Perbedaan Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Arsitektur Komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. beberapa hal yang dipelajari pada arsitektur komputer diantaranya adalah set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

    Organisasi Komputer merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Perbedaan

    Arsitektur Komputer :

    Arsitektur Komputer merupakan sebuah konsep di dunia komputer yang membahas tentang perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan sebuah blueprint dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat-perangkat keras yang telah didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).

    Implementasi dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan, terutama dalam hal bagaimana CPU tersebut akan bekerja, dan mengenai cara akses data dan alamat dari dan menuju memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari penerapan arsitektur komputer ini diantaranya adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.

    Arsitektur komputer juga dapat diartikan sebagai sebuah ilmu dan juga sekaligus seni mengenai suatu cara agar tiap-tiap komponen pada perangkat keras saling terkoneksi untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsionallitas, kinerja, dan target biayanya.

    Arsitektur komputer mempelajari hal-hal mengenai atribut – atribut pada sistem komputer yang berhubungan dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi program logika menjadi sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

     

    Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:

    1.    Set instruksi (ISA)

    2.    Arsitektur mikro dari ISA, dan

    3.    Desain dari seluruh komponen di dalam perangkat keras komputer tersebut.

     

    Macam-macam arsitektur komputer

    Pada pembahasan mengenai arsitektur komputer, arsitekturnya dibagi  klasifikasinya, disini kita akan membahas klasifikasi arsitektur komputer menurut Von Neumann dan Flyyn. Apa saja klasifikasinya?

    Klasifikasi Komputer Menurut Von Neumann

    -Memiliki hardware dasar yang merupakan hardware wajib dari komputer yaitu CPU, Memori dan Input Output sistem.

    -Komputer merupakan stored program.

    -Bisa menjalankan instruksi secara berurutan.

    Baca juga : Perangkat Eksternal / Peripheral

    -Memiliki jalur (bus) atau topologi bus yang letaknya diantara memory dan CPU.

    Klasifikasi Komputer Menurut Flyyn

    -Jumlah prosesor yang digunakan.

    -Struktur memory.

    -Jumlah program yang bisa dijalankan.

    Organisasi Komputer

    Adalah bagian-bagian yang berkaitan erat dengan perangkat-perangkat operasional yang saling terkoneksi antar komponen-komponen penyusun sistem komputer dalam mewujudkan aspek arsitekturnya. Contoh aspek operasional pada perangkat komputer adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.

    Organisasi komputer lebih cenderung pada kajian-kajian mengenai hal yang berhubungan dengan atribut–atribut pada sistem komputer yang berhubungan erat dengan seorang programmer. Beberapa kajian-kajian yang dibahas pada ilmu organisasi komputer diantaranya adalah set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

    Sebagai contoh dari penerapan keilmuan organisasi komputer adalah apakah suatu komputer perlu memiliki set instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah set instruksi pengalamatan tersebut akan dimanfaatkan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache tertentu adalah kajian organisasional.

    Jika organisasi komputer mempelajari bagian-bagian yang berkaitan erat dengan unit-unit pengoperasian komputer dan hubungannya antara komponen sistem komputer,dan interkoneksinya yang mewujudkan spesifikasi arsitektural

    Baca juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    Perbedaaan Utamanya

    Organisasi Komputer :

    –Bagian yang berhubungan erat dengan unit – unit operasional komputer

    –Contohnya dapat kita lihat pada teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem             memori, dan sinyal – sinyal control

    Arsitektur Komputer :

    –Atribut – atribut sistem komputer yang berkaitan erat dengan seorang programmer

    –Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar