Cara Membuat Larutan Dari Padatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk dapat membuat suatu larutan dari zat padat atau padatan, kita perlu melewati beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut salah satunya dimulai dari pencairan. Larutan sendiri memiliki penjelasan sebagai sekumpulan atau gabungan dari campuran yang bernama homogen dengan satu atau lebih zat lainnya yang telah terlarut dengan baik.

    Dalam tahapan pembuatan larutan dari zat padat atau suatu padatan yang paling dikenal dengan baik ialah pada tahapan pencairan. Pencarian menjadi hal penting untuk membuat suatu cairan atau larutan dari padatan. Pencairan menjadi dasar dalam pembuatan sebuah cairan atau larutan pada zat atau benda yang sifatnya padat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Setelah melewati atau melalui tahap pencairan selanjutnya untuk membuat larutan dari padatan perlu melakukan penggabungan atau mencampurkan beberapa zat tertentu seperti padat, gas, dan juga cair. Dengan melakukan kombinasi dari beberapa zat tersebut dapat membentuk larutan dengan konsentrasi tertentu pada setiap masing-masing zat tersebut. Larutan menjadi suatu kebutuhan yang utama dalam kehidupan sehari-hari.

    Larutan bahkan telah banyak jenis dan penggunaannya untuk kepentingan sehari-hari. Oleh karena itu, pembuatan larutan terus berlanjut. Pembuatan larutan merupakan salah satu bentuk dari penerapan ilmu kimia. Ilmu kimia seperti yang diketahui memiliki beberapa manfaat dan juga beberapa akibat yang dapat berakibat fatal jika salah dalam pembuatan dan penerapannya.

    Meskipun pembuatan dan penerapan dari hasil kimia baik. Masih terdapat beberapa kemungkinan efek samping yang akan dirasakan dari penggunaan bahan-bahan kimia, baik itu bentuknya larutan ataupun padatan. Walaupun efeknya tidak dalam jangka waktu yang cepat. Biasanya efek dari bahan kimia yang digunakan akan berpengaruh atau terjadi untuk waktu jangka panjang.

    Baca juga : Cara Membuat Ebook HTML

    Larutan sendiri terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Larutan dapat menjadi berbentuk suatu padatan, suatu gas, maupun cairan sendiri. Larutan terbagi beberapa macam mulai dari larutan yang encer larutan inilah yang di dalamnya menyimpan sedikit solute. Selanjutnya ada larutan pekat larutan inilah yang menyimpan banyak solute, sifatnya berlawanan dengan larutan encer.

    Larutan terbagi lagi menjadi beberapa macam. Kali ini pembagiannya berdasarkan sifat dari larutan tersebut. seperti yang terdapat pada diatas. Beberapa larutan yang telah dijelaskan diatas termasuk kedalam kategori larutan berdasarkan sifatnya. Masih banyak lagi beberapa jenis larutan berdasarkan sifatnya mulai dari larutan yang bernama telah jenuh dan larutan yang tidak jenuh.

    Larutan yang telah jenuh sendiri memiliki penjelasan yakni larutan yang tidak dapat kita pakai lagi untuk mencampurkan suatu zat yang telah larut atau larutan yang sudah tercampur tersebut sudah mengalami pemadatan. Selanjutnya ada larutan yang tidak jenuh, larutan ini memiliki sifat yang berlawanan dengan larutan yang telah jenuh.

    Larutan yang tidak jenuh ialah larutan yang dapat kita gunakan untuk mencampurkan suatu zat yang telah larut atau tercampur. Atau dapat diartikan sebagai larutan tersebut merupakan larutan yang belum mengalami pemadatan. Terdapat istilah konsentrasi dalam larutan yang artinya ialah suatu cara agar dapat menetapkan suatu takaran dari sebuah larutan dengan cara kuantitas atau kuantitatif.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Konsentrasi sendiri memiliki penjelasan sebagai hasil atau jumlah dari sekumpulan zat yang telah tercampur atau larut, yang ditentukan untuk setiap satuan pencampuran. Larutan atau cairan juga memiliki beberapa komponen. Beberapa komponennya yakni, mulai dari zat yang larut contoh dari zat ini ialah garam. Berikutnya ada komponen zat yang digunakan sebagai pelarut. Contoh dari zat ini ialah air. Berikutnya ada beberapa jenis dari konsentrasi pencampuran.

    Yang pertama yakni molaritas. Kemudian ada molalitas, dan terakhir ialah normal. Ketiga jenis dari konsentrasi tersebut memiliki penjelasannya masing-masing. Mulai dari molaritas, konsentrasi ini bergantung pada mol, kemudian molalitas, konsentrasi ini bergantung pada mol yang dibagikan dengan berat. Dan terakhir normal, konsentrasi ini bergantung pada berat. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat Larutan Dari Padatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    25%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    75%

    Komentar