Tidak Mudik, Pemerintah Bakal Siapkan Hadiah untuk Masyarakat

Daftar Isi

     

    Foto: Ilustrasi Mudik

    Lancang Kuning, JAKARTA - Pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah pengamanan sosial dalam mengupayakan masyarakat agar tidak mudik. Bahkan, pemerintah telah menyiapkan 'hadiah' kepada masyarakat yang tidak melakukan mudik lebaran.

    "Intinya sudah disiapkan insentif bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta berupa kebutuhan pokok dan yang lainnya," ungkap Deputi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi Ridwan Jamaludin dalam video conference, Kamis (2/4), seperti melansir IDN Times.

    1. Keputusan final soal mudik masih digodok

    Ridwan mengungkapkan, pemerintah terus melakukan pembahasan terkait larangan mudik. Dalam waktu dekat, keputusan final tersebut rencananya akan segera diumumkan.

    Dia pun mengatakan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak ingin kebijakan tersebut sepotong-sepotong. "Saya melihat gak spesifik mudik. Kita harus melihat fenomena eksodus orang-orang ke luar Jakarta," ujarnya.

    2. Pemerintah menegaskan saat ini belum ada larangan mudik kepada masyarakat

    Berdasarkan hasil ratas sementara, lanjut Ridwan, pemerintah saat ini belum melarang mudik kepada masyarakat. Namun, upaya pengendalian akan secara intensif dilakukan guna mencegah penularan penyakit ke daerahnya masing-masing.

    "Cara yang lain memastikan mereka yang pulang bersih lah. Implementasinya secara tepat adalah jaga jarak. Bis jagang penuh sesak, kereta jangan. Jalanan lancar. Itu masih akan dibahas detailnya," jelas dia.

    3. Tiga skenario mudik akan disiapkan pemerintah

    Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait tengah menggodok opsi kebijakan untuk tidak mudik lebaran tahun 2020 guna mencegah penyebaran virus corona baru atauCOVID-19.

    Dalam kesempatan tersebut, Jodi mengungkapkan ada tiga skenario yang dibahas oleh kementerian terkait, ihwal mudik 2020. Pertama, bussines as usual, artinya mudik lebaran seperti dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Kedua, meniadakan mudik gratis oleh perusahaan. Ketiga, skenario pelarangan mudik.

    "Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada Presiden," kata Jodi. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tidak Mudik, Pemerintah Bakal Siapkan Hadiah untuk Masyarakat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar