Perbedaan Asam, Basa dan Garam

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Perbedaan dari ketiga zat tersebut dapat kita ketahui dari penjelasan berikut. Dimulai dari asam, asam ialah zat yang dapat membuat rasa asam. Asam sendiri dapat dibagi lagi menjadi 3 jenis seperti asam organik, asam anorganik dan juga asam mineral.

    Ketiganya terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Seperti asam organik yang terbagi menjadi asam tartrat, sitrat, maleat, askorbat, asetat, dan asam benzoat. Asam yang satu ini bisa terdapat pada beberapa jenis tumbuhan dengan hewan. Asam barusan ialah asam yang terdapat dari beberapa jenis tumbuhan. 

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Berikutnya asam organik yang terdapat dari beberapa jenis hewan, contoh dari asam jenis ini seperti, asam format atau sering disebut asam semut. Berikutnya asam yang dihasilkan dari sengatan lebah. Berikutnya bakteri, tidak hanya hewan dan tumbuhan saja bakteri juga dapat menghasilkan asam. Setelah, asam organik asam berikutnya ialah asam anorganik.

    Asam bukan organik ini ialah asam yang asalnya tidak dari makhluk hidup. Contoh dari asam bukan organik ini ialah, asam nitrat, klorida, fosfat, dan asam sulfat yang biasanya terdapat dalam aki mobil. Asam jenis ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan asam yang organik. Asam organik tidak akan menimbulkan bahaya bagi kita sedangkan, asam yang bukan organik justru dapat berbahaya.

    Karena jika asam bukan organik ini mengenai kulit maka kulit kita kemungkinan akan mengalami iritasi. Oleh sebab itulah kita perlu berhati-hati dalam menggunakannya.  Dan terakhir terdapat asam mineral, asam ini ialah bentuk asam yang berasal dari mineral. Asam ini juga disebut dengan asam bukan organik.

    Berikutnya terdapat basa, basa ialah bentuk zat yang menimbulkan suatu reaksi dengan asam, kemudian reaksi tersebut akan membentuk senyawa yang bernama garam. Sifat yang dimiliki dari zat ini ialah pahit dan juga licin.

    Untuk dapat mencari tahu sifat tersebut kita tidak boleh mencicipi benda tersebut karena dapat berbahaya. Contoh dari zat ini biasanya terdapat pada, beberapa jenis pupuk, sabun yang keras, dan beberapa jenis obat-obatan.

    Baca juga : Peranan Protista Dalam Kehidupan Sehari Hari

    Asam tersebut diantaranya natrium hidroksida, alumunium hidroksida, kalsium hidroksida dan juga amonium hidroksida. Saat zat basa dicampurkan dengan air maka, akan membentuk yang namanya larutan basa. Terakhir ialah senyawa garam. Garam sendiri ialah hasil dari kombinasi antara basa dengan asam, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

    Garam terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Seperti garam netral, garam basa, dan juga garam asam. Ketiganya memiliki penjelasan tersendiri dimulai dari garam netral. Garam jenis ini ialah garam yang terjadi dan terbentuk dari kombinasi asam yang kuat dengan basa kuat. Sesuai dengan namanya sifat dari garam ini ialah netral.

    Berikutnya terdapat garam basa, garam jenis ini terbentuk dari kombinasi basa yang kuat dengan asam lemah. Dan terakhir ialah garam asam, garam jenis ini terbentuk dari gabungan basa yang lemah dengan asam kuat. Ketiganya saling berkaitan walaupun memiliki perbedaan. Dari penjelasan-penjelasan diatas dapat diketahui perbedaan yang dimiliki dari setiap zat dan senyawa tersebut.

    Dimulai dari asam, yang memiliki ciri rasa yang asam dan indikator dari kadar pH nya dibawah atau kecil dari 7, berikutnya sifat yang dimiliki basa ialah rasanya yang pahit dan pH yang dimilikinya diatas 7. Sedangkan, garam sendiri ialah sifatnya ditentukan dari hasil kombinasi atau reaksi yang terjadi dari basa dengan asam.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Garam dapat menjadi garam yang netral karena, terbentuk antara dua zat yaitu basa kuat dengan asam kuat. Dan garam tersebut bisa menjadi garam asam bergantung pengaruh dari kombinasi asam yang kuat dengan basa yang lemah. 

    Dan sebaliknya, garam tersebut dapat menjadi garam basa, karena pengaruh basa yang kuat dan juga asam lemah. Ketiganya memiliki perbedaan tersendiri dan saling terhubung satu sama lain. Ketiganya juga sering kita lihat dan jumpai dalam kehidupan sehari-hari. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Asam, Basa dan Garam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar