Anatomi Sistem Pencernaan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Setiap makhluk hidup memiliki yang namanya sistem pencernaan. Meskipun bentuk serta fungsinya berbeda-beda. Namun tujuannya tetap sama yakni untuk mengolah atau mencerna makanan agar dapat dijadikan sebagai sumber tenaga atau energi. Baik manusia maupun makhluk hidup seperti hewan memiliki sebuah sistem pencernaan.

    Sistem pencernaan sendiri memiliki penjelasan yakni sebuah skema atau struktur pengolahan makanan yang terjadi secara berulang-ulang. Sistem memiliki arti sebuah kegiatan yang berlangsung atau terjadi secara terus-menerus dan berulang. Sedangkan, pencernaan ialah suatu kegiatan untuk menghancurkan makanan atau mengolah makanan yang kemudian akan diubah menjadi sumber tenaga.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Bagian-bagian tubuh manusia yang menjadi bagian dalam sistem pencernaan ialah sebagai berikut ini. Yang pertama dari bagian sistem ini ialah mulut. Mulut menjadi tempat menghancurkan makanan pertama, didalam mulut terdapat gigi, lidah, dan beberapa enzim yang membantu proses untuk menghancurkan atau mencerna sebuah makanan. Selanjutnya setelah mulut terdapat bagian kedua yang bernama kerongkongan.

    Kerongkongan menjadi bagian sistem pencernaan yang merupakan sebuah saluran yang berguna agar makanan dapat segera dihancurkan di tahap selanjutnya. Kerongkongan akan meneruskan makanan yang belum maksimal diolah oleh mulut. Kerongkongan akan meneruskan makanan tersebut kedalam lambung. Lambung menjadi bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran penting agar makanan dapat hancur serta dapat diubah menjadi sebuah sumber tenaga atau energi.

    Perbedaan dari lambung dengan organ yang sebelumnya seperti mulut dengan kerongkongan ialah kegiatan mengolah makanan yang dilakukan oleh lambung dilakukan dengan dua cara yaitu kimiawi dan mekanik. Hal tersebut dapat diketahui dari cara mengolah makanan yang dilakukan mulut dengan kerongkongan. Kerongkongan dan mulut mengolah atau mencerna makanan secara mekanik.

    Baca juga : Struktur Kontrol Pada Pemrograman PHP

    Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa, lambung merupakan bagian yang penting dalam mencerna makanan.  Selanjutnya yang menjadi bagian dari sistem pencernaan ialah usus. Usus menjadi bagian dalam organ pencernaan yang fungsinya juga penting untuk mengolah atau mencerna makanan. Dalam organ ini terdapat beberapa enzim yang membantu untuk dapat mengolah atau mencerna makanan.

    Usus sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis. Yang pertama terdapat usus yang bernama usus halus. Kemudian terdapat usus yang bernama usus besar. Setiap bagian dalam sistem pencernaan memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Dan setiap bagian tersebut penting. Meskipun beberapa organ memiliki kelebihan dari organ yang lain, bukan berarti organ atau bagian yang lainnya tersebut tidak diperlukan.

    Setiap bagian dari organ memiliki peran serta fungsi yang terhubung satu sama lain. Dengan kata lain, proses mencerna makanan tidak akan berjalan atau bekerja dengan baik jika salah satu bagian dari sistem tersebut mengalami masalah. Dengan kata lain setiap bagian dari sistem tersebut saling terhubung dan membutuhkan satu sama lainnya. jika salah satu bagian mengalami masalah maka bagian yang lainnya juga akan terkena masalah atau dampaknya.

    Selain beberapa organ tersebut masih terdapat organ yang lainnya seperti hati, pankreas, dan juga empedu. Setiap bagian tersebut juga saling terhubung dan memiliki fungsi tersendiri yang membantu proses untuk mengolah atau mencerna makanan agar dapat diubah menjadi sebuah sumber energi atau tenaga. Sistem pencernaan menjadi sesuatu yang penting bagi makhluk hidup.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan,  sistem ini menjadi cara agar makanan yang didapatkan dapat diubah menjadi sebuah sumber energi atau tenaga. Dengan mengubah makanan menjadi sebuah sumber tenaga maka, makhluk hidup dapat terus beraktivitas dan berkembang.

    Sumber tenaga menjadi sebuah faktor yang dapat mengendalikan aktivitas makhluk hidup. Oleh karena itu, untuk mendapatkannya diperlukan makanan sebagai sumber energi atau tenaga. Namun, makanan tersebut tidak akan berubah menjadi sumber tenaga jika tidak ada sistem ini.

    Dengan demikian, jika sistem ini tidak berjalan dengan baik maka aktivitas makhluk hidup tersebut akan terganggu, atau tidak berjalan dengan baik.  Makanan adalah hal penting yang selalu dibutuhkan agar dapat menjadi sumber tenaga baik untuk manusia maupun untuk makhluk hidup yang lainnya. Begitu juga dengan sistem pencernaan, ia sesuatu yang penting dan bukan hanya manusia saja yang memilikinya tetapi juga makhluk hidup yang lainnya.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Anatomi Sistem Pencernaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar