RFI.com, pemerintah Bangladesh telah melakukan karantina total untuk wilayah kamp-kamp pengungsian warga Rohingya. Hanya pasokan makanan darurat dan layanan medis yang dapat beroperasi di kamp-kamp pengungsian.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Melalui distribusi paket iftar, ACT berbagi kebahagiaan Ramadan dari masyarakat Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Firdaus berharap bantuan ini dapat meringankan beban mereka, terutama saat Ramadan yang hadir di masa pandemi Covid-19.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Yuk tingkatkan kedermawanan sobat melalui tautan: https://bit.ly/IftharRamadhanUntukRohingya

    Atau melalui rekening a.n Aksi Cepat Tanggap
    BNI Syariah 66 6000 0460
    Mandiri Syariah 6666 7777 68

    Kunjungi: pekanbaru.indonesiadermawan.id untuk ragam program kemanusiaan baik lokal,nasional hingga global.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ratusan Pengungsi Rohingya Nikmati Iftar dari Dermawan Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar