12 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Penting

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bayam dikenal sebagai sayuran padat nutrisi. Tak hanya berwarna hijau, bayam juga bisa ditemui dalam tampilan warna merah. Meski sama-sama menyehatkan, bayam merah memiliki sejumlah perbedaan nutrisi dari bayam hijau.

    Bayam merah memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin adalah jenis flavonoid, sejenis senyawa dengan efek antioksidan. Kandungan ini ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran dan memberi warna merah, ungu, dan biru.

    Bayam merah dapat dengan mudah didapat dan diolah. Daun dari sayuran ini biasanya bundar, dan tebal. Bayam merah juga memiliki batang tengah berwarna merah cerah. Daun dan batang bayam merah mengandung cairan merah. Ini memiliki rasa manis dan teksturnya sangat halus.

    Berikut 12 manfaat bayam merah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/2/2020).

    Manfaat bayam merah untuk kesehatan

    Lancarkan pencernaan

    Bayam merah kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan. Serat membantu mengatur pergerakan usus dengan membersihkan usus besar. Bayam merah membantu sembelit, mencegah kanker usus besar, diabetes dan kolesterol.

    Atasi disentri

    Batang bayam merah terbukti bermanfaat dalam mengobati disentri. Serat larut dalam sayuran ini membantu menyerap air dan membersihkan saluran pencernaan. Antosianin dalam bayam merah membantu menghilangkan bakteri penyebab disentri.

    Cegah kanker

    Bayam merah mengandung asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, Vitamin E, potasium dan Vitamin C. Sayuran ini juga kaya akan antosianin yang bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker.

    Nutrisi dalam bayam merah ini membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi bayam merah secara teratur dapat membantu mencegah kanker.

    Bantu penurunan berat badan

    Bayam merah mengandung protein yang membantu mengurangi kadar insulin dalam darah. Konsumsi bayam merah juga membantu melepaskan hormon yang membantu mengurangi rasa lapar.

    Serat di dalam bayam merah membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih lama. Semua manfaat ini berperan dalam penurunan berat badan. Selain itu, bayam juga rendah kalori yang dapat mendukung manajemen berat badan yang baik.

    Tingkatkan kekebalan

    Bayam merah juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam amino, vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium di dalam bayam merah sangat berpengaruh pada kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat akan melindungi tubuh dari infeksi bakteri atau virus.

    Kuatkan tulang

    Bayam merah merupakan sumber vitamin K yang baik untuk tulang. Vitamin K adalah vitamin yang membantu kalsium mengikat tulang. Bayam merah juga kaya akan vitamin C yang angat penting untuk pembentukan kolagen, fondasi yang menjadi dasar mineralisasi tulang. Bayam juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

    Kontrol gula darah

    Bayam merah juga mengandung vitamin B3 yang membantu mengendalikan kadar insulin dalam darah. Serat pada bayam merah juga membantu mengontrol gula darah. Pada penderita diabetes, serat - khususnya serat larut - dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

    Atasi kolesterol tinggi

    Serat dalam bayam merah juga membantu menurunkan kadar kolesterol total darah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat. Tokotrienol dalam vitamin E mengurangi kadar kolesterol jahat, sehingga membantu tubuh menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

    Baik untuk ibu hamil

    Mengkonsumsi bayam merah tidak hanya meningkatkan kesehatan ibu, tetapi juga janin. Vitamin dan mineral yang terdapat pada bayam merah sangat penting bagi kehamilan.

    Konsumsi bayam dua kali seminggu selama kehamilan dapat mengurangi risiko anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Ini juga membantu perkembangan otak janin dan kelancara persalinan. Konsumsi bayam selama menyusui juga membantu meningkatkan kualitas ASI.

    Sehatkan mata

    Bayam merah mengandung vitamin A, C, dan E yang berguna untuk kesehatan mata. Vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan dengan mempertajam kornea.

    Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan oleh radikal bebas. Sementara vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang membantu memperkuat kapiler, termasuk yang memberi nutrisi ke retina, dan mencegah katarak.

     

    Sumber : liputan6.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 12 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Penting
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar