Gejala Gejala Perubahan Fisik Dan Motorik Lanjut Usia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pasien sering memerlukan dukungan paramedis untuk berbagai masalah yang dapat mencakup masalah emosional dan sosial. Masalah psikologis umum yang mempengaruhi pasien yang lebih tua mungkin termasuk, tetapi tidak terbatas pada, kecemasan, depresi, delirium, demen sia, gangguan kepribadian, dan penyalahgunaan zat.

    Masalah sosial dan emosional yang umum dapat melibatkan hilangnya otonomi, kesedihan, ketakutan, kesepian, kendala keuangan , dan kurangnya jejaring sosial.Masalah-masalah psychosocial ini juga dapat berdampak pada dan berkontribusi pada kesehatan fisik. Faktor-faktor psychosocial seperti stres, kecemasan, depresi, isolasi sosial, dan hubungan yang buruk telah dikaitkan dengan peningkatan risiko hipertensi, stroke, dan penyakit cardiovascular. 

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sebaliknya, kondisi somatic atau fisik yang kronis atau melemahkan seperti kanker, diabetes, radang sendi, penyakit cardiovascular dan / atau pernapasan, dan gangguan pendengaran berhubungan dengan peningkatan tingkat kesepian dan depresi. Oleh karena itu, paramedis harus mempraktikkan penilaian holistik dan perawatan pasien yang lebih tua dan memperhatikan masalah psychosocial serta kondisi somatic.

    Sifat kompleks dan multifaktorial dari masalah psikososial dapat membuat mereka sulit untuk diidentifikasi. Pasien biasanya datang ke praktisi perawatan kesehatan primer dengan keluhan somatik. Kehadiran penyakit fisik kemudian dapat menghambat identifikasi kesulitan psikologis karena mereka diprioritaskan dalam waktu yang tersedia.

    Penyakit mental, ketidakmampuan untuk mengatasi, atau kesepian juga dapat membawa stigma yang mencegah beberapa pasien mengemukakan kekhawatiran tersebut. Profesional layanan kesehatan mungkin tidak mengenali, bertanya, atau mengeksplorasi masalah ini dengan pasien. Ini bisa disebabkan oleh keterbatasan waktu, keterbatasan dalam keterampilan dan kepercayaan diri mereka sendiri, atau kurangnya pengetahuan tentang sumber daya yang tersedia.

    Baca juga : Activity Of Dailing Living Pada Lanjut Usia

    Paramedis berada dalam posisi unik untuk berinteraksi dengan dan menilai pasien di lingkungan mereka sendiri. Tidak seperti profesional kesehatan lainnya, paramedis dapat mengamati kondisi kehidupan yang menciptakan gambaran yang lebih holistik dari faktor penentu lingkungan dan sosial kesehatan. Paramedis dapat menyaksikan pasien yang lebih tua hidup dengan sedikit atau tanpa makanan di rumah, atau di lingkungan tempat tinggal yang tidak terawat dan tidak higienis karena kehilangan fungsi dan / atau kurangnya dukungan.

    Pengamatan seperti itu membuktikan kemampuan pasien untuk mempertahankan standar hidup sehari-hari tanpa bantuan. Seorang dokter umum atau dokter gawat darurat, misalnya, hanya dapat bertanya kepada pasien apakah mereka “mengatasi masalah di rumah,” tanpa jaminan jawaban yang akurat. Pasien dapat menyangkal sifat sebenarnya dari situasi mereka karena takut dilembagakan, kehilangan independensi, malu, atau tidak memiliki wawasan tentang tingkat keparahan situasi mereka.

    Faktor-faktor penuaan adalah komponen dari perubahan demografis yaitu kematian, kesuburan, pergerakan migrasi eksternal dan migrasi internal. Orang-orang yang berusia di atas 65 tahun merupakan 18% dari total populasi (dari 15% pada 1995). Usia ketiga telah ditetapkan seperti fase dalam kehidupan manusia dengan karakteristik khusus sendiri yang tidak hanya berkaitan dengan gangguan fisik, fisiologis atau adanya penyakit akut atau kronis, tetapi juga dengan perubahan dalam kehidupan sosial.

    Usia ketiga adalah usia keturunan manusia. Perlu dicatat bahwa efek dari usia tua tidak hanya bersifat organik dan fisik tetapi juga memiliki efek psikologis. Sayangnya, saat ini sebagian besar orang, terutama yang lebih muda, cenderung memperlakukan orang tua sebagai kelompok orang yang berbeda dan sering kali lebih rendah yang tidak dapat mengimbangi masyarakat saat ini.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Sangat sulit untuk mengalami perasaan ditinggalkan oleh masyarakat mengetahui bahwa kita akan berada dalam kondisi yang sama suatu hari. Kecuali dari perubahan fisik yang terjadi pada tubuh manusia selama usia ketiga, ada juga masalah-masalah psiko-sosial yang penting seperti isolasi yang diturunkan terutama karena kesedihan, layu karena kesendirian, penyakit jangka panjang yang menyebabkan tidak aktif, ditinggalkan oleh kerabat, impotensi dll.

    Semua perubahan yang terjadi dalam kehidupan lansia membuat mereka menjadi sangat sensitif dan ada banyak kasus di mana orang tua mengalami perasaan kesepian, depresi dan isolasi. Penyebab sentimen ini bukan hanya orang tua karena kondisi psikologis yang rapuh tetapi juga perawatan yang diterima dari masyarakat secara keseluruhan.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gejala Gejala Perubahan Fisik Dan Motorik Lanjut Usia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar