Jenis Jenis Gelombang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui jenis-jenis yang terdapat di dalam gelombang. Gelombang dapat diartikan sebagai sebuah getaran yang nantinya akan merambat pada medium yang akan di bawa suatu energi dari satu tempat ke tempat lainnya, dan yang merambat itulah yang bisa dikatakan dengan gelombang. Gelombang memiliki bentuk wujud yang ideal yang menyerupai sinusoide.

    Dan sebuah radiasi akan berjalan melewati sebuah vakum yang gelombang nya menghasilkan gaya yang dimana gelombang mempunyai sifat untuk memulihkan getaran yang dihasilkan oleh gelombang tersebut Ketika slinky diregangkan dari ujung ke ujung dan ditahan saat istirahat, ia mengambil posisi alami yang dikenal sebagai keseimbangan atau posisi istirahat. Kumparan slinky secara alami mengambil posisi ini, berjarak sama berjauhan.\

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Untuk memasukkan gelombang ke dalam slinky, partikel pertama dipindahkan atau dipindahkan dari posisi setimbang atau diam. Partikel mungkin digerakkan ke atas atau ke bawah, ke depan atau ke belakang; tetapi begitu dipindahkan, ia dikembalikan ke keseimbangan semula atau posisi istirahatnya.

    Tindakan menggerakkan koil slinky pertama ke arah tertentu dan kemudian mengembalikannya ke posisi setimbang menciptakan gangguan pada slinky. Jika koil slinky pertama diberikan getaran bolak-balik tunggal, maka kita menyebut gerakan gangguan yang diamati melalui slinky sebagai pulsa slinky. Namun, jika koil slinky pertama terus-menerus dan berkala di getarkan secara bolak-balik, kita akan mengamati gangguan berulang yang bergerak di dalam slinky.

    Hal yang sama terjadi pada gelombang lainnya. Jika Anda melompat di genangan air, kaki Anda mendorong air di satu titik. Ini memulai gelombang kecil. Air yang mengenai kaki Anda bergerak ke luar, mendorong air di dekatnya. Gerakan ini menciptakan ruang kosong di dekat kaki Anda, menarik air kembali ke dalam. Air berosilasi, bergerak bolak-balik, menciptakan puncak dan palung.

    Gelombang kemudian berdesir melintasi genangan air. Air yang terciprat di tepian sedikit berbeda dengan air tempat kaki Anda bersentuhan. Energi dari lompatan Anda bergerak melintasi genangan air, tetapi materi (molekul air) hanya bergoyang-goyang. Cahaya, atau radiasi elektromagnetik, juga dapat digambarkan sebagai gelombang. Energi cahaya bergerak melalui media yang disebut medan elektromagnetik. Bidang ini ada di mana-mana di alam semesta.

    Itu berosilasi ketika energi mengganggu, seperti tali bergerak naik dan turun ketika seseorang mengguncangnya. Tidak seperti gelombang dalam air atau gelombang suara di udara, gelombang cahaya tidak membutuhkan zat fisik untuk melakukan perjalanan. Mereka dapat melintasi ruang kosong karena medianya tidak melibatkan materi fisik. Dengan kata lain, mampu berinteraksi. Interaksi dari satu partikel.

    Baca juga : Pengertian Gerak Melingkar

    Partikel-partikel atau bagian-bagian yang berinteraksi dari slinky. bagian-bagian yang berinteraksi. bagian media yang berinteraksi adalah pengunjung yang ada di dalam sana. Pertimbangkan keberadaan gelombang dalam tubuh yang licin. Koil pertama menjadi terganggu dan mulai mendorong atau menarik koil kedua; dorongan atau tarikan pada kumparan kedua ini akan memindahkan kumparan kedua dari posisi setimbang nya.

    Saat gelung kedua dipindahkan, ia mulai mendorong atau menarik gelung ketiga; dorong atau tarik pada gelung ketiga menggesernya dari posisi setimbang. Saat gelung ketiga dipindahkan, ia mulai mendorong atau menarik gelung keempat. Dan kemudian akan secara berurutan, kelompok partikel bertindak untuk mengubah bagian dari partikel yang sebelumnya. Selanjutnya, gangguan bergerak melalui medium.

    Media dapat digambarkan sebagai serangkaian partikel yang dihubungkan oleh pegas. Saat satu partikel bergerak, pegas yang menghubungkannya dengan partikel berikutnya mulai meregang dan menerapkan gaya ke tetangga yang berdekatan. Ketika tetangga ini mulai bergerak, pegas yang menghubungkan tetangga ini dengan tetangganya mulai meregang dan menerapkan gaya pada tetangga yang berdekatan. Jenis-jenis gelombang dapat dilihat seperti berikut:

    • Gelombang longitudinal

    Merupakan sebuah gelombang yang berarah melalui arah arus yang di lakukan oleh gelombang tersebut yang nantinya akan berosilasi terhadap sebuah pegas yang di analog akan berkolaborasi dengan sebuah getaran terkait arus yang di hasilkan oleh gelombang tersebut.

    • Gelombang transversal

    Merupakan gelombang yang saat berjalan akan berdiri tegak yang dapat di contohkan seperti gelombang cahaya yang nantinya gelombang tersebut memiliki magnet.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Gelombang mekanik

    Merupakan gelombang yang saat berjalan harus memiliki medium untuk media perambatannya atau sebuah gelombang yang tidak bisa berjalan dengan sendiri.

    • Gelombang elektromagnetik

    Merupakan gelombang yang memiliki energi sekaligus momentum yang akan di bawa dan menghasilkan arus listrik saat berada di medan magnet dan tetap saja harus memerlukan elemen lain untuk melancarkan arus gelombang tersebut.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Jenis Gelombang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar