Pusaka Kerajaan Majapahit Dikuasai Amerika Serikat, Ini Potret Penampakannya

Daftar Isi

    LancangKuning.comIndonesia merupakan salah satu negara dengan kebudayaan yang beragam. Dikenal sebagai negara yang kental akan tradisinya, tentu dulu Indonesia sempat melalui fase dipimpin oleh sebuah kerajaan, Majapahit salah satunya.

    Pernah menjadi kerajaan pemimpin di Tanah Air, Majapahit memiliki banyak pusaka dan menyebar di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, terdapat pusaka Majapahit yang dikuasai oleh negara Amerika yang diletakkan pada Museum Metropolitan, New York. Ingin tahu? Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

    Patung Parvati yang Dibeli Amerika

    Terlihat dari video unggahan saluran Youtube Andri Indonesia, beberapa pusaka peninggalan Majapahit yang ada di The Metropolitan Museum of Art 1000 5th Avenue, New York, USA, salah satunya patung Parvati. Dalam video tersebut dijelaskan patung dewi dalam agama Hindu yang merupakan peninggalan Majapahit itu tengah dibeli oleh Amerika pada tahun 2001.

    "Kita mulai dari patung ini, patung ini ternyata sudah ada sejak abad 14, dan telah masuk di sini dan dibeli sejak tahun 2001," ujar Andri.

    Dibeli Seharga Rp630 Miliar

    Saat Andri menanyakan keaslian barang yang ada di Museum tersebut, salah seorang petugas membenarkan bahwa semua barang yang ada adalah asli. Bahkan petugas itu mengungkap bahwa pihak museum membeli barang tersebut dengan harga Rp630 miliar.

    "Excuse me Sir, do you think that's one is real?," tanya Andri.

    "All of here is real. One picture fourty seven million dollars, don't talk. We podcast," jawab petugas.

    Perhiasan Peninggalan Majapahit

    Tak hanya patung Parvati, di Museum Metropolitan, New York itu juga terdapat banyak perhiasan peninggalan Kerajaan Majapahit. Perhiasan yang terbuat dari emas tembaga itu tersusun rapi lengkap disertai dengan keterangan nama masing-masing.

    "Terus kita lihat banyak perhiasan di sini. Ini ada perhiasan dari Majapahit, dan ini kebanyakan dibuat dari emas tembaga dan ada deskripsinya lho di sana. Ada banyak macemnya, jadi ini bukan nama asli ya. Jadi mereka buat sendiri nama dengan bahasa Inggris gitu," jelas Andri.

    Ada Pusaka Pataka Majapahit

    Pusaka Pataka Majapahit merupakan sebuah peninggalan yang tak kalah menarik dari patung Parvati dan juga banyaknya perhiasan oleh kerajaan yang ada di Museum Metropolitan. Pataka tersebut dimuseumkan oleh Samuel Eilenberg Collection pada tahun 1998. Pusaka Pataka Majapahit yang ada antara lain sepertiSang Dwija Naga Nareswara, Sang Hyang Baruna, Sang Hyang Naga Amawabhumi.

    "Ada banyak lho pusaka Majapahitnya ini, kenapa ya kok bisa dimasukkan ke museum ini? Ternyata itu dimasukkan oleh Samuel Eilenberg Collection pada tahun 1998. Tak hanya pataka ini, Sang Dwija Naga Nareswara. Terus yang selanjutnya ini ada Pataka Sang Hyang Baruna, terus lagi yang ini satunya ini adalah Pataka Sang Hyang Naga Amawabhumi," kata Andri menjelaskan.

    Sumber : merdeka.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pusaka Kerajaan Majapahit Dikuasai Amerika Serikat, Ini Potret Penampakannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar