Persiapan Sebagai Maba Sebelum Mulai Kuliah

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Tidak terasa tahun ajaran baru perkuliahan akan segera dimulai, dimana kita lihat beberapa perguruan tinggi sudah memulai proses penerimaan mahasiswa baru. Bahkan beberapa jalur tes untuk memasuki perguruan tinggi sudah ada yang dilaksanakan. Dan ini tinggal hitungan bulan bagi kamu yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kamu mungkin akan menjadi mahasiswa baru dan memulai kehidupan baru.

    Bagi kamu yang hendak memasuki dunia perkampusan tentu saja akan ada beberapa perbedaan nantinya kamu hadapi. Terutama lingkungan dan proses belajar yang mungkin akan jauh berbeda dengan waktu kamu duduk di bangku sekolah. Pada perguruan tinggi kamu lebih dituntut untuk mandiri, dan harus lebih aktif serta kreatif. Kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman baru dan dosen agar bisa bertahan.

    Belum lagi jika kamu melanjutkan ke kampus yang jauh dari orang tua, tentu saja itu akan terasa asing di awal-awal. Beberapa keadaan mungkin di awal perkulihan akan berat dan bisa saja kamu kaget dengan situasi tersebut. Nah, untuk sebelum kamu memulai kehidupan baru agar kamu tidak kaget maka ada beberapa hal mesti kamu persiapkan sebelum mulai kuliah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut beberapa hal yang mesti kamu persiapkan sebelum mulai kuliah :

    1. Mengurus dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan terkait perkuliahan

    Berkaitan administrasi ini memang terkadang terkesan gampang dan remeh, namun jika kamu mengabaikannya saja tentu saja akan membuat kamu repot sendiri. Administrasi bisa dikatakan memiliki petan sangat penting dalam berbagai hal, dan penting sekali kamu memperhatikannya secara baik. Administrasi yang lengkap, tentu akan melancarkan perkuliahan nantinya. Jangan sampai di awal perkuliahan kamu hanya disibukan dengan administrasi ini sedangkan teman kamu yang lain sudah sibuk dengan perkuliahan.

    1. Rutin mengunjungi situs resmi kampus

    Sebagai mahasiswa baru yang belum tahu banyak informasi dan kehidupan di kampus, agar tidak tertinggal setiap info yang ada kamu harus rajin membuka situs resmi kampus. Dengan rutin melihat situs ini kamu akan memperoleh informasi seputar perkuliahan baik itu waktu daftar ulang, mulai kuliah, informasi beasiswa serta persyaratan mesti kamu penuhi demi kelancaran perkuliahan nantinya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Mengali informasi tentang kehidupan di kampus

    Sebagaimana sudah dijelaskan di atas bahwa lingkungan atau dunia perguruan tinggi tentu saja sangat berbeda dengan lingkungan sekolah. Baik itu dari segi akademik maupun sosialnya, kamu harus bisa beradaptasi secara baik demi kelancaran perkuliahan. Untuk itu penting bagi kamu untuk mencari informasi secara lengkap yang ada hubungannya dengan perkuliahan. Informasi yang kamu kumpulkan tersebut bisa saja berupa informasi dosen yang mengajar, sistem pembelajaran hingga sistem penilaian.

    1. Konsultasi dengan Senior dan Mahasiswa Satu Jurusan

    Selain sering mengunjungi situs kampus untuk mendapatkan informasi terkait perkuliahan ini kamu juga bisa bertanya kepada senior-senior pada jurusan kamu, selain itu juga bisa bertanya kepada teman. Dengan sering bertanya dan berkonsultasi kepada orang yang sudah berpengalaman tentu saja kamu akan bisa mendapatkan banyak informasi dan pengalaman mereka agar kamu semakin bisa mempersiapkan diri menghadapi perkuliahan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mensurvei lokasi serta mencari kost

    Nah, tips ini cocok sekali untuk kamu yang menyandang status mahasiswa rantau, yaitu menempuh pendidikan yang jauh dari orang tua. Sebelum memulai perkuliahan penting sekali mencari kost-kostan yang lokasinya dekat dengan kampus. Hal ini tujuan agar memudahkan kamu ke lokasi perkuliahan serta kemungkinan kamu terlambat juga akan terminimalisir.

    1. Siapkan perlengkapan kuliah

    Ini sebenarnya sama saat kamu di bangku sekolah yaitu menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan kuliah. Mulai dari alat tulis seperti binder, pena, tip-x, tas dan hal lainnya. Selain itu pakaian juga mesti kamu perhatikan agar kamu tidak salah nantinya. Jangan sampai di awal perkuliahan kamu terlihat aneh oleh orang yang melihat karena pakaian kamu, dan alat tulis ini penting sebagai senjata kamu bertempur.

    Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebagai mahasiswa menjelang memulai perkuliahan. Persiapan yang matang tentu saja akan membuat kamu semakin mudah menghadapi lingkungan kampus nantinya.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Persiapan Sebagai Maba Sebelum Mulai Kuliah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar