Manfaat Penginderaan Jauh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Rezim penginderaan jauh yang kuat adalah komponen yang diperlukan dari kebijakan energi nasional atau internasional kontemporer apa pun. Energi sangat penting untuk berfungsinya masyarakat industri modern, dan karena itu merupakan tanggung jawab pemerintah untuk menghasilkan kebijakan energi nasional yang baik untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang stabil, penggunaan sumber daya energi yang bertanggung jawab secara ekologis dan kesehatan serta keselamatan warga negara.

    Data penginderaan jauh yang komprehensif, akurat dan tepat waktu dapat membantu membuat keputusan tentang masalah energi di beberapa bidang. Makalah ini membahas manfaat yang dapat direalisasikan dalam eksplorasi sumber daya, prakiraan cuaca, dan pemantauan lingkungan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Peningkatan dalam teknologi platform penginderaan jauh akan sangat bermanfaat bagi pembeli energi, penjual energi dan lingkungan. Selain itu, kegunaan informasi tersebut dapat ditingkatkan dengan upaya lembaga pemerintah untuk mengkomunikasikannya secara lebih efektif kepada pengguna akhir.

    Kebijakan energi nasional harus mencakup investasi tidak hanya pada perangkat keras sistem satelit untuk mengumpulkan data, tetapi juga dalam layanan yang diperlukan untuk menafsirkan dan mendistribusikan data. Saat ini, beberapa opsi kebijakan sedang dibahas tentang bagaimana kedua organisasi internasional dapat meningkatkan kerja sama mereka untuk memungkinkan kegiatan ruang angkasa Eropa menjadi lebih efisien dan lebih kompetitif.

    Opsi politik dapat diklasifikasikan ke dalam empat model, masing-masing memiliki implikasi spesifik mengenai pertanyaan hukum institusional dan substantif. Menjadi sama jelasnya bahwa kerja sama kedua organisasi akan memiliki efek tertentu pada pendanaan program luar angkasa.

    Artikel ini menguraikan berbagai model dengan latar belakang perkembangan kebijakan terbaru dan memberikan tinjauan umum tentang kemungkinan implikasi model.

    Apa itu penginderaan jauh dan untuk apa digunakan?

    Baca juga : Klasifikasi Berbagai Lembaga Keuangan Milik  Pemerintah Dan Swasta

    Penginderaan jauh adalah proses mendeteksi dan memantau karakteristik fisik suatu daerah dengan mengukur radiasi yang dipantulkan dan dipancarkan dari kejauhan (biasanya dari satelit atau pesawat terbang). Kamera khusus mengumpulkan gambar penginderaan jauh, yang membantu peneliti "merasakan" hal-hal tentang Bumi. Beberapa contoh adalah:

    • Kamera pada satelit dan pesawat terbang mengambil gambar area besar di permukaan bumi, memungkinkan kita untuk melihat lebih banyak daripada yang bisa kita lakukan di tanah.
    • Sistem sonar pada kapal dapat digunakan untuk membuat gambar dasar laut tanpa perlu melakukan perjalanan ke dasar laut.
    • Kamera pada satelit dapat digunakan untuk membuat gambar perubahan suhu di lautan.

    Beberapa kegunaan khusus dari citra Bumi yang terindera dari jarak jauh termasuk:

    • Kebakaran hutan besar dapat dipetakan dari ruang angkasa, memungkinkan penjaga melihat area yang jauh lebih besar daripada dari tanah.
    • Melacak awan untuk membantu memprediksi cuaca atau menonton gunung berapi yang meletus, dan membantu mengawasi badai debu.
    • Menelusuri pertumbuhan kota dan perubahan lahan pertanian atau hutan selama beberapa tahun atau dekade.
    • Penemuan dan pemetaan topografi yang kasar di dasar samudra (mis., Jajaran gunung besar, ngarai yang dalam, dan "strip magnetik" di dasar laut).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kerugian penginderaan jauh:

    1. Penginderaan jauh adalah metode analisis yang cukup mahal terutama ketika mengukur atau menganalisis area yang lebih kecil.
    2. Penginderaan jauh membutuhkan pelatihan khusus untuk menganalisis gambar. Oleh karena itu mahal dalam jangka panjang untuk menggunakan teknologi penginderaan jauh karena pelatihan tambahan harus diberikan kepada pengguna teknologi.
    3. Mahal untuk menganalisis foto berulang jika ada kebutuhan untuk menganalisis berbagai aspek fitur fotografi.
    4. Manusialah yang memilih sensor apa yang perlu digunakan untuk mengumpulkan data, menentukan resolusi data dan kalibrasi sensor, memilih platform yang akan membawa sensor dan menentukan kapan data akan dikumpulkan. Karena itu, lebih mudah untuk memperkenalkan kesalahan manusia dalam analisis semacam ini.
    5. Sistem penginderaan jauh aktif yang kuat seperti radar yang memancarkan radiasi elektromagnetiknya sendiri dapat mengganggu dan memengaruhi fenomena yang sedang diselidiki.
    6. Instrumen yang digunakan dalam penginderaan jauh terkadang tidak dapat dikalibrasi yang dapat menyebabkan data penginderaan jauh yang tidak dikalibrasi.
    7. Kadang-kadang fenomena yang berbeda dianalisis mungkin terlihat sama selama pengukuran yang dapat menyebabkan kesalahan klasifikasi.
    8. Gambar yang dianalisis kadang-kadang dapat terganggu oleh fenomena lain yang tidak diukur dan ini juga harus diperhitungkan selama analisis.
    9. Teknologi penginderaan jauh kadang-kadang oversold ke titik di mana rasanya seperti itu adalah obat mujarab yang akan memberikan semua solusi dan informasi untuk melakukan penelitian fisik, biologi atau ilmiah.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Penginderaan Jauh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar