Alat dan Bahan Kerja Elektromekanik yang terbuat dari Bahan Non Logam

Daftar Isi

    Lancang Kuning Non Logam merupakan suatu kelompok dari unsur kimia yang bersifat elektronegatif, yaitu lebih mudah menarik elektron valensi dari atom lain dari pada melepaskannya. Beberapa hal yang termasuk non logam yaitu halogen, gas mulia, dan 7 unsur sebagai berikut yaitu hidrogen (H), karbon ( C), nitrogen (N), oksigen (O), fosfor (P), belerang (S), dan selenium (Se).

    Bahan non logam yang penting sebagai bahan teknik ataupun bahan kerja elektromekanik dapat digolongkan sebagai berikut yaitu bahan pelumas yang terdapat pada minyak dan gemuk, bahan bakar padat, cair, dan gas. Bahan paking yaitu perapat cairan dan perapat gas. Bahan isolasi yaitu terdapat pada isolasi panas, isolasi listrik, dan isolasi getar. Bahan asah, bahan las, karet, plastik, dan lain-lain.

    Bahan-bahan non logam alami yang terdapat pada kerja elektromekanik antara lain sebagai berikut:

    1. Kaca

    Kaca merupakan suatu zat yang terdapat pada bahan tanah kersik dalam bentuk pasir kuarsa (SiO2), mempunyai campuran soda, potas, batu kapur, dan timah hitam. Menurut bentuknya terdapat beberapa kaca seperti kaca transparan, kaca pundar (trans culeut), kaca pemulangan, kaca cermin, dan kaca liat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kaca memiliki beberapa ciri-ciri yang unik yaitu kerapatan zat nya yang besar, pada suhu biasa kekerasannya bisa membesar, sangat rapuh, bidang patahan nya terlihat kilatan yang kuat, kaca tidak dapat larut dalam air, sangat tahan terhadap asam apapun, terdapat gas dan uap, kaca merupakan penghantar panas dan listrik yang tidak baik. Berapa kaca untuk keperluan rumah tangga yaitu penyekat antara dua ruangan, bahan isolasi dalam teknik listrik, bagian kendaraan.

    1. Keramik

    Keramik merupakan bahan padat anorganik non logam. Pada dasarnya, bahan baku dari keramik ini merupakan tanah liat seperti kaolin dan serisit. Keramik ini tidak akan dapat menyerap air, dapat pecah dengan mudah, tahan getaran mekanis dan perubahan temperature. Keramik merupakan senyawa logam atau non logam yang mempunyai ikatan atom ionik dan kovalen, ikatan ionik dan kovalen menyebabkan keramik mempunyai titik lebur yang sangat tinggi dan bersifat isolator.

    Jenis keramik porselin dipakai sebagai isolator dan sekring, jenis stetit dipakai sebagai bahan isolasi pada alat pemanas seperti setrika, solder, sakelar dan busi. Keramik terdiri dari keramik tradisional yang disusun oleh tanah liat, silika dan feldspar misalnya: bata, ubin, atap genteng dan porselen, serta keramik murni atau teknik disusun oleh senyawa murni.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Karet

    Karet adalah polimer dari satuan isoprena atau politerpena yang pada umumnya tersusun dari lima ribu hingga sepuluh ribu satuan yang terdapat pada rantai tanpa cabang yang terkandung pada lateks pohon penghasilnya. Pada suhu normal, karet tidak berbentuk (amorf). Pada suhu rendah karet akan mengkristal, dengan meningkatnya suhu, karet akan mengembang, pada penurunan suhu karet tidak mengembang akan kembali seperti semula. Inilah alasan mengapa karet terdapat sifat elastik.

    1. Bahan Paking (Perapat)

    Pada dasarnya, bahan yang biasa digunakan untuk perapat ruangan yang berisi fluida, yaitu zat cair atau gas. Perapatan nya dibedakan atas dua jenis yaitu:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Perapat statis, berfungsi merapatkan bagian yang tidak bergerak terhadap satu sama lain, seperti paking tutup silinder head, dan karter.
    2. Perapat dinamis, berfungsi merapatkan bagian-bagian yang bergerak terhadap satu sama lain. Perapat dinamis ini meliputi alat perapat pada gerakan bolak-balik dan alat perapat pada bagian yang berputar terhadap satu sama lain.

    Bahan-bahan paking dibedakan dalam kelompok bukan metalik, setengah metalik, dan metalik. Pada bahan paking bukan metalik, terdapat pada alat perapat statis yang terdiri dari kertas, fiber, gabus, dan klingerit. Pada bahan paking setengah metalik meliputi alat perapat statis karet dengan kasa tembaga, tersedia dalam bentuk palet. Pada bahan paking metalik, terdapat pada alat perapat statis yang terbuat dari baja, tembaga, loyang, timbel, aluminium, dan nikel. Bahan ini digunakan dalam bentuk gelang persegi panjang, bulat, bulat telur, berbentuk lensa, atau bentuk lainnya.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alat dan Bahan Kerja Elektromekanik yang terbuat dari Bahan Non Logam
    Sangat Suka

    10%

    Suka

    30%

    Terinspirasi

    10%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    30%

    Komentar