Perbedaan Fabrikasi Dan Manufaktur

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Fabrikasi adalah istilah industri yang mengacu pada manipulasi bahan baku (seperti baja) untuk membuat mesin dan struktur. Layanan perakit diperlukan untuk membangun bagian-bagian dari sistem kerja dan kemudian selama proses produksi, peningkatan, dan kegagalan fungsi juga mungkin memerlukan keterampilan membangun perakit tersebut.

    Fabrikasi adalah proses membangun produk dengan menggabungkan bagian-bagian standar yang biasanya menggunakan satu atau lebih proses individu. Misalnya, fabrikasi baja adalah produksi struktur logam menggunakan berbagai proses seperti memotong, menekuk dan merakit.

    Fabrikasi logam sering kali akan membentuk rakitan lengkap yang terbuat dari rakitan rakitan kecil untuk digunakan dengan bagian standar yang tersedia. Ini dicapai dengan desain dengan bantuan komputer (CAD) yang sering diprogram menggunakan teknologi kontrol numerik komputer (CNC) yang berkomunikasi langsung dengan mesin di lantai pabrik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dengan menggunakan teknologi ini, standar kualitas produksi meningkat dan majelis berkualitas tinggi diproduksi. Ini memastikan waktu ereksi baja yang lebih akurat dan lebih cepat di lokasi, yang sangat penting dalam produksi volume tinggi, mengurangi biaya bagi pelanggan melalui pemanfaatan material yang lebih baik dan waktu perakitan yang lebih cepat.

    Alpha Manufacturing memiliki tim ahli desain, yang berpengalaman dalam membuat prototipe yang dirakit sepenuhnya untuk penandatanganan sebelumnya. Ini, di samping akses ke teknologi mesin dan peralatan terbaik, memberikan pelanggan kami ketenangan pikiran dan produk akhir yang dibuat dengan ahli. Beberapa bidang keahlian meliputi:

    • Berbagai unit balkon pra-rakitan untuk apartemen yang baru dibangun
    • Ruang utilitas modular
    • Sasis gerobak bertenaga
    • Komponen mini dumper
    • Lemari server komputer komersial
    • Terminal layar sentuh terintegrasi

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Manufaktur adalah proses mengubah bahan baku menjadi produk jadi. Pada dasarnya, itu menghasilkan sesuatu dari awal hingga akhir. Sektor manufaktur melibatkan produksi skala besar dengan menggunakan mesin, peralatan dan proses kimia / biologis. Kursus yang harus dijalani bahan baku sebelum dianggap sebagai produk akhir. Ada banyak sektor berbeda yang termasuk dalam kategori ini, termasuk:

    • Pakaian
    • Bahan kimia
    • Peralatan elektronik dan listrik
    • Logam buatan
    • Makanan dan sejenisnya
    • Kulit
    • Kayu dan kayu
    • Pemurnian minyak bumi
    • Percetakan dan penerbitan

    Alpha Manufacturing mampu menawarkan proses awal hingga akhir yang sesuai dengan hampir semua persyaratan lembaran logam. Dari desain hingga pemesinan CNC, perakitan hingga pengiriman, layanan lengkap tersedia.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Di sini, pembuatan katakanlah untuk mis. baja struktural adalah proses menghasilkan struktur akhir dari bahan baja dengan menggabungkan bahan baku sesuai sarana operasi industri skala besar. Seluruh proses pembuatan lebih disukai hanya untuk menghasilkan baja struktural.

    Sekarang, Fabrikasi, di sisi lain, adalah proses di mana Anda menyatukan berbagai bagian baja struktural standar yang diproduksi. Bagian-bagian tersebut kemudian dilas, dirakit, atau 'dibuat' bersama. Dengan demikian, seluruh proses fabrikasi dianggap untuk membuat struktur baja, mesin, dan komponen lainnya yang terbuat dari baja struktural.

    Jadi, dalam jangka waktu relatif manufaktur dapat dirujuk ke pembuatan struktur baja sementara fabrikasi dapat menjadi bagian dari proses pembuatan seluruh struktur baja struktural.

    Tujuan pembuatan adalah untuk membuat bagian-bagian baja yang dapat dengan mudah dirakit dan kemudian dibuat bersama. Sedangkan tujuan fabrikasi adalah untuk menciptakan komponen dan struktur baja struktural yang kuat dan tahan lama.

    Mari kita ambil contoh lain dari 'pembuatan kapal' untuk memahami perbedaan antara proses. Mari kita asumsikan bahwa perusahaan mengimpor suku cadang untuk kapal pengiriman dan mengumpulkannya untuk membuat kapal jadi. Sekarang, proses produksi kapal / kapal lengkap yang dilakukan oleh perusahaan ini dapat dianggap sebagai proses fabrikasi. Di sini, perusahaan tidak membuat kapal dari awal. Oleh karena itu, seluruh pengembangan manufaktur dilakukan di pabrik lain di mana bagian-bagian untuk kapal ini dibuat menggunakan bahan baku.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Fabrikasi Dan Manufaktur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar