Morfologi Gigi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Morfologi dari gigi antara lain tersusun atas susunan dari gigi seri, kemudian gigi taring, gigi graham depan, dan gigi graham. Pembagian dari beberapa jenis gigi tersebut ada karena, jenis-jenis gigi tersebut berbeda antara satu sama lain. Walaupun terdapat empat yang disebutkan barusan. Sebenarnya, gig terdiri dari tiga macam saja yaitu gigi seri, taring dan graham. Karena, gigi graham menjadi dua bagian maka gigi jenisnya dibagi menjadi 4 macam pula.

    Gigi graham terbagi atas gigi graham yang terdapat didepan dan gigi graham yang terdapat di belakang. Dan gigi tersebut memiliki sebutan masing-masing. Gigi graham depan memiliki sebutan lain yakni premolar. Sesuai dengan namanya gigi ini terletak didepan gigi graham belakang. Sedangkan, gigi graham belakang memiliki sebutan lain sebagai molar.

    Letaknya berada dibelakang dari gigi graham depan. Setiap jenis dari gigi tersebut memiliki ciri serta sebutan lain. Seperti gigi seri yang memiliki sebutan incisor. Jenis gigi ini memiliki fungsi serta manfaat untuk dapat memotong makanan. Kemudian terdapat gigi taring yang memiliki sebutan kaninus. Gigi ini memiliki manfaat serta berguna untuk mengoyak makanan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dan gig graham yang memiliki sebutan sebagai molar. Gigi ini memiliki manfaat serta peran untuk dapat mengunyah makanan yang telah dipotong dan dikoyak oleh gigi sebelumnya. Manusia pada umumnya memiliki jumlah gigi sebanyak 32 buah. Namun, sewaktu kecil gigi manusia hanya berjumlah sebanyak 20 buah saja.

    Sewaktu kecil struktur yang dimiliki dari gigi manusia ialah 20 buah yang terdiri dari 8 buah gigi seri, kemudian 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi graham. Sedangkan, untuk susunan gigi untuk dewasa ialah terdiri dari 32 buah. Tersusun atas, 8 buah gigi seri, kemudian 4 buah gigi taring, selanjutnya 8 buah gigi graham depan, dan terakhir ialah 12 buah gigi graham belakang. Sewaktu kecil gigi memiliki sebutan sebagai gigi susu, setelah dewasa nama tersebut menjadi gigi tetap.

    Gigi sendiri merupakan bagian pada tubuh manusia yang terbentuk dari tulang. Dan disebut dengan dentin atau tulang gigi. Gigi kita tersusun atas mahkota gigi yang letaknya diatas gusi. Gusi sendiri ialah. Selain, mahkota gigi dengan gusi terdapat lagi akar gigi dan email yang memiliki warna putih.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Email sendiri tersusun atas fluor, kemudian kalsium, dan terakhir ialah fosfat yang termasuk kedalam penyusun email. Kemudian di dalam gigi terdapat rongga dan rongga tersebut dinamakan dengan rongga gigi. Rongga gigi ini memiliki pembuluh saraf serta darah di dalamnya. Email, tulang gigi dan rongga dari gigi termasuk kedalam bagian mahkota gigi.

    Kemudian terdapat akar gigi, selanjutnya terdapat yang namanya foramen apikal. Dan terakhir terdapat semen gigi. Gigi termasuk kedalam mekanisme pencernaan manusia karena, gigi berperan dalam mengolah makanan secara mekanis. Yakni memotong, kemudian mengoyak dan mengunyah makanan.

    Gigi memiliki peran yang penting dalam mencerna makanan. Hal ini dikarenakan gigi memiliki peran awal sebagai penghalus makanan. Dengan demikian makanan yang telah halus tadi akan berlanjut ke organ pencernaan lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Gigi memiliki peran yang cukup penting karena memudahkan organ lain untuk mencerna makanan yang telah diproses oleh gigi.  Hal yang menyebabkan gigi disebut sebagai alat pencernaan mekanis ialah disebabkan dari kemampuan gigi untuk dapat memotong makanan, kemudian mengoyak makanan, dan terakhir ialah mengunyah makanan.

    Karena kemampuan gigi untuk dapat melakukan ketiga hal tersebutlah maka, gigi disebutkan sebagai alat pencernaan makanan secara mekanis. Karena gigi memiliki peran yang penting maka gigi perlu perawatan yang baik. Gigi yang baik serta sehat di dalamnya terdapat sejumlah kalsium, kemudian fluor, dan fosfat yang cukup agar gigi tetap terjaga kualitasnya. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Morfologi Gigi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar