Fungsi Controlling Dalam Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Salah satu kualitas paling penting yang diperlukan dalam seorang manajer adalah bahwa ia harus memerintahkan rasa hormat dari timnya. Ini memungkinkan dia untuk mengarahkan dan mengendalikan tindakan mereka. Faktanya, mengendalikan adalah salah satu fungsinya yang lebih penting.

    Pengertian controlling

    Mengontrol adalah salah satu fungsi penting seorang manajer. Untuk mendapatkan hasil yang direncanakan dari bawahan, seorang manajer perlu melakukan kontrol yang efektif atas kegiatan bawahan. Dengan kata lain, makna fungsi pengendalian dapat didefinisikan sebagai memastikan bahwa kegiatan dalam suatu organisasi dilakukan sesuai rencana. Mengontrol juga memastikan bahwa sumber daya organisasi digunakan secara efektif dan efisien untuk pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Mengontrol adalah fungsi yang berorientasi pada tujuan.
    • Ini adalah fungsi utama setiap manajer.
    • Mengontrol fungsi manajer adalah fungsi meresap.

    Fungsi Kontrol Membantu Manajer

    Manajer di semua tingkatan manajemen Top, Middle dan Lower dan perlu melakukan fungsi kontrol untuk tetap mengendalikan kegiatan di daerah mereka. Oleh karena itu, mengendalikan sangat penting dalam lembaga pendidikan, militer, rumah sakit, dan klub seperti dalam organisasi bisnis apa pun.

    Oleh karena itu, fungsi pengendalian tidak boleh disalahpahami sebagai fungsi manajemen terakhir. Ini adalah fungsi yang mengembalikan siklus manajemen kembali ke fungsi perencanaan. Dengan demikian, fungsi pengendalian bertindak sebagai alat yang membantu dalam menemukan bahwa bagaimana kinerja aktual menyimpang dari standar dan juga menemukan penyebab penyimpangan dan upaya yang diperlukan untuk mengambil tindakan korektif berdasarkan hal yang sama.

    Proses ini membantu dalam perumusan rencana masa depan mengingat masalah yang diidentifikasi dan, dengan demikian, membantu dalam perencanaan yang lebih baik di masa mendatang. Jadi dari arti mengendalikan, kami memahaminya tidak hanya menyelesaikan proses manajemen tetapi juga meningkatkan perencanaan di siklus berikutnya.

    Baca juga : Komponen Penginderaan Jauh

    Pentingnya Mengontrol

    Setelah memahami pengertian kontrol, mari kita lihat pentingnya mengontrol dalam manajemen. Kontrol adalah fungsi manajemen yang sangat diperlukan dan tanpanya fungsi kontrol dalam organisasi tidak dapat diselesaikan dan rencana terbaik yang dapat dijalankan dapat hilang. Sistem kontrol yang baik membantu organisasi dengan cara berikut yakni :

    • Mencapai Tujuan Organisasi

    Fungsi pengendalian adalah pencapaian dari langkah-langkah yang selanjutnya membuat kemajuan menuju tujuan organisasi dan menjelaskan penyimpangan, dan menunjukkan tindakan korektif. Oleh karena itu membantu dalam membimbing tujuan organisasi yang dapat dicapai dengan melakukan fungsi pengendalian.

    • Menilai Akurasi Standar

    Sistem kontrol yang baik memungkinkan manajemen untuk memverifikasi apakah standar yang ditetapkan akurat dan objektif. Sistem kontrol yang efisien juga membantu menjaga dan memeriksa kemajuan perubahan yang membantu dalam mengambil tempat utama dalam organisasi dan di lingkungan dan juga membantu untuk meninjau dan merevisi standar mengingat perubahan tersebut.

    • Menggunakan Sumber Daya secara Efisien

    Fungsi penting lain dari pengendalian adalah bahwa dalam hal ini, setiap kegiatan dilakukan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan standar dan norma yang telah ditentukan untuk memastikan bahwa sumber daya digunakan dengan cara yang paling efektif dan efisien untuk ketersediaan sumber daya lebih lanjut.

    • Meningkatkan Motivasi Pegawai

    Fungsi penting lainnya adalah mengendalikan bantuan dalam mengakomodasi sistem kontrol yang baik yang memastikan bahwa setiap karyawan mengetahui dengan baik sebelumnya apa yang mereka harapkan & standar kinerja apa yang menjadi dasar penilaian mereka. Karena itu membantu dalam memotivasi dan meningkatkan potensi mereka sehingga membuat mereka dan membantu mereka untuk memberikan kinerja yang lebih baik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Memastikan Pemesanan dan Disiplin

    Mengontrol menciptakan suasana ketertiban dan disiplin dalam organisasi yang membantu meminimalkan perilaku tidak jujur ​​dari karyawan. Itu terus memeriksa aktivitas karyawan dan perusahaan dapat dapat melacak dan menemukan karyawan yang tidak jujur ​​dengan menggunakan pemantauan komputer sebagai bagian dari sistem kontrol mereka.

    • Memfasilitasi Koordinasi dalam Aksi

    Fungsi penting terakhir dari pengendalian adalah bahwa setiap departemen dan karyawan diatur oleh standar dan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya yang sangat berpengalaman dan terkoordinasi satu sama lain. Ini memastikan bahwa tujuan organisasi secara keseluruhan tercapai secara keseluruhan. (Mawar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Controlling Dalam Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar