Fungsi Gerbang Logika  Dasar, Kombinasi Dan Sekuensial

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di perangkat digital apa pun, seperti komputer atau tablet. Anda akan menemukan sejumlah sirkuit digital. Digital Sirkuit dasarnya adalah sirkuit yang beroperasi pada konsep digital 0s dan 1s. Yang berarti mereka menghidupkan atau mematikan. Jadi kita dapat mengatakan bahwa mereka memiliki pekerjaan yang unik untuk mengaktifkan aplikasi logika tertentu.

    Dan apa yang kita maksud dengan logika? Pada dasarnya pengaturan spesifik kode biner. Alhasil, ini digital sirkuit juga dikenal sebagai sirkuit switching. Ada dua jenis utama sirkuit logika digital dalam elektronik digital - sirkuit logika kombinasional dan sekuensial.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Apa itu sirkuit logika kombinasional?

    Sirkuit kombinasional adalah kumpulan dasar gerbang logika. Keluaran mereka hanya bergantung pada input saat ini. Sirkuit kombinasional juga tidak tergantung waktu. Seiring dengan tidak adanya konsep seperti input masa lalu, sirkuit kombinasional juga tidak memerlukan jam. Hasil dari sifat-sifat ini adalah rangkaian sederhana yang mampu menerapkan logika kompleks hanya menggunakan gerbang logika. Contoh yang mudah dipahami adalah penambah penuh.

    Apa sajakah jenis sirkuit logika kombinasional yang berbeda?

    Ada tiga jenis utama dari rangkaian logika kombinasional.

    • Aritmatika dan sirkuit kombinasional logis - Penambah, Pengurang, Pengganda, Pembanding.
    • Sirkuit kombinasional penanganan data - Multiplexer, Demultiplexer, encoder prioritas, decoder.
    • Kode konversi sirkuit kombinasional - Biner ke Abu-abu, Abu-abu ke Biner, Biner ke Kelebihan 3, tujuh segmen, dll.

    Apa itu rangkaian logika berurutan?

    Sirkuit berurutan adalah kumpulan elemen memori. Elemen memori ini adalah sandal jepit. Sirkuit ini mampu "mengingat" data. Oleh karena itu, output rangkaian berurutan tergantung pada input saat ini, serta input masa lalu.

    Selain itu, karena sandal jepit hadir, output dari rangkaian sekuensial juga tergantung pada input jam. Sirkuit ini cukup kompleks. Mereka mampu mengimplementasikan logika kompleks dengan memori. Tambahkan elemen memori dan umpan balik ke sirkuit kombinasional, dan Anda mendapatkan sirkuit berurutan.

    Baca juga : Prinsip Kerja Rangkaian Sekuensial

    Apa sajakah jenis rangkaian logika berurutan?

    • Sirkuit berurutan sinkron– Input jam yang sama menyinkronkan semua elemen memori seperti pada penghitung sinkron.
    • Sirkuit berurutan asinkron - Jam eksternal tidak ada. Namun, input jam menerima input pulsa dari sumber / elemen lain di sirkuit - misalnya, penghitung Asinkron.

    Logika Kombinasional

    Sirkuit Logika Kombinasional dibuat dari logika dasar gerbang NAND, NOR atau NOT yang “digabungkan” atau dihubungkan bersama untuk menghasilkan sirkuit switching yang lebih rumit. Gerbang logika ini adalah blok penyusun sirkuit logika kombinasional. Contoh dari rangkaian kombinasional adalah decoder, yang mengubah data kode biner yang ada pada inputnya menjadi sejumlah jalur output yang berbeda, satu per satu menghasiIkan kode desimaI yang setara pada outputnya.

    Sirkuit logika kombinasional bisa sangat sederhana atau sangat rumit dan sirkuit kombinasional apa pun dapat diimplementasikan dengan hanya gerbang NAND dan NOR karena ini digolongkan sebagai gerbang "universal". Tiga cara utama untuk menentukan fungsi sirkuit logika kombinasional adalah:

    1. AIjabar BooIean - Ini membentuk ekspresi aIjabar yang menunjukkan operasi rangkaian Iogika untuk setiap variabel input, Benar atau Salah yang menghasiIkan output logika “1”.
    2. TabeI Kebenaran - TabeI kebenaran mendefinisikan fungsi gerbang Iogika dengan memberikan daftar ringkas yang menunjukkan semua status keIuaran daIam bentuk tabeI untuk setiap kombinasi variabeI input yang mungkin ditemui oIeh gerbang.
    3. Logic Diagram - lni adalah representasi grafis dari rangkaian Iogika yang menunjukkan kabeI dan koneksi dari masing-masing gerbang Iogika individu, diwakiIi oIeh simboI grafis tertentu, yang mengimpIementasikan rangkaian Iogika.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kondisi pengaturan

    Logika kombinasional diumpankan dengan data baru pada awal interval transparan T1 dan harus menghasilkan hasil yang stabil selambat-lambatnya pada akhir interval transparan berikutnya.

    maks | tsk | ≤Tclk + T1 − maks (tpdlc + tpdc + tsula)

    Sekali lagi, kondisi pengaturan mudah dipenuhi dengan bekerja di Tclk. Relation menunjukkan karakteristik yang lebih menarik. Lebih dari satu periode jam penuh menjadi tersedia untuk logika kombinasional, kecuali jika latch yang tertumpuk, kemiringan jam dan jitter memakan lebih banyak waktu daripada yang disediakan T1.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Gerbang Logika  Dasar, Kombinasi Dan Sekuensial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar