Jenis Jenis Kesetimbangan Benda Tegar

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Pernahkah teman –teman memperhatikan benda yang bergerak karena diberi gaya, atau adanya tekanan? Dan apakah teman – teman pernah mengamati mengapa hal tersebut dapat terjadi? Dibangku sekolah dulu jika teman – teman ingat kita pernah diberikan pelajaran mengenai gaya.

    Ada banyak benda yang dapat bergerak setelah diberi gaya, kita ambil salah satu contohnya seperti lemari. Lemari tidak akan mungkin dapat bergerak jika kita tidak mendorongnya kan? Jadi kita memberi gaya dorong pada lemari tersebut. Mengapa benda tidak dapat bergerak? Ya pasti karena benda seperti lemari itu adalah benda mati, benda yang tidak bisa melakukan apapun kecuali dibantu oleh tenaga kita manusia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Sebenarnya kita didunia ini diciptakan untuk saling melengkapi dan saling membantu, bayangkan saja jika tidak ada benda – benda yang dapat kita gunakan untuk kebutuhan sehari – hari, kita juga tak bisa berbuat apa – apa. Begitu juga dengan benda mati itu, apa artinya sebuah ponsel jika tidak ada manusia yang dapat menggunakannya? Baiklah, kembali ke topik. Judul artikel kali ini mungkin sedikit berbeda dari judul yang pernah saya bahas sebelumnya.

    Teman – teman tahu tidak apa itu benda tegar? Sudah pernahkah membahas tentang benda tegar dibangku sekolah? Atau teman – teman baru mendengar tentang judul ini? Baiklah, saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai benda tegar ini dan juga jenis – jenisnya. Semoga artikel membantu dan menambah pengetahuan kita  semua.

    Benda yang tidak mengalami perubahan wujud atau bentuk fisik saat diberi gaya disebut benda tegar. Bab tentang benda tegar ini dipelajari dalam ilmu fisika, jadi terdapat rumus juga didalamnya, pasti teman – teman SMA pernah mempelajari ini. Jika teman – teman memiliki soal ataupun pekerjaan rumah mengenai benda tegar ini, teman – teman dapat mulai memahami konsep – konsep benda tegar dan mulai memahami rumusnya, lalu teman – teman bisa mempraktikkannya.

    Ada banyak benda disekitar kita, apa saja benda yang termasuk atau yang memiliki prinsip seperti benda tegar? Kita akan mengetahui nya setelah kita membahas jenis – jenisnya.

    Kesetimbangan benda tegar ini, terbagi menjadi :

    1. Kesetimbangan Stabil

    Ini merupakan salah satu bentuk kesetimbangan benda tegar yang dimana jika suatu benda diberikan gaya ataupun digerakkan, maka ia akan kembali pada posisi awal. Jadi, ia tidak mengalami perubahan posisi setelah diberi gaya. Apa contohnya?

    Baca juga : Hukum Hukum Termodinamika

    Misalnya saatkita letakkan kelereng didalam sebuah mangkok kosong, lalu kita menggoyang – goyangkan mangkok tersebut, maka kelereng didalamnya pun akan ikut bergerak kesana kemari, tetapi ia akan kembali ke posisi awal, saat kita meletakkan kelereng tersebut.

    2. Kesetimbangan Labil

    Kenapa dikatakan labil? Mungkin hal ini ada kaitannya dengan pengertian ataupun pendefinisian kesetimbangan ini. Labil berarti tidak tentu dan tidak tetap. Jadi, benda yang diberikan gaya walau hanya sedikit maka ia akan langsung berpindah dari posisi awalnya.

    Contohnya seperti kelereng yang diletakkan di atas sendok tetapi sendok berada dalam posisi terbalik. Coba kita goyangkan sendok sedikit saja, pasti kelereng akan berpindah dan bahkan bisa saja jatuh. Kurang lebih begitu lah contoh dari kesetimbangan labil.

    3. Kesetimbangan Netral

    Ialah kesetimbangan yang mana suatu benda jika diberi gangguan sedikit, tidak akan merubah titik pusatnya. Contoh nya bola yang diletakkan dilantai, bola itu tidak akan mengubah titik berat lantai meski bolanya ditendang sekalipun. Adapun dalam kehidupan sehari – hari, contoh kesetimbangan benda tegar dapat kita lihat pada benda – benda berikut, diantaranya yaitu  neraca.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Materi tentang fisika seperti ini biasanya cenderung membahas tentang contoh soal dan rumus – rumus. Terus terang saya tidak terlalu menyukai fisika, dan saya sendiri juga belum pernah menyelesaikan soal mengenai bab ini. Jika teman – teman ingin mengetahui bagaimana rumus dan penyelesaian dari soal cerita tentang bab ini, maka teman – teman dapat mencari materi di google. Pasti ada banyak situs yang menyediakan artikel yang teman – teman minta.

    Saya rasa artikel hari ini cukup, maaf jika terdapat kesalahan pengetikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman – teman. Sekian.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Jenis Kesetimbangan Benda Tegar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar