Perbedaan Thread Dan Proses

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Mungkin diantara kalian belum mengetahui perbedaan dari sebuah thread dan proses, thread adalah pengatur di dalam sebuah program yang nantinya sebuah data akan di proses dan akan diatur sesuai dengan kegunaannya yang nantinya tidak akan memberhentikan proses yang lainnya.

    Aplikasi java terdiri dari satu atau lebih utas yang menjalankan kode Java. Keseluruhan proses JVM terdiri dari utas Java dan beberapa utas internal JVM, misalnya satu atau lebih utas pengumpul sampah, utas pengoptimal kode dan satu atau lebih utas finalizer. Dari sudut pandang sistem operasi, utas Java sama seperti utas aplikasi mana pun.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Penjadwalan utas ditangani oleh sistem operasi, serta prioritas utas. Secara konseptual, gagasan utas tidak sulit untuk dipahami: ini adalah jalur eksekusi yang independen melalui kode program. Ketika beberapa utas dijalankan, satu jalur utas melalui kode yang sama biasanya berbeda dari yang lain.

    Sebagai contoh, misalkan satu utas mengeksekusi kode byte ekivalen dari pernyataan if-else's jika bagian, sedangkan utas lain mengeksekusi setara kode byte dari bagian lain Bagaimana JVM melacak eksekusi setiap utas? JVM memberikan masing-masing utas tumpukan panggilan metode sendiri. Selain melacak instruksi kode byte saat ini, tumpukan metode-panggilan melacak variabel lokal, parameter yang dilewati JVM ke metode, dan nilai pengembalian metode.

    Ketika beberapa utas menjalankan urutan instruksi byte-kode dalam program yang sama, tindakan itu dikenal sebagai multithreading. Multithreading menguntungkan program dalam berbagai cara Program berbasis GUI (antarmuka pengguna grafis) multithreaded tetap responsif kepada pengguna saat melakukan tugas lain, seperti repaginating atau mencetak dokumen .

    Program berurutan biasanya selesai lebih cepat daripada program yang tidak dibaca. Ini terutama berlaku untuk utas yang berjalan pada mesin multiprosesor, di mana setiap utas memiliki prosesor nya sendiri.Java menyelesaikan multithreading melalui kelas java. lang. Thread. Setiap objek Thread menggambarkan satu utas eksekusi. Eksekusi itu terjadi dalam metode run () Thread.

    Karena metode run () default tidak menghasilkan apa-apa, Anda harus mensubclass Thread dan menimpa run () untuk menyelesaikan pekerjaan yang bermanfaat .Setiap utas juga memiliki tumpukan, yang digunakan untuk menyimpan data runtime. Tumpukan utas memiliki ukuran tertentu. Jika sebuah thread mencoba untuk menyimpan lebih banyak item pada stack daripada yang diizinkan oleh ukuran stack, thread tersebut akan melemparkan kesalahan stack overflow.

    Baca juga : Apa Itu Overloading Dan Overriding Pada Java

    Sedangkan proses adalah Memahami sebenarnya lebih masuk akal untuk disebut 'kedudukan setara'. Karena, ketika Anda melihat proses belajar bagaimana sesuatu bekerja, melihat dan menyadari secara spesifik bagaimana fungsinya, semua hubungan yang terlibat, apa efek samping / konsekuensi / hasil yang akan terjadi jika Anda mengubah bagian dari hubungan - dalam untuk contoh bagaimana bagian tertentu dari sistem uang bekerja, seperti infrastruktur listrik --- sebelum Anda memahami infrastruktur listrik Anda sebenarnya 'kurang dari' itu.

    Yang bisa Anda lakukan hanyalah mengamatinya. Anda tidak memiliki kemampuan untuk Mengarahkannya. Tetapi ketika Anda Melihat cara kerjanya dalam semua fungsinya, arus keluar, efek samping, hubungan, asal-usul - maka Anda dapat berdiri Setara dengan itu - itu menjadi sesuatu yang Anda bisa Arahkan. Dan, prinsip 'berdiri sejajar dengannya' ini berlaku untuk setiap bagian dari diri kita dan realitas kita.

    Pikiran kita, tubuh fisik kita, sistem dunia, alam, dll. Alasan mengapa kita misalnya merasa 'tidak berdaya' untuk mengubah sistem dunia / sistem ekonomi - adalah semata-mata karena kita belum berdiri setara dengan sistem melalui pemahaman bagaimana itu berfungsi - memahami dan melihat semua Hubungan yang terlibat antara Manusia, Hewan, Alam dalam Sistem - untuk melihat apa yang keluar / hasil / efek samping yang merupakan produk dari Hubungan ini, dan dalam hal ini dapat melihat bagaimana Mengubah Hasil melalui perubahan hubungan - melihat cara Mengarahkan sistem.

    Proses adalah blok bangunan mendasar dari semua organisasi, dan keduanya proses pemahaman dan perbaikan proses merupakan urat nadi dari organisasi berkualitas total. Proses mengubah input, yang dapat mencakup tindakan, metode, dan operasi, ke dalam keluaran. Mereka adalah langkah-langkah dimana kita menambah nilai, danitu harus menjadi tujuan organisasi yang berfokus pada pelanggan, kualitas total, agar hasil ini memuaskan atau melebihi kebutuhan dan harapan pelanggan mereka.

    Semua yang kita lakukan adalah proses, apakah itu didokumentasikan atau tidak, dan di setiap area atau fungsi dari sebuah organisasi ada banyak proses yang terjadi. Proses-proses ini berinteraksi dengan proses lain di seluruh organisasi, sebagai output dari satu proses membentuk input ke yang lain. Seperti yang ditunjukkan pada diagram di bawah ini, karena itu setiap proses adalah bagian dari proses yang lebih besar dan organisasi besar dan kecil dapat dipandang sebagai jaringan kompleks proses interkoneksi, level tertinggi adalah organisasi itu sendiri. Perbedaan thread dan proses dapat dilihat dibawahini :

    1. Proses

    • Adalah sebuah program yang di kerjakan
    • Masing-masing mempunyai alamat IP
    • Adanya komunikasi saat melakukan beberapa proses
    • Memerlukan waktu yang lama untuk menunggu proses selesai
    • Hanya proses turunan yang dapat di jalankan

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. THREAD

    • Sebuah jalan dalam melakukan proses kontrol
    • Memerlukan waktu yang singkat dalam memproses sebuah data
    • Akses yang dimiliki mudah di dalam menjalankannya
    • Satu akses mempunyai alamat IP yang sama menyeluruh
    • Juga dapat berkomunikasi antara proses yang berjalan.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Thread Dan Proses
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar