Klasifikasi Produk Migas

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Pembagian dari produk migas sangat banyak. Dan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari bahkan, menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat kita tinggalkan contohnya seperti bahan bakar untuk kendaraan kita dan juga gas untuk memasak. Keduanya memiliki banyak jenis lain. Contoh dari produk gas ialah elpiji. Kata ini tentunya tidak asing bagi kita.

    Elpiji ialah salah satu gas yang banyak digunakan orang untuk keperluan memasak dan keperluan lainnya. elpiji sendiri memiliki penjelasan sebagai gas yang berasal dari alam. Karena berasal dari alam tentunya gas ini masih alami. Gas ini termasuk kedalam gas minyak bumi. Elpiji sendiri juga memiliki banyak ragam. Seperti elpiji yang berasal dari sebuah campuran.

    Kemudian terdapat elpiji propan. Dan terakhir ialah elpiji buatan. Selain memiliki ragam yang banyak elpiji memiliki sejumlah fungsi yang tidak dapat ditinggalkan. Bukan hanya gas saja yang memiliki banyak ragam. Namun, bahan bakar yang ada pada kendaraan kita juga beragam jenisnya. Bahan bakar yang paling sering digunakan dan dikenal ialah bensin.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bensin pada motor kendaraan kita menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat kita lepaskan. Bensin kendaraan sendiri ialah sejumlah campuran yang rumit serta terdiri dari beberapa senyawa di dalamnya. Seperti hidrokarbon dan lainnya.  Bahan bakar untuk kendaraan dibagi menjadi beberapa mulai dari bahan bakar migas untuk motor kemudian migas untuk penerbangan dan lainnya.

    Cntoh migas untuk mesin kendaraan bermotor seperti bensin premium, kemudian bensin super, selanjutnya terdapat bensin premix, bensin prima, dan juga terdapat bensin petro. Sedangkan untuk migas penerbangan sendiri terdapat beberapa macam.   Mulai dari grade 80, kemudian grade yang 100, dan terakhir ilah grade yang 100 LL. Setiap grade tersebut memiliki warna yang berbeda, dimulai dari grade 80.

    Grade ini memiliki warna yang merah, kemudian terdapat grade yang berwarna hijau. Grade inilah yang bernama grade 100, dan terakhir terdapat grade yang memiliki warna biru grade inilah yang dinamakan dengan grade100 LL. Beberapa grade tersebut ialah bensin yang digunakan pesawat untuk penerbangan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Bensin yang digunakan untuk penerbangan sendiri ialah sebuah campuran dari senyawa hidrokarbon. Baik untuk mesin mobil, mesin pesawat terbang adalah mesin torak empat langkah berbeda dengan mesin dari sepeda motor.  Kedua mesin ini dinyalakan dengan busi. Mesin dari pesawat terbang ada yang ukurannya kecil menyerupai sebuah mesin dari mobil, namun ada juga mesin dari pesawat terbang yang ukurannya cukup besar sehingga terlihat sangat jauh berbeda.

    Bensin sebagai salah satu dari ragam migas memiliki keterbatasan tersendiri. Keterbatasan tersebut antara lain ilah jumlah yang tidak banyak. Mengapa jumlah dari bensin dikatakan tidak banyak. Hal tersebut dikarenakan, bensin termasuk kedalam migas yang asalnya alami.

    Dan migas yang berasal dari alam tentunya memiliki batasan. Jika penggunaannya berlebihan maka suatu saat bahan bakar migas ini akan habis. Oleh karena itu banyak yang mencari alternatif lain untuk mengatasi masalah ini. Elain bahan bakar dengan gas terdapat lagi jenis dari migas yakni minyak bakar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Minyak bakar sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam. Contoh minyak bakar yang sering digunakan ialah distilat, biasanya minyak ini digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih besar lagi seperti kebutuhan untuk sebuah industri digunakan distilat berat.

    Kemudian pembagian migas yang terakhir terdapat minyak pelumas. Minyak ini sendiri berasal dari dalam bagian dari sebuah minyak mentah. Minyak ini sendiri memiliki sejumlah manfaat dan fungsi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga minyak ini selalu dibutuhkan. Salah satu manfaat dari minyak ini ialah untuk dapat melumasi dua benda yang saling bergesekan maupun saling bergeseran. Migas ialah singkatan dari minyak dan juga gas. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Klasifikasi Produk Migas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar