Terharu, Bocah 9 Tahun Sumbang Uang di Celengan untuk Bantu Pemerintah

Daftar Isi

    Foto: Hafidz, bocah 9 tahun sumbangkan celengan untuk COVID-19. (Instagram Ridwan Kamil)

    Lancang Kuning, JABAR – Hafidz, bocah SD berusia 9 tahun, berinisatif untuk menyumbangkan seluruh uang jajan yang sudah ia kumpulkan untuk membantu pemerintah menangani virus corona atau COVID-19. Padahal, kehidupan ekonomi keluarganya juga ikut terdampak.

    Bocah lelaki ini merupakan anak seorang pedagang bakso. Sumbangan yang semuanya berupa uang koin tersebut dikumpulkan dalam kaleng bekas makanan lalu diserahkan ke Polsek Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

    Baca Juga: Dokumen Rahasia Besar China Soal Virus Corona Terbongkar

    Kisah inspiratif ini turut diunggah oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di akun Instagram-nya. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini memuji perbuatan bocah tersebut yang lebih memilih untuk menengadahkan tangannya di atas ketimbang tangan di bawah.

    "Semoga keteladanannya menjadi inspirasi anak-anak seusianya yang lebih mampu dan menginspirasi para dewasa lebih peduli. Sungguh, akhlaknya benar-benar mencerminkan namanya. Ia sudah hafidz dalam ukhuwah insaniyah," ujar @ridwankamil, dikutip VIVA, Selasa 5 Mei 2020.

    Baca Juga: Sebelum Meninggal, Didi Kempot Galang Donasi Corona Rp7,5 M

    Nah, jika kamu juga berniat untuk berdonasi, aplikasi finansial OY! Indonesia turut membuka pintu donasi melalui aplikasinya kepada setiap pengguna dan masyarakat luas.

    "Saat ini semua pihak sudah sewajarnya membantu pemerintah untuk mengatasi dampak sosial yang terjadi karena COVID-19, berbagai gerakan kecil dapat menghasilkan kebaikan besar terutama di bulan Ramadhan ini," ujar CEO OY! Indonesia, Jesayas Ferdinandus, melalui keterangan tertulis.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Untuk itu, OY! bekerja sama dengan tiga lembaga kemanusiaan di Indonesia untuk menyalurkan donasi kepada mereka yang paling membutuhkan. Ketiga lembaga kemanusiaan tersebut antara lain:

    BAZNAS

    Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS dengan gerakan #BantuCegahCorona akan menyalurkan donasi kepada tenaga kesehatan, keluarga yang membutuhkan, dan fasilitas publik.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Setiap donasi yang masuk ke rekening BAZNAS akan digunakan untuk keperluan pencegahan virus corona seperti penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, pencucian karpet masjid dan musala, pembagian hand sanitizer, serta pemberian Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis.

    Amanah Foundation

    Melalui gerakan #FlattentheCurve, Amanah Foundation mengajak masyarakat dengan meratakan laju penyebaran virus corona. Donasi yang masuk melalui Amanah Foundation akan disalurkan untuk membantu kebutuhan dasar keluarga yang berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) COVID-19.

    Selain itu, bantuan APD seperti masker, hand sanitizer, dan lain-lain, serta kebutuhan nutrisi untuk tenaga medis, satpam, petugas kebersihan, logistik yang harus tetap bekerja, juga turut didistribusikan.

    AKSI CEPAT TANGGAP (ACT)

    Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan campaign#BersamaLawanCorona juga membantu pengguna OY! untuk menyalurkan bantuan. Donasi yang terkumpul akan ditujukan untuk berbagai pertolongan terkait pandemik seperti Operasi Pangan Gratis (sedekah makan, air minum, dan beras gratis), bantuan untuk petugas kesehatan, hygiene kit, hingga pemeriksaan kesehatan secara mobile.

    Fitur donasi yang telah dibuka sejak minggu pertama April 2020 ini, akan terus dibuka OY! Indonesia selama pandemi COVID-19 dan disalurkan secara rutin kepada ketiga lembaga kemanusiaan tersebut. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Terharu, Bocah 9 Tahun Sumbang Uang di Celengan untuk Bantu Pemerintah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar