Imbas Covid-19, Mahasiswa Jepang Diwakili Robot Saat Wisuda

Daftar Isi

     
    Foto: Robot manusia yang bisa mewakili mahasiswa Jepang untuk Wisuda

    Lancang Kuning, JAKARTA - Gara-gara penyebaran virus corona yang begitu cepat dan luas di seluruh dunia, banyak sekolah dan universitas yang harus menerapkan pembelajaran jarak jauh.

    Tak hanya sekolah, kegiatan wisuda yang jadi momen paling ditunggu bagi setiap mahasiswa pun terancam keberlangsungannya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Namun, sebuah universitas di Jepang tetap menjalankan wisuda. Para lulusan bisa mengikuti wisuda tersebut diwakili oleh robot-robot.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kejadian unik ini terjadi di Business Breakthrough University di Tokyo, Jepang. Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (11/4/2020), robot-robot rupanya dipakai sebagai avatar oleh para wisudawan agar mereka bisa menghadiri upacara wisuda secara virtual.
     

    Baca Juga: 1.599 Narapidana Riau Bebas, Tapi Ada Syaratnya

    Salah satu wisudawan, Kazuki Tamura, menceritakan kisah ini. "Saya rasa, ini benar-benar pengalaman yang baru, menerima sertifikat kelulusan di tempat umum, sementara saya berada di rumah," kata Tamura.

    Robot yang dipakai untuk mewakili para wisudawan ini diciptakan oleh ANA Holdings dan bernama Newme. Para robot ini juga diberi topi dan jubah wisuda untuk mewakili mahasiswa yang lulus.

    Baca Juga: Meluncur dari China, Satelit Nusantara Dua Indonesia Gagal Mengorbit

    Tak hanya itu, robot-robot ini juga memiliki tablet yang menampilkan wajah siswa yang diwakilinya.

    Hal di atas bisa dibilang unik dan menarik. Meski begitu, ini bukan pertama kalinya upacara wisuda diadakan di Jepang saat wabah virus corona.

    Awal bulan lalu, sebuah sekolah dasar mengadakan upacara kelulusan gim Minecraft. Di mana, saat itu para siswa hadir dengan tampil sebagai avatar virtual dalam gim ini. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Imbas Covid-19, Mahasiswa Jepang Diwakili Robot Saat Wisuda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar