Perbedaan Getaran dan Gelombang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Agar getaran dapat terjadi, objek harus mengulang gerakan selama interval waktu tertentu. Gelombang adalah a gangguan yang meluas dari satu tempat ke tempat lain melalui ruang. Cahaya dan suara adalah getaran yang bergerak melalui ruang - mereka adalah gelombang!

    Properti Getaran

    Sebuah pendulum berayun dalam gerakan periodik. Ia mengulangi gerakannya dengan teratur. Massa di pegas saat digerakkan juga mengulangi gerakannya. Sekarang mari kita pindahkan getaran ini ke jarak dan jejak pergerakan massa melalui ruang. Kurva yang dibuat bob melalui ruang disebut a gelombang sinus (Gbr. 10-1). Gelombang memiliki karakteristik sebagai berikut:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Amplitudo - ketinggian bob di atas atau di bawah posisi keseimbangan. Semakin besar Gangguan semakin besar massa bergerak dari titik setimbangnya. Puncak adalah titik tertinggi di atas titik ekuilibrium. Palung adalah titik terendah. Gelombang dengan energi lebih besar memiliki a amplitudo lebih besar.

    2. Panjang gelombang - jarak dari satu titik dalam gelombang ke titik terkait berikutnya adalah panjang gelombang. Panjang gelombang memiliki berbagai panjang mulai dari sangat pendek (sepersejuta meter) hingga sangat panjang panjang gelombang (ratusan meter).

    3. Frekuensi - seberapa sering getaran terjadi seiring waktu. Satuan frekuensi adalah hertz (Hz)atau siklus / detik. Frekuensi tinggi diukur dalam kiloHertz (kHz). Frekuensi pada AM radio dial dari 940 kHz adalah 940.000 siklus / detik. Frekuensi yang lebih tinggi diukur dalam Megahertz (MHz). Stasiun dial FM pada 101 MHz adalah 101.000.000 siklus / detik. Kisaran pendengaran manusia adalah sekitar 20 Hz - 20, .000 Hz.

    4. Kecepatan - Suara bergerak melalui udara dengan kecepatan sekitar 330 m / s, atau 1200 km / jam, atau 740 mi / jam di 0oC. Sehingga dibutuhkan sekitar

    Baca juga : Syarat Kesetimbangan Partikel

    5. Detik untuk suara untuk menempuh 1 mil, atau 3 detik untuk udara untuk menempuh 1 km. Di badai, perhatikan kilat dan hitung jumlah detik agar suara mencapai Anda. Membagidengan 5 dan ini mendekati jumlah mil jauhnya penerangan melanda, atau bagi dengan 3 untuk mendapatkan jarak dalam kilometer.

    Suara bergerak sekitar 4 kali lebih cepat dalam air karena molekul lebih dekat bersama, dan karenanya getaran dapat ditransfer lebih cepat. Suara bergerak sekitar 15 kali lebih cepat dalam baja. Di udara, suara berjalan lebih cepat di udara yang lebih hangat daripada di udara yang lebih dingin.

    Meskipun udara yang lebih dingin memiliki kepadatan yang lebih besar, namun lebih hangat udara memiliki energi kinetik yang lebih besar dan karenanya partikel-partikelnya bergerak dengan kecepatan yang lebih besar. Karena itu mereka mampu mentransfer energi suara melalui tabrakan dengan molekul lain lebih cepat. Suara dapat dipantulkan dari benda padat seperti dalam gema. Energi gelombang suara tidak cocok dengan frekuensi resonansi alami objek sehingga suara memantul.

    Gelombang

    Gelombang adalah gangguan yang bergerak melalui medium dari satu tempat ke tempat lain. Gelombang dibentuk oleh getaran benda atau zat yang membawa gelombang. Anda dapat membuat gelombang sendiri di lompat tali dengan menciptakan getaran di satu ujung. Mulailah dengan lompat tali dalam posisi istirahat, lalu gerakkan satu ujung dengan cepat ke atas dan ke bawah.

    Anda akan membuat gelombang yang bergerak melalui tali dari satu ujung ke ujung lainnya. Jika Anda melakukannya dengan benar, gelombang itu mungkin memantul dari ujung yang lain dan kembali ke tangan Anda. Semua gelombang disebabkan oleh beberapa jenis getaran. Getaran menyebabkan gangguan pada medium yang menjadi sumber gelombang.

    Pikirkan tentang gelombang air yang terbentuk ketika Anda melempar batu ke kolam. Batuan yang mengenai permukaan menyebabkan air bergetar. Getaran ini mengganggu air di sekitarnya, menciptakan gelombang yang bergerak keluar dari titik tumbukan batuan.

    Jika kita melihat lebih dekat pada gelombang yang khas, kita dapat melihat sifat periodik dalam bentuk gelombang itu sendiri. Mari kita plot gelombang sebagai fungsi waktu. Kami akan meletakkan detik di sepanjang sumbu horizontal, dan sumbu vertikal akan mengukur perpindahan vertikal gelombang.

    Supaya kita bisa membicarakan gelombang dengan lebih jelas, kita akan memberi label dengan huruf pada titik yang berbeda. Huruf A dan E menunjukkan titik terendah dari gelombang, yang kita sebut palung. Huruf C dan G menunjukkan puncak gelombang. Panjang gelombang penuh didefinisikan sebagai bagian gelombang antara dua puncak berturut-turut, atau antara dua palung.

    Dengan melihat bagaimana puncak dan palung sejajar dengan sumbu horizontal kita, kita dapat melihat bahwa panjang gelombang penuh selalu membutuhkan jumlah waktu yang sama. Itu sebabnya kami mengatakan bahwa ombak memiliki sifat periodik.

    Apa perbedaan antara gelombang dan getaran?

    Dalam terminologi Fisik, gelombang adalah perubahan perjalanan, defleksi atau fluktuasi yang mengalihkan energi dari satu tempat ke tempat lain, tanpa ada pergerakan partikel itu sendiri. Dengan kata lain, ini adalah bagaimana energi disebarkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Getaran di sisi lain, adalah bukti fisik dari gelombang, seperti stereo yang keras mengguncang meja, gelombang suara menyebabkan getaran. Getaran adalah perubahan selama periode waktu dan gelombang adalah perjalanan panjang selama periode getaran. Mereka menunjukkan penumpukan energi, sementara gelombang adalah serangkaian getaran atau "penumpukan" energi itu ketika bergerak bersama dalam arah.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Getaran dan Gelombang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar