Konsep Polimorfisme Dengan Overloading Dan Overriding

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui apa itu polimorfisme dengan overloading dan overriding. Apa itu Polimorfisme? Overriding atau Overloading? Polimorfisme Dengan Overloading Dan Overriding

    Perbedaan yang sama antara Polimorfisme dan Overloading. Yah, mereka bukan dua hal yang berbeda, Polimorfisme adalah berorientasi objek atau konsep OOPS seperti Abstraksi, Enkapsulasi atau Warisan yang memfasilitasi penggunaan antarmuka dan memungkinkan program Java untuk mengambil keuntungan dari pengikatan dinamis. Polimorfisme juga merupakan suatu cara di mana suatu Tipe dapat berperilaku berbeda dari yang diharapkan berdasarkan pada jenis Obyek yang ditunjuknya. Overloading dan overriding adalah dua bentuk Polimorfisme.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Konsep overloading dan overriding diterapkan pada metode. Karena polimorfisme secara harfiah berarti mengambil banyak bentuk, Jadi, meskipun Anda memiliki nama metode yang sama dalam hal kelebihan dan penggantian, metode sebenarnya yang disebut dapat berupa salah satu dari banyak metode dengan nama yang sama. Mari kita lihat beberapa detail lebih lanjut tentang metode overloading dan overriding untuk memahami bagaimana polimorfisme terkait dengan overloading dan overriding dan Bagaimana mereka berbeda.

    Polimorfisme vs Overridding

    Overriding adalah bentuk polimorfisme yang digunakan untuk secara dinamis mengikat metode dari subclass sebagai respons terhadap pemanggilan metode dari objek kelas bawah yang dirujuk oleh tipe superclass. Metode overriding diikat menggunakan pengikatan dinamis.

    Misalkan Anda memiliki dua metode ukuran () di kedua kelas dasar dan kelas turunan dan variabel kelas Dasar menunjuk ke objek yang kebetulan merupakan objek subclass saat runtime maka metode dari subclass akan dipanggil, yaitu metode yang diganti akan dipanggil.

    Hal ini memungkinkan program untuk antarmuka daripada implementasi, prinsip desain OOPS yang populer karena Polimorfisme menjamin untuk menggunakan metode yang benar berdasarkan objek. Metode utama adalah kunci untuk banyak pola desain yang fleksibel. Lihat Apa yang dimaksud dengan metode overriding dan Aturan metode Overriding untuk contoh dan detail lainnya.

    Polimorfisme vs Overloading

    Metode overloading adalah bentuk lain dari Polimorfisme meskipun beberapa orang menentangnya. Dalam kasus overloading, Anda juga mendapatkan beberapa metode dengan nama yang sama tetapi metode tanda tangan berbeda tetapi panggilan untuk memperbaiki metode diselesaikan pada waktu kompilasi menggunakan pengikatan statis.

    Overloading adalah aktivitas waktu kompilasi yang berlawanan dengan Overriding yang merupakan aktivitas runtime. Karena alasan ini overloading lebih cepat daripada metode overriding. Meskipun berhati-hatilah dengan metode kelebihan beban yang menciptakan konflik, mis. metode dengan hanya satu parameter, mis. int dan panjang dll.

    Contoh Polimorfisme

    Perbedaan antara Polimorfisme, Overloading dan Overriding di Jawa dengan Contoh :

    Mari kita lihat contoh singkat Polimorfisme di Jawa. Dalam contoh ini, variabel Pet berperilaku polimorfik karena dapat berupa Kucing atau Anjing. ini juga merupakan contoh dari metode overriding karena metode makeSound () ditimpa dalam subkelas Dog and Cat.

    Baca juga : Pengertian Inheritance Pada Java

    import java.util.ArrayList;

    import java.util.List;

    kelas abstrak Pet {

        public abstrak void makeSound ();

    }

    class Cat extends Pet {

           @Override

        public void makeSound () {

            System.out.println ("Meow");

        }

    }

    class Dog memanjangkan Pet {

       @Override

        public void makeSound () {

            System.out.println ("Woof");

        }

     }

    Mari kita uji Bagaimana konsep Polimorfisme bekerja di Java:

    / **

     *

     * Program Java untuk menunjukkan Apa itu Polimorfisme

     * @autor Javin Paul

     * /

    Polymorphism Demo kelas publik {

        public static static utama (String args []) {

            // Sekarang Pet akan menunjukkan Bagaimana Polimorfisme bekerja di Jawa

            Daftar <Pet> hewan peliharaan = ArrayList baru <Pet> ();

            pets.add (Cat baru ());

            pets.add (Anjing baru ());

               // variabel peliharaan yang merupakan jenis Pet berperilaku berbeda berdasarkan

            // apakah hewan peliharaan itu Kucing atau Anjing

            untuk (Hewan peliharaan: hewan peliharaan) {

                pet.makeSound ();

            }

           }

    }

    Keluaran:

    meong

    Pakan

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi Intinya Metode overloading adalah contoh dari polimorfisme statis, sedangkan metode overriding adalah contoh dari polimorfisme dinamis. Contoh penting polimorfisme adalah bagaimana kelas induk merujuk ke objek kelas anak. Faktanya, objek apa pun yang memuaskan lebih dari satu hubungan IS-A bersifat polimorfik. (Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Polimorfisme Dengan Overloading Dan Overriding
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar