2 Bulan Lockdown, Kini Pasar Wuhan Kembali Jual Daging Kelelawar, Nggak Kapok Dengan Wabah Corona?

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Virus corona telah mewabah di 200 negara di dunia, termasuk Indonesia.
     Hingga Selasa (31/3/2020) pukul 16.21 WIB, jumlah pasien kasus corona di dunia mencapai 789.218 kasus.

    Angka ini bertambah hampir 65.000 kasus sejak Senin sore pukul 15.31 WIB. Dari 785.797 orang yang positif terinfeksi Covid-19, 38.090 di antaranya meninggal dunia dan 166.441 telah dinyatakan sembuh.

    Di Indonesia, Pada Selasa (31/3/2020) sore, pemerintah mengumumkan jumlah orang yang terinfeksi virus corona mencapai 1.528 kasus positif.

    Sementara jumlah pasien meninggal tercatat 136 orang dan sembuh 81 orang. Diketahui, Pasar Huanan di Kota Wuhan, China disebut sebagai awal munculnya Virus Corona atau Covid-19.

    Setelah dua bulan lockdown, kini pasar Huanan di Wuhan China mulai beroperasi dan kembali menjual hewan liar, seperti kelelawar, ular, anjing, tikus dan lainnya.

    Padahal pasar seafood Huanan di Wuhan, China merupakan tempat pertama kali dimana virus corona muncul pada Desember.

    Virus corona mulai menyebar dan menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia. Sehingga pemerintah China terpaksa menutup pasar Wuhan pada Januari 2020. Di bulan Februari, pemerintah juga menyatakan larangan pada perdagangan dan konsumsi hewan liar.

    Bahkan seluruh China saat itu juga lockdown hingga 2 bulan lamanya. Namun setelah dinyatakan tidak ada kasus virus corona yang baru di negaranya, pasar Huanan kembali menjual hewan-hewan liar.

    Pasar Huanan Disebut Pusat Sumber Virus Corona
    Pasar Huanan Disebut Pusat Sumber Virus Corona (South China Morning Post)
    Saksi mata mengklaim kerumunan besar turun ke pasar dalam ruangan di Guilin, China barat daya, dan Dongguan, China selatan, ketika mereka dibuka kembali kemarin.

    Banyak daerah di China telah merayakan "kemenangan" atas virus corona.

    Bisnis yang sebelumnya ditutup karena wabah corona pun kembali dibuka untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu.

     Seperti dilasir intisari-online.com dari Dailystar, Minggu (29/3/2020), kegiatan itu disaksikan oleh koresponden Mail on Sunday, yang menggambarkannya sebagai "sangat meresahkan".

    Koran itu melaporkan bahwa tampaknya tidak ada upaya yang dilakukan untuk mencegah wabah di masa mendatang dengan meningkatkan standar kebersihan.

    Di Dongguan, kelelawar yang terkait dengan wabah Covid-19 bahkan diiklankan oleh penjual obat. Pemerintah telah mengumumkan pada penduduk China untuk kembali menjalani kegiatan secara normal. Hal itu dilakukan setelah hanya ada sejumlah kecil infeksi baru yang dilaporkan.

    Koresponden yang tidak disebutkan namanya yang berbasis di Tiongkok itu mengatakan, "Semua orang di sini percaya wabah telah berakhir dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

    "Itu hanya masalah di luar negeri sekarang sejauh yang mereka khawatirkan."

    Dan di Dongguan, mereka menyatakan, satu-satunya perubahan adalah bahwa penjaga menghentikan orang-orang mengambil gambar.

    "Pasar telah kembali beroperasi dengan cara yang persis sama seperti yang mereka lakukan sebelum virus corona," kata mereka.

    Beberapa bulan lalu, pasar di Wuhan benar-benar ditutup setelah kasus-kasus awal corona diidentifikasi berasal dari daerah itu.

    Lebih dari 665.000 orang telah terinfeksi di seluruh dunia, dengan Spanyol, Italia, AS dan Inggris di antara negara-negara yang paling parah terkena dampaknya.

    Setidaknya 30.900 orang diketahui telah meninggal. Bagaimana Wuhan Kini Bisa Bernapas Lega? Pandemi virus corona yang melanda berbagai penjuru dunia kini sudah masuk ke Indonesia.

    Sejak akhir Februari lalu, virus corona mulai terdeteksi di Indonesia dan hingga kini masih terus menelan korban.

    Kini pemerintah Tanah Air sedang menggalakkan social distancing atau physical distancing dan menutup sejumlah fasilitas umum.

    Sementara Indonesia sedang berkutat dengan virus corona, Wuhan di Provinsi Hubei Tiongkok. Seperti yang diketahui, Wuhan diduga adalah kota pertama tempat virus corona "menginvasi".

    Bahkan Kota Wuhan juga menjadi yang pertama kali melakukan lockdown agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

     

    Sumber : 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 2 Bulan Lockdown, Kini Pasar Wuhan Kembali Jual Daging Kelelawar, Nggak Kapok Dengan Wabah Corona?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar