Festival Menongkah Kerang, Tradisi Unik Dari Kepulauan Meranti

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Satu lagi kekayaan tradisi yang di Bumi Lancang Kuning, yaitu Festival Menongkah kerang. Festival Menongkah kerang adalah tradisi unik yang berasal dari Kepulauan Meranti, Riau. Festival ini merupakan bentuk pembudidayaan tradisi unik yaitu menongkah kerang yang dilakukan oleh warga setempat. Menongkah kerang dinilai unik karena dilakukan di lautan lumpur dengan menggunakan sekeping papan.

    Menongkah sendiri berarti teknik menangkap kerang di pinggir pantai yang berlumpur. Papan digunakan sebagai tumpuan badan untuk dapat bergerak dengan mudah di atas lautan lumpur. Kaki sebelah sebagai tumpuan dan kaki yang satu lagi digunakan sebagai pendorong papan. Alhasil menongkah seperti kegiatan berselancara di atas lumpur. Sangat unik bukan?

    Saat ini Festival menongkah kerang telah memasuki tahun ke-4. Dan jangan salah, ketika Festival berlangsung tidak sedikit wisatawan mancanegara yang datang untuk menyaksikannya. Karena potensi wisata inilah Pemerintah ingin terus melestarikan Festival ini, selain agar budaya unik ini tidak tenggelam ditelan zaman, Pemerintah juga berharap Festival unik ini dapat menjadi Wisata Budaya unggulan di Provinsi Riau.

    (Ylz)

    Sumber : Dari berbagai sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Festival Menongkah Kerang, Tradisi Unik Dari Kepulauan Meranti
    Sangat Suka

    66%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar