1.600 WNI di Luar Negeri Terkena Imbas Virus Corona 

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Covid-19 

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengatakan bahwa wabah 1.600 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri terkena imbas wabah virus corona yang melanda dunia.

    Baca Juga: Anies Tunjuk 4 Hotel BUMD Jadi Tempat Tinggal Tenaga Medis Corona

    "Sejauh ini sebagai info, bahwa lebih dari 1.600 kasus yang dihadapi WNI macam-macam, yang telah diberikan perwakilan kita di luar negeri," ujar Retno dalam pertemuan virtual G20 pada Kamis (26/3).

    Retno kemudian menjelaskan bahwa para WNI tersebut terkena dampak karena banyak negara menghentikan sementara penerbangan internasional, menerapkan lockdown hingga karantina demi mencegah penyebaran virus corona.

    Baca Juga: 59 Jemaat Gereja Tewas Minum Dettol demi Cegah Corona

    Seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri pun terus memantau dan siap memberikan bantuan bagi WNI yang terkena imbas wabah Covid-19 ini, termasuk anak buah kapal.

    "Karena WNI banyak yang bekerja di kapal yang pada saat ini dengan beberapa kasus positif di kapal akan berdampak," tutur Retno, seperti melansir CNN Indonesia. 

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Dalam kesempatan tersebut, Retno juga kembali menjabarkan pernyataan Presiden Joko Widodo dalam forum G20 yang menekankan kerja sama untuk memenangkan dua peperangan sekaligus, yaitu melawan Covid-19 dan pelemahan ekonomi dunia.

    "Dari pertemuan ini, tadi akan dikeluarkan leaders statement yang akan dibagi dalam 4 hal, yaitu upaya mengurangi pandemi, saveguard ekonomi global, address disrupsi perdagangan, dan perkuat kemitraan global," ucap Retno.

    Foto: Mentri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (Wikipedia)

    Merujuk pada data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per Kamis (25/3), tercatat 41.179 kasus infeksi virus corona secara global. Dari keseluruhan angka tersebut, 18.440 di antaranya meninggal dunia.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Di Indonesia sendiri, virus corona telah menjangkiti 893 orang, 78 di antaranya meninggal dunia, sementara 35 lainnya sembuh. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 1.600 WNI di Luar Negeri Terkena Imbas Virus Corona 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar